Ingin Tank Lebih Realistis, Pemain War Thunder Posting Dokumen Rahasia Militer ke Developer

Challenger Mk3 2560x1440 Logo Com 06d26af72a255d9c68bdcf1e64937f1b

War Thunder dapat dikatakan sebagai salah satu game simulasi perang yang terbilang cukup realistis. Tak hanya dari aspek gameplaynya saja, deretan pesawat tempur serta tank yang disajikan juga memiliki struktur dan detail yang hampir sama dengan model sungguhannya.

Namun, salah seorang pemain mengaku menangkap sebuah kejanggalan pada salah satu desain tank yang menurutnya kurang realistis. Dirinya pun memberikan bukti ke developer dengan mengunggah dokumen rahasia militer yang berisikan informasi mengenai struktur tank Challenger 2.

Melalui forum resmi War Thunder, seorang player bernama Pyrophonic mengunggah sebuah gambar yang membandingkan struktur tank Challenger 2 dalam game dengan model sungguhannya berdasarkan dokumen AESP (Army Equipment Support Publication). Pengunggahan gambar tersebut tentunya ditujukan ke Gaijin Entertainment selaku developer agar dapat dijadikan pedoman untuk merevisi desain tank.

Gambar yang diunggah oleh Pyrophonic untuk menunjukan letak kekeliruan struktur tank.

Berdasarkan artikel dari UK Defence Journal, gambar tersebut memiliki label “UK Restricted” namun terdapat stempel bertuliskan “UNCLASSIFIED”. Beberapa bagian komponen tank juga dihitamkan. Hal tersebut menunjukan bahwa gambar yang diunggah memang bukan untuk diakses secara umum.

Tak lama setelah gambar diunggah, moderator forum pun segera turun tangan dengan menghapus gambar serta memberikan peringatan tegas kepada pemain. Tak hanya dari moderator, peringatan juga datang dari menteri pertahanan yang mengkonfirmasi bahwa gambar yang diunggah berasal dari dokumen rahasia negara.

Hingga kini, identitas asli dari Pyrophonic belum diketahui. Namun, menurut situs Eurogamer telah diketahui bahwa pemain merupakan anggota militer dari Britania Raya yang bertempat di Wiltshire, Inggris. Daerah tersebut juga dikenal sebagai markas The Royal Tank yang mengoperasikan tank jenis Challenger 2.

Permasalahan mengenai desain tank Challenger 2 sebenarnya sudah menjadi perdebatan selama 2 tahun terakhir. Hingga akhir-akhir ini, Pyrophonic pun turut aktif berargumen sebelum dirinya mengunggah dokumen rahasia. Menanggapi hal tersebut, Community Manager dari Gaijin Entertainment menyatakan bahwa desain tank tidak akan dirubah karena sumber yang diberikan dianggap tidak valid (ilegal).

Hingga kini, menteri pertahanan belum memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai penanganan kasus ini. Namun menurut moderator forum, Pyrophonic sudah jelas melanggar peraturan Official Secret Act terkait dokumen rahasia dengan resiko hukuman maksimal 14 tahun penjara.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait War Thunder serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version