Pindahnya Cristiano Ronaldo Ternyata Membawa Imbas ke FIFA 19

in , , , ,

Ketika jadwal rilis FIFA 19 diumumkan pada saat E3 bulan kemarin (FIFA 19 akan dirilis pada tanggal 28 September 2018), EA menyatakan bahwa mega bintang klub Real Madrid dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, akan menjadi cover FIFA 19. Berbagai trailer pengumuman, cover art, dan beragam gambar promosi sudah beredar dan menghadirkan gambar Cristiano Ronaldo mengenakan jersey dari Real Madrid.

 

Namun, selayaknya telah  diberitakan disini, bahwa Cristiano Ronaldo musim depan tidak lagi bermain untuk Real Madrid tetapi akan merumput bersama klub “si Nyonya Tua” atau JuventusPernyataan resmi dikeluarkan kemarin, pada saat laga semi-final World Cup antara Prancis dengan Belgia, yang berujung pada kekalahan Belgia (aduh jagoan mimin kalah :-p). Telah dikonfirmasi bahwa Ronaldo diboyong ke Juventus dengan mahar sekitar 100 juta euro (atau setara dengan 117 juta USD). Transfer ini menjadi transfer dengan nominal terbesar dalam musim ini, sekaligus transfer yang fenomenal (CR7 gitu lo). Namun, banyak orang yang juga mempertanyakan, apa yang akan dilakukan dengan produk-produk FIFA 19 yang sudah ada gambar sang CR7 yang masih mengenakan kit Real Madrid. Apakah EA akan menarik semua gambar dan produk yang sudah beredar, dan mengganti gambarnya dengan yang baru?

 

Walaupun gambar-gambar yang beredar di internet bisa saja ditarik dan diedit sedemikian rupa menggunakan photosop, namun, tentu saja, konten di dalam game tidak dapat dilakukan semudah itu. Di dalam narasi campaign FIFA 19: The Journey, nantinya akan terdapat cerita penting mengenai sang tokoh utama, Alex Hunter, yang bergabung dengan klub Real Madrid dan bermain bersama dengan sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Bisa saja EA melakukan modifikasi konten di dalam game, mengubah Real Madrid dengan Juventus. Namun, hal ini tentu saja membutuhkan kerja yang ekstra dari segi pengembangan di dalam game. Atau bisa saja EA tidak melakukan modifikasi sama sekali dan bersiap untuk menuai protes dari para pemain game karena tidak sesuai dengan yang ada di realitas.

nah loo gimana ini?

EA biasanya akan merilis patches secara berkala untuk meningkatkan permainan dan update perpindahan pemain yang terjadi pada masa transfer. Bahkan patches ini pun sampai ada yang mengubah gameplay.  Misal, pada FIFA 18, terdapat patches yang mengubah gaya tendangan (shooting) dan reaksi kiper (goalkeeping), yang membuat pemain lebih susah untuk mencetak gol. Tetapi, walau keterlambatan untuk fix ini mungkin dapat dimaafkan, namun lain halnya dengan Cristiano Ronaldo yang masih menjadi pemain Real Madrid. EA selalu jumawa menyatakan bahwa seri game sepak bola FIFA adalah game bola yang paling seperti aslinya (menggunakan karakter, stadion dan klub bola selayaknya aslinya, bukan London Blue, atau London Red, dll.), dan pada saat ini mereka pun perlu untuk bertanggung jawab untuk pernyataan itu, apalagi ini terkait dengan nama sang mega bintang yang menjadi cover utama pada game mereka.

Masalah ini bisa saja berdampak kepada penjualan FIFA 19 nantinya. Serial game sebelumnya, FIFA 18, terjual sebanyak 1.6 juta kopi pada saat diluncurkan, jumlah yang menggambarkan betapa game ini merupakan game yang sepak bola populer yang selalu dinantikan. Jika memang animo pemainnya masih sama, tentu jumlah tersebut diharapkan tidak berubah. FIFA sebagai franchise game andalan EA, tentu saja mereka berusaha sebisa mungkin tidak mengecewakan para fansnya. Mungkin saja nantinya kita akan melihat beberapa perubahan yang akan dilakukan pada FIFA 19, selagi game ini belum dirilis. Nah, menurut pendapatmu gimana? Apakah tidak apa-apa jika kamu nantinya bermain Cristiano Ronaldo dalam balutan jersey Real Madrid? Atau kalau mau beli nunggu ada update dulu? Share pendapatmu di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.