Ingin Saingi TikTok, Instagram Kembangkan Fitur Pencarian dengan Preview

Instagram Ingin Saingi Tiktok

Seakan tidak ada habisnya, Instagram kini mulai membenahi fitur pencarian hanya untuk menyaingi platform berbagi video TikTok. Dilansir dari TheVerge, Instagram kini berencana untuk mengoptimalkan fitur foto dan video dalam hasil pencarian. Adam Mosseri, yang merupakan pimpinan Instagram mengumumkan beberapa perubahan ini pada hari Rabu lalu.

Terinspirasi Dari TikTok?

Perubahan yang disinggung oleh Adam Mosseri adalah bahwa hasil pencarian tersebut menampilkan preview foto dan video. Seperti cara TikTok dalam menampilkan hasil pencarian, Instagram juga akan menerapkan hal ini dalam waktu dekat.

“Perubahan algoritma pencarian adalah bagian dari serangkaian peningkatan yang dirancang untuk inspirasi dan penemuan,” menurut Mosseri. Selain itu, fitur pencarian yang dibenahi ini akan menawarkan hasil visual yang dapat menarik pengguna, termasuk merekomendasikan dalam sesuatu.

Mosseri menambahkan bahwa pencarian dengan istilah seperti “room” akan dapat menarik hasil foto dan video yang direkomendasikan. Fitur pencarian akan di-tandem dengan tagar pada umumnya sehingga dapat mendorong lebih banyak eksplorasi oleh para pengguna Instagram. Untuk hasilnya, Adam Mosseri mendemonstrasikan fitur pencarian Instagram yang telah dibenahi di bawah.

Memperbaiki Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Pencarian berdasarkan kata kunci di Instagram saat ini bisa dibilang hit or miss. Sehingga, hasil setelah melakukan pencarian berdasarkan kata kunci yang diberikan tidak selalu berhasil dengan baik dalam memberikan konten yang relevan.

Oleh sebab itu, Mosseri juga mengatakan bahwa Instagram akan memperluas jumlah istilah yang sekiranya akan berhasil. Perluasan ini akan dimulai dengan bahasa Inggris, dan membangun baseline untuk dapat diterapkan pada bahasa lain.

“Intinya, yang diperlukan Instagram adalah relevansi, sehingga hasil yang ditampilkan benar-benar sesuai keinginan pengguna,” tutup Mosseri.

Gimana menurut kalian, brott? Sepertinya TikTok memang benar-benar sukses sehingga tidak heran dikejar oleh para pesaingnya. Namun, yang namanya perkembangan teknologi, tentu dibutuhkan persaingan sehat seperti yang dilakukan Instagram.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version