Ini Bukti Kalau E-Sport Seperti DOTA 2 Bisa Bikin Kamu Hidup Lebih Dari Mapan

dota2.2014 Flickr Jakob Wells

Turnamen DOTA 2 sudah terkenal dalam memberikan jumlah hadiah yang tidak pernah tanggung, event-event besar bersedia memberikan hadiah bermilyar-milyar rupiah bagi para pemain yang menjuarai turnamen tersebut. Ditambah jumlah turnamen yang sangat banyak dan terus bertambah pastinya telah membuat total hadiah setiap tahunnya.

Pada tahun 2016, seluruh turnamen DOTA 2 di dunia telah menghadiahkan setidaknya $36,6 juta Dollar Amerika atau sekitar 500 Milyar jika di Rupiahkan. Walau angka tersebut belum termasuk hadiah yang terpotong pajak, namun tetap saja jumlah itu sangatlah fantastis mengingat bahwa ini hanyalah perlombaan sebuah game.

Walau pertumbuhannya sudah tidak secepat tahun-tahun sebelumnya, tapi hadiah di DOTA 2 selalu mengalami kenaikan yang cukup berarti setiap tahunnya, seperti yang bisa dilihat di grafik diatas. Dimulai dari 2011, pada saat Valve mengadakan The International 1 dengan total hadiah $1.6 Juta Dollar hingga pada 2016 dengan berbagai turnamen yang ada memberikan hadiah bertotal $36.6 Juta Dollar.

$36.6 Juta Dollar itu terbagi dari beberapa turnamen yang ada di tahun 2016 di seluruh dunia, sekitar $21 Juta Dollar dari The International 6, Shanghai-Manila-Boston Major menyumbang $3 Juta Dollar dan berbgaia turnamen lainnya yang tidak diadakan Valve.

Sekita $700.000 disumbang oleh turnamen-turnamen besar di China seperti Mars TV League dan Professional Top League, lalu $500,000 dari Moscow Epicenter Tournament serta seri Starladder dan I-League yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya menyumbangkan masing-masing $300.000.

Pada tahun 2017 ini, total hadiah turnamen sudah menyentuh $5.5 Juta Dollar yang pastinya menandakan akan ada peningkatan lagi pada jumlah total hadiah tahun ini dari semua ajang pertandingan DOTA 2. Terlebih ada DOTA 2 Asia Champhionship yang akan dilaksanakan di Shanghai tahun ini yang pastinya akan mendongkrak tinggi total hadiah tahun ini.

Mungkin memang sudah saatnya banyak orang harus lebih membuka kedua matanya untuk perlombaan E-Sport di dunia, karena sudah terbukti bahwa E-Sport sudah bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat menjanjikan dibanding beberapa pekerjaan lainnya. Apalagi saat kamu memiliki bakat yang cukup bersaing dengan orang-orang lainnya yang pasti akan sangat membantumu untuk memulai karirmu sebagai pemain E-Sport Professional terlebih untuk divisi DOTA 2.


Source

Exit mobile version