Industri Video Game Berhasil Catatkan Nilai Pasar yang Mencapai 1,9 Kuadriliun Rupiah

future image gta 5 money glitch

Didominasi oleh platform mobile…..

Segera tutup bukunya industri game di tahun 2018 telah memunculkan suatu keistimewaan tersendiri bagi hobi yang kita gemari ini. Percaya tidak percaya, dunia video game sekarang telah tumbuh dengan semakin besar dan lebih besar lagi dari tahun ke tahun. Terutama jika kamu melihat hasil laporan data yang telah dirilis oleh Newzoo selaku pihak yang biasa menganalisa laju perkembangan industri game secara lebih menyeluruh.

Berdasarkan beragam faktor dan hasil yang sudah mereka analisis, Newzoo menginfokan bahwa nilai pasar dari industri video game di tahun 2018 telah melonjak naik dengan tingkat kenaikan 10% dari tahun 2017 kemarin. Meski 10% itu terdengar sedikit, namun jumlah nilai pasar atau market value yang berhasil industri hobi kita tersebut rengkuh selama hampir setahun ini sungguh tergolong sangat luar biasa.

$134.9 miliar USD adalah nilai market value dari industri video game saat ini. Bila dirupiahkan, angkanya akan menjadi Rp. 1,942,560,000,000,000.00 (kurs $1 = Rp 14,500.00) atau sekitar 1 Kuadrillun 942 triliun 560 milliar Rupiah. Angka yang sangat tidak dibayangkan besarnya tersebut kebanyakan disokong oleh pasar game-game mobile dengan presentase 47%, sedangkan pasar konsol dan PC sama-sama lebih saling bersaing secara berdekatan dengan presentase 28% (Konsol) dan 25% (PC).

PC kalah sama konsol ?

Yang paling menarik, pasar game konsol di tahun 2018 sekarang berhasil mengungguli PC dengan jumlah peningkatan YoY (perbandingan tahun lalu ke tahun ini) terbesar bila dibandingkan dengan sektor-sektor lain, yakni dengan presentase pertumbuhan sebesar 15%, berbanding terbalik dengan pasar PC yang hanya mampu meraup 3,2% saja. Game-game eksklusif konsol seperti RDR 2, God of War, dan Marvel’s Spider-Man disebut-sebut adalah biang keladi dari betapa superiornya konsol dalam mengalahkan lingkup pasar game yang didominasi oleh para pemuja Gaben dan penggemar Fortnite tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sementara untuk pasar mobile, dalam beberapa tahun kedepan game-game mobile memang diprediksi masih tetap akan menjadi bintang utama yang menyokong laju perkembangan industri video game, terutama di sektor wilayah Asia. Walaupun di antara kalian mungkin ada yang agak menyesalkan, setidaknya kita semua masih bisa sepakat bahwa segala aspek industri video game sekarang sudah mengalami pekembangan ke arah yang sangat begitu masif, namun juga positif.

Jadi, kita tunggu saja seperti apa gebrakan-gebrakan dari para pelaku industri video game di tahun 2019 mendatang ? Semoga akan ada kembali hal-hal yang dapat memukau dan memberikan kita ekstasi kesenangan hobi secara lebih adil dan merata.

Sumber: Newzoo


Jangan lupa untuk membaca informasi-informasi menarik lain seputar video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version