Ini Cara Lapor IndiHome Bermasalah di Tahun 2022, Gak Pake Lama!

Cara Lapor Indihome Bermasalah

Bermasalah

Ketika membahas salah satu Internet Service Provider (ISP) tanah air berplat merah bernama IndiHome, rasanya takkan ada habisnya. Bagaimana tidak, mulai dari masalah internet lemot, sampai request time out, rasanya adalah ‘makanan’ sehari-hari. Tentunya, tak sedikit orang yang cari cara lapor IndiHome bermasalah, dengan harapan koneksinya ‘membaik’.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sebenarnya layanan dari IndiHome ini benar-benar tak memuaskan. Entah dikarenakan user tersebut tak ada alternatif lain selain gunakan IndiHome, atau memang ada ‘sesuatu’ yang menarik untuk ditelusuri, seperti ‘monopoli’ misalkan. Sebentar, ini hanya misalkan loh, brott.

Hal ini mungkin menarik untuk dibahas pada tulisan berikutnya, karena sebelumnya, ISP plat merah ini terindikasi sabotase DNS.

Kembali ke pembahasan utama, buatmu yang mencari cara lapor IndiHome bermasalah, yuk ikuti langkah mudah di bawah ini, versi kami.

Cara Lapor IndiHome Bermasalah

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk melapor adanya problem pada jaringan yang kamu gunakan. Buatmu yang gunakan ISP IndiHome, sudah tentu harus ketahui cara-cara di bawah ini supaya makin mudah proses mengeluarkan uneg-uneg pada sang provider.

1. Lapor Melalui Media Sosial

Berdasarkan pengalaman penulis pribadi, cara lapor IndiHome bermasalah bisa dilakukan dengan manfaatkan media sosial semacam Facebook maupun Twitter. Namun, beberapa tahun belakangan ini tampaknya platform media sosial Facebook sudah mulai ditinggalkan oleh sang provider.

Penulis sempat melaporkan problem jaringan melalui media sosial Facebook, namun benar-benar tak ditanggapi sama sekali sampai saat tulisan ini dibuat. Bukan bermaksud untuk menjatuhkan, namun lihatlah gambar di bawah ini di mana ‘insiden’ tersebut terjadi beberapa tahun silam. Tampak bahwa tidak ada respons sama sekali dari sang provider.

Respons dari media sosial Facebook termasuk sangat-sangat lambat
Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis

Setelah tak ada tanggapan lesti sama sekali dari ISP plat merah yang miliki jutaan user tersebut, akhirnya penulis mencoba lapor lalui Twitter. Menariknya, bak simsalabim atau kebetulan, namun respons sang provider justru lebih cepat di burung biru, brott. Terbukti tak butuh lama sampai akhirnya uneg-uneg penulis dapat terobati dengan segera.

Tampaknya penulis boleh simpulkan bahwa IndiHome lebih menyukai platform Twitter ketimbang Facebook. Padahal tujuannya tetap sama, yaitu untuk melaporkan koneksi yang terbata-bata atau bermasalah.

2. Lapor Melalui Aplikasi IndiHome

Di zaman now di mana gembar-gembor Industri 4.0 bergema dimana-mana, seolah ‘paksa’ tiap industri miliki aplikasinya masing-masing. Jelas, IndiHome adalah salah satu yang hadirkan aplikasi sebagai alternatif cara lapor IndiHome bermasalah dengan mudahnya bernama myIndiHome.

Di atas merupakan contoh tampilan bantuan dari aplikasi myIndiHome
Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis

Tidak sebatas untuk melapor bila terjadi masalah, namun aplikasi tersebut bisa brott gunakan untuk memantau tagihan dan add-on yang digunakan. Kalian bisa men-downloadnya di sini.

Sekedar menambahkan, tentunya penulis juga pernah manfaatkan kemudahan aplikasi ini sebagai salah satu cara lapor IndiHome bermasalah yang cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan pengiriman bukti e-ticket yang dikirimkan ke Inbox aplikasi dan WhatsApp sang user.

Dengan memantau e-ticket yang dikirimkan tadi, kita selaku konsumen dapat melihat seberapa lama IndiHome atasi problem tersebut. Bila masalah yang dilaporkan hanya sekedar ‘maintenance’ yang dilakukan sang provider, takkan butuh waktu sampai lima menit jaringan kembali normal.

Namun, bila yang kamu laporkan cukup spesifik, semisal memindahkan route dari Singapore ke Australia atau Jepang, hal tersebut butuhkan waktu tak sebentar. Beruntung, penulis pernah ‘dimudahkan’ urusannya yang mana kala itu koneksi ke Jepang benar-benar galau. Semua penulis lakukan demi memainkan Extraordinary Ones versi Jepang, brott.

Latency yang tidak bersahabat, karena biasanya berada di kisaran 70ms
Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis

Yah, walau demikian, tampaknya hal tersebut tak bisa berlangsung abadi atau selamanya, karena saat ini, koneksi ke Jepang kembali bermasalah.

3. Lapor Via Telepon

Sebenarnya, ini cara termudah yang bisa kamu lakukan ketika internet plat merah tersebut berulah. Namun, cara ini membutuhkan modal alias pulsa karena menelepon tentu butuhkan biaya yang lumayan.

Cara lapor IndiHome bermasalah yang terbilang cukup menyebalkan

Kalau boleh jujur, cara lapor IndiHome bermasalah ini dirasa penulis kurang efektif, karena kita tidak diberi e-ticket untuk mudahkan pemantauan. Di sisi lain, dan bila ‘beruntung’, teknisi ISP dengan paduan warna merah putih ini akan kirimkan teknisi ke rumah untuk dengarkan semua keluh kesahmu.

Biasanya, teknisi yang dikirimkan akan membawa beberapa peralatan untuk mengecek kesehatan jaringan IndiHome di rumahmu, brott.

Kenali Cara Atasi WiFi IndiHome yang Lambat atau Bermasalah

Selain hal di atas, sudah barang tentu kalian setidaknya harus mengetahui beberapa cara atasi WiFi IndiHome yang lambat atau bermasalah. Setidaknya ini bisa jadi referensi ketika internet bermasalah dan brott tak ada waktu luang untuk melaporkannya.

Semua cara tersebut bisa kalian temukan di sini. Tentunya, kami telah merangkum beberapa cara yang dirasa efektif dan ampuh atasi internet berikut WiFi IndiHome yang lambat atau bermasalah. Setidaknya cara-cara mudah di atas bisa brott jadikan bekal bila suatu saat internet di rumah atau kantor bermasalah.

Akhir Kata

Kasarnya, semua cara lapor IndiHome bermasalah di atas akan sangat bergantung pada seberapa besar luck yang kamu miliki. Bagaimana tidak, faktanya di daerah penulis, layanan internet plat merah ini benar-benar segalau anak baru gede.

Nah, itulah sekiranya beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk atasi internet IndiHome bermasalah. Kira-kira, apakah brott punya solusi lain yang tak kalah efektifnya? Yuk, share di bawah ini!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version