Ada Indikasi Harga RAM dan SSD Bakal Naik, Ada Apa?

Harga Ram Dan Ssd

Setelah beberapa bulan terakhir ini pengguna PC dimanjakan dengan harga SSD serta RAM yang terjun bebas. Sekarang saatnya para builder PC harus merasakan sedikit kenaikan harga karena kabarnya, kedua komponen yang gunakan memory ini bakal naik harga.

Beberapa manufaktur memory seperti SK Hynix, Samsung, dan Micron tampaknya punya trik jitu untuk menaikkan kembali harga DRAM ke harga yang menurut mereka normal. 

Indikasi Harga RAM dan SSD Naik, Produsen Kurangi Jumlah Produksi

SSD Phison

Melansir dari Tomshardware, beberapa produsen memory seperti yang sudah disebut di atas tengah mengurangi jumlah produksi dan dapat kenaikan penawaran. Alhasil, kini harga komponen tersebut mulai membaik terutama untuk bulan September ini.

Phison, manufaktur yang bergerak di bidang SSD controller dan penjualan SSD mengungkapkan kalau adanya peningkatan pendapatan di bulan September mencapai 1,557 miliar Dollar AS. Angka tersebut kalau diterjemahkan berarti sekitar 25,38% peningkatan dari bulan sebelumnya dan 4,05% dibanding tahun sebelumnya.

Harga NAND Flash akan naik

Disisi lain, Adata juga alami peristiwa serupa. Perusahaan tersebut juga melaporkan adanya peningkatan dari segi pendapatan sebesar 461,2 juta Dollar AS di bulan September. Itu berarti mereka naik 16,47% dibanding bulan lalu.

Q4 juga Bisa Jadi Titik Balik Karena Berdekatan dengan Musim Liburan

Harga RAM bakal naik?

Tidak hanya itu, kuartal ke-4 nanti juga menjadi momen optimis bagi Adata. Dikarenakan musim hiburan yaitu momentum libur Nataru, laporan mengatakan kalau profit mereka akan lebih tinggi lagi dengan gabungkan penjualan offline serta online.

Pimpinan Adata, Chen Libai juga isyaratkan kalau harga komponen NAND Flash dan DRAM akan kembali pulih. Kemungkinan besarnya harga kedua komponen tersebut akan naik sekitar 10-15% dan akan alami tren kenaikan lagi.

Walau ini merupakan berita baik bagi industri RAM dan SSD secara keseluruhan, sebagai konsumen tentu kita akan merasakan adanya kenaikan dari sisi kedua komponen ini. Besar atau kecilnya kita harus lihat lagi pergerakan pasar dan strategi yang produsen bawa.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version