Ingin Tepati Janji, Developer DARQ Tolak Tawaran Eksklusivitas Epic Games

in ,
Good move!

Eksklusivitas Epic Games Store memang menjadi polemik selama beberapa bulan terakhir. Tak hanya tawarkan banyak uang kepada para publisher besar, Epic yang ingin dapatkan berbagai game yang menggunakan Unreal Engine 4 sebagai game eksklusif juga tawarkan developer indie untuk bergabung. Namun sepertinya tidak untuk Unfold Games, developer game psychological horror berjudul DARQ yang dapatkan tanggal rilisnya.

Melalui thread AMA di Reddit, Unfold Games mengatakan bahwa mereka ditawari oleh Epic Games untuk merilis DARQ secara eksklusif hanya untuk Epic Games Store setelah mereka merilis trailer dengan tanggal rilis Steam-nya. Jawaban mereka cukup mengejutkan, karena mereka menolaknya mentah-mentah. Alasannya? Mereka ingin menghargai gamer yang telah mendukungnya.

Saat itu DARQ menjadi game yang masuk sebagai top-50 game yang paling banyak diinginkan. Aku berpikir bahwa setuju untuk memindahnya menjadi game eksklusif buat pernyataanku untuk merilisnya di Steam hanya sebuah bualan. Selain itu, page DARQ telah ada di Steam sejak bulan November 2018 kemarin dan banyak sekali orang yang menunggunya dengan menambahkannya di wishlist. Aku berpikir bahwa mengecewakan mereka adalah hal yang sangat buruk dan membuktikan bahwa pengumumanku kepada dunia hanya bualan. Epic dengan terang-terangan menghubungiku dan menawarkan kontrak eksklusivitas, dan aku dengan sopan menolaknya sebelum kami membicarakan detil lain (uang dan sebagainya).



Epic sepertinya saat ini memang sedang gencar ingin mengambil beberapa game third-party atau pihak ketiga menjadi game eksklusifnya. Mereka menolak untuk menjual game yang tidak menandatangani perjanjian eksklusivitas ke Epic Games Store. Hal ini dikonfirmasikan oleh Unfold Games saat menanyakannya.

Aku menanyakan apakah mereka mau menjual DARQ tanpa perjanjian eksklusivitas dan mereka menjelaskan bahwa saat ini mereka tidak bisa melakukannya.

DARQ saat ini telah dirilis di PC via Steam. Game psychological horror tersebut dibanderol seharga 109,000 rupiah (kami bulatkan). Game ini juga kami rekomendasikan untuk kamu miliki bulan Agustus ini. Kamu bisa mengikuti beritanya agar tetap update.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]