Indihome Terindikasi Sabotase DNS

Indihome Sabotase Dns

Salah satu internet service provider (ISP) tanah air yang terkenal dengan “restart modemnya”, kini kembali berulah. Kini, bukan permasalahan kecepatan yang menjadi sebuah problem, melainkan domain name system yang dimainkan ISP dengan plat merah satu ini. Benar, Indihome terindikasi berhasil sabotase DNS.

Indikasi Sabotase DNS?

Indihome dan segudang permasalahannya seakan tak mengenal batas. Tak henti-hentinya para konsumen kerap ‘dimanjakan’ dengan berbagai macam problematika yang tak ada habisnya, setidaknya menurut pengalaman penulis.

Baru-baru ini, seorang user Twitter bernama @anthonyrasat, dalam cuitannya mengungkapkan keluh kesahnya dengan layanan internet dari Indihome ini.

Ia menceritakan awal mula bagaimana permasalahan ini ia alami. Ia menduga bahwa ISP Indihome melakukan sabotase domain name system (DNS) kepada salah satu content delivery network (CDN) bernama Cloudflare.

Selain itu, ia menduga bahwa ISP plat merah ini pun lakukan traffic filtering secara global. Hal ini mengakibatkan semua situs yang memanfaatkan layanan dari Cloudflare tidak akan bisa diakses sama sekali.

Salah satu di antaranya yang tidak bisa diakses adalah Discord, yang mana merupakan media pilihan @anthonyrasat untuk berkomunikasi.

Masih dalam cuitannya, tak lupa ia pun menyindir ISP plat merah tersebut. “Mana mungkin #AktivitasTanpaBatas jika 50% situs global terblokir.”

Masih Belum Ada Jawaban dari Indihome

Permasalahan ini pun diungkapkan oleh salah satu user Twitter lainnya, @TechDanger, yang mana ia berikan hasil permasalahan dari ISP kesayangan kita ini.

Lucunya, sampai saat cuitan ini mengudara, masih belum ada jawaban dari Indihome terkait permasalahan satu ini. Namun, @anthonyrasat kembali mencuit bahwa Cloudflare DNS 1.1.1.1 dan situs yang memakai layanan Cloudflare sudah kembali bisa diakses melalui Indihome.

Cuitan dari anthonyrasat berhasil mendapat banyak sorotan, bahkan sampai mendapat lebih dari seratus komentar warganet. Dan seperti yang kita ketahui, tidaklah kaget bila komentar akan berisikan keluh kesah pelayanan ISP Indihome yang tidak bisa memuaskan.

“Pantesan. Router di rumah DNS juga saya set pake Cloudflare sekitar 1 tahun-an lalu. Dan baru dua bulan ini tiap visit situs pake protokol HTTP langsung diarahkan ke website-nya Indihome. Kalau untuk Discord dan situs lain yang diblokir sih, terpantau aman,” cuit @F4R4D1TY.

“Monopoli, kebanyakan gaya, sering bermasalah, respon selalu lambat, dan urusan tagih-menagih selalu nomor satu. Harga gak sebanding dengan paket, gak bisa pakai ISP lain karena dimonopoli. Pelanggan selalu on-time buat ditagih sebelum jatuh tempo, anjim anjim, discord vc kayak suara robot, ping game merah, sialan,” cuit @hammsuke1995.

Memang tidak menutup kemungkinan adanya usaha monopoli yang dilakukan oleh ISP Indihome. Karena sepengetahuan penulis dan pengguna lain, Indihome memang lebih menyukai CDN Akamai ketimbang CDN Cloudflare.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version