Adanya Indikasi Windows 11 Bocorkan Data ke Pihak Ketiga

Windows 11 Bocorkan Data

Sistem operasi Windows 11 kerap direkomendasikan untuk pemilik komputer atau laptop di zaman now. Namun, apakah kalian ketahui bahwa terdapat sebuah informasi di mana Windows 11 Bocorkan Data secara sembunyi-sembunyi?

Windows 11 Bocorkan Data ke Banyak Pihak

Indikasi di mana Windows 11 Bocorkan Data para pemakainya ini pertama kali ditemukan oleh kanal YouTube ‘The PC Security Channel’, di mana kanal tersebut temukan adanya indikasi sistem operasi besutan Microsoft tersebut kirimkan data secara sembunyi-sembunyi ke pihak lain.

Video tersebut dapat kalian saksikan di bawah ini:

Banyak yang mendapat bocoran data, Sumber: YouTube

Kanal tersebut coba analisa traffic internet yang dibantu aplikasi Wireshark, dan bolehkan kita deteksi ke mana saja traffic internet kita pada komputer yang baru saja di-install. Temuan dari kanal YouTube tersebut ternyata cukup kejutkan, di mana Wireshark sukses deteksi ke mana saja traffic tersebut.

Masih berdasarkan video di atas, tampak kemana saja traffic tersebut ditujukan. Termasuk di antaranya raksasa di dunia komputer lainnya.

Dibocorkan Melalui Fitur Telemetry

Penasaran gimana caranya Windows 11 Bocorkan Data ke pihak ketiga, ternyata semua ini dibocorkan melalui fitur bawaan sistem operasi tersebut, yakni Telemetry. Ya, fitur ini bukanlah fitur baru, karena Telemetry dapat kita temukan pada sistem operasi yang saat ini masih banyak dipakai, Windows 10.

Ternyata cukup banyak perusahaan yang dapat bocoran

Jadi, Windows 11 Bocorkan Data termasuk di antaranya ke perusahaan marketing, iklan, dan semacamnya. Namun, kanal tersebut menemukan fakta menarik di mana hal ini hanya terjadi pada sistem operasi Windows 11 bawaan.

Tidak ada hal ‘mencurigakan’ kalau kita upgrade dari Windows XP

Untuk membuktikan hal tersebut, The PC Security Channel coba upgrade Windows XP rilisan dua dekade silam ke Windows 11 memakai tools sama, dan ternyata hasilnya terbukti benar adanya. Di mana instalasi Windows XP tersebut hanya kirimkan data ke server Windows Update dan Microsoft Update.

Microsoft Windows 11 Telemetry yang Biasanya Diabaikan User

Meski Windows 11 Bocorkan Data secara sembunyi-sembunyi, tetapi hal menarik lainnya ialah Telemetry kerap diabaikan user. Alasannya, hal ini telah dituliskan saat kita akan install sistem operasi Windows 11 tersebut pada ‘Terms of Service’.

Tertulis secara jelas di Microsoft License Terms

Meski demikian, terkait Telemetry ini tetap menyalahi privasi user di mana sebuah sistem operasi seharusnya memberikan rasa aman saat berselancar di dunia internet, bukan malah membocorkan data untuk kemudian sodorkan iklan yang tak jelas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version