HP Tidak Bisa di Cas? Ini 7 Cara Mudah Atasinya

Hp Tidak Bisa Di Cas

Hp Tidak Bisa Di Cas

Momen ketika HP Tidak Bisa di Cas tentunya cukup menyebalkan. Di saat kita membutuhkan kecepatan untuk eksekusi aktivitas harian, terpaksa harus tertunda karena indikator baterai menunjukkan warna merah.

Namun, ternyata justru muncul masalah baru, di mana HP yang kita pakai malah tidak bisa di cas sama sekali, dan sukses membuat kita pusing tujuh keliling. Sudah kita gonta-ganti kepala charger dan kabel, namun masalah tetap terjadi, yang berarti ada masalah serius di balik ini.

Kira-kira, apa gerangan masalahnya? Yuk, kita bahas sampai tuntas.

Penyebab Kenapa HP Tidak Bisa di Cas

Berdasarkan pengalaman penulis, salah satu Penyebab Kenapa HP Tidak Bisa di Cas ternyata disebabkan oleh rusaknya port charger. Menariknya, masalah ini kerap terjadi ketika kita mencolokkan kabel power ke HP kita yang tak sesuai standar tegangan.

Selain masalah di charger dan kabel, besar kemungkinan sebab Kenapa HP Tidak Bisa di Cas dikarenakan oleh kendurnya port charger HP kita. Meski ada banyak sekali tutorial di YouTube, tapi kami tak sarankan hal tersebut dan lebih aman rasaya membawanya ke tangan yang tepat.

Atau yang terburuk adalah air hujan yang masuk ke sela-sela HP, yang mana ketika kamu sampai rumah keburu isi dayanya. Jelas, meski awalnya tampak baik-baik saja, namun lambat laun kondisi port charger-nya tentu bakalan degradasi.

Cara untuk Atasi HP Tidak Bisa di Cas

Sebenarnya, ada cara mudah untuk atasi HP Tidak Bisa di Cas karena masalah tersebut. Nah, di bawah ini telah kami kumpulkan cara mudah yang bisa kalian coba supaya HP kalian kembali sehat.

1. Membawanya ke Tempat Servis

Untuk atasi Penyebab Kenapa HP Tidak Bisa di Cas, salah satunya adalah membawanya ke tempat servis. Tentunya, dengan membawanya ke tempat servis akan dapat membantumu atasi permasalahan tersebut dengan segera.

Biasanya, ongkos untuk memperbaiki port charger rusak pada HP tersebut akan bervariasi mulai dari 50 Ribuan Rupiah, sampai ratusan ribu, tergantung merk dari HP. Waktu yang dibutuhkan untuk perbaiki port tersebut biasanya hanya dalam kisaran satu sampai dua jam doang kok, brott.

2. Coba Bersihkan Port Charger

Selain membawanya ke tempat servis, alternatif lainnya adalah dengan mencoba bersihkan port charger supaya kondisi lebih bersih dan bebas debu. Cara termudah ini hanya membutuhkan cotton bud ukuran kecil supaya dapat menjangkau port sekiranya masih ada air tersisa di dalamnya.

Dengan membersihkan port tersebut, diharapkan sisa-sisa air atau debu yang jadi faktor akan dapat tereliminasi, dan HP kalian bisa kembali di cas.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

3. Restart HP

Nah, ini adalah salah satu cara antisipasi Kenapa HP Tidak Bisa di Cas, brott. Kadang, melakukan hal sesimpel restart HP justru dapat pulihkannya jadi normal. Ketika HP dinonaktifkan, semua aplikasi yang ada di HP akan dimatikan, dan masalah HP Tidak Bisa di Cas dapat diantisipasi.

Sekiranya bisa, kita dapat memanfaatkannya untuk isi baterai sampai penuh, dan sekiranya HP tak bisa di cas ketika menyala, berarti ada yang salah dengan aplikasi yang terpasang di HP milikmu.

4. Adanya Masalah di Software

Percaya atau tidak, Penyebab HP Tidak Bisa di Cas biasanya berdasarkan masalah di software. Di mana terkadang ada bug atau masalah di dalam software teranyar yang diluncurkan oleh brand tersebut.

Biasanya, satu-satunya solusi adalah dengan lakukan rollback (kalau benar-benar paham), atau membawanya ke tempat servis terdekat karena mereka biasanya memiliki peralatan yang sekiranya pas.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai

Tidak hanya monitor, ternyata kalibrasi baterai pun bisa kita lakukan untuk membetulkan kondisi di mana HP Tidak Bisa di Cas. Meski pada dasarnya ini adalah cara untuk antisipasi baterai tetap awet, tentu tidak ada salahnya untuk kita coba.

Meski caranya sedikit ribet, namun kalian bisa ikuti caranya di bawah ini ya, brott:

6. Harus Update Sistem Operasi

Kebalikan dari cara nomer empat, di mana kita harus update sistem operasi ke versi terbaru untuk kembali normalkan kondisi HP milik kita. Hal ini didasari oleh terpecahkannya masalah di salah satu HP milik penulis, di mana sempat alami tidak bisa di cas sama sekali.

Meski sempat harus ‘mati’ selama beberapa hari, namun update terakhir yang diluncurkan brand tersebut justru menjadi penolong karena HP penulis kembali hidup.

7. Kembali Coba Cas HP yang Lain

Sebenarnya, bisa dikatakan ini adalah cara termudah yang bisa kalian lakukan. Bermodalkan charger dan kabel teman, tentunya masih lebih murah ketimbang membeli charger baru yang lumayan mahal.

Namun, pastikan kembali untuk mencocokkan charger yang kamu gunakan dengan besaran daya yang didukung oleh HP milikmu yah, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version