Ini Penampakan Konektor PCIe 5.0 untuk Next-Generation GPU

Pcie 5.0 Konektor Terbaru

Beberapa hari lalu, igorsLAB berhasil mendapatkan gambar pertama, atau yang sering kita sebut dengan prototype dari sebuah PCie. Diinformasikan pula bahwa ini merupakan penampakan konektor PCIe 5.0, yang dikhususkan untuk next-generation GPU seperti RTX 3000 Series.

Konon, GPU tersebut akan membutuhkan 16-Pin yang mana sangat dibutuhkan agar dapat mengeluarkan kekuatannya.

Mampu Berikan Daya Sebesar 600W

Igor Wallossek, selaku pemilik igorsLAB berpendapat bahwa teknologi untuk menyuplai daya ke GPU terkesan ketinggalan zaman. Hal ini dikarenakan GPU kekinian seperti pada RTX 3000 membutuhkan konsumsi daya yang tidak sedikit, sehingga dibutuhkan suplai daya yang lebih baik. Intinya, semua GPU yang membutuhkan daya 3×8-Pin membutuhkan solusi baru.

Konektor Pcie 5.0 A

Buat yang belum tahu, PCIe 5.0 akan menghampiri Intel pada beberapa bulan mendatang, dan AMD yang kemungkinan mengadopsinya tahun depan. Kemungkinan Intel akan memulai dengan menampilkan GPU Intel Arc Alchemist yang akan usung PCIe 5.0 sebagai standar mereka.

Meski RTX 3090 Ti masih merupakan rumor, namun tidak menutup kemungkinan bahwa PCIe 5.0 akan menjadi sumber daya GPU ini. Dilansir dari VideoCardz, sebelumnya pernah disinggung bahwa RTX 3090 Ti akan membutuhkan daya sebesar 450W, dan membutuhkan konektor PCIe 5.0.

Suplai Daya VS Konsumsi Daya

Konektor terbaru ini tentunya akan dibutuhkan untuk dapat memberikan peningkatan performa bahkan hingga 2-3 kali lipat. Bagaikan pedang bermata dua, dikabarkan pula bahwa peningkatan performa tersebut harus ditebus dengan konsumsi daya yang juga akan meningkat drastis.

Amphenol ICC selaku pemain besar dalam komponen elektronik juga membeberkan konektor PCIe 5.0 untuk next-generation GPU. Berdasarkan informasi yang tertera dari situs tersebut, memang benar bahwa konektor yang akan menjadi standar terbaru ini mampu alirkan daya hingga 600W.

Gimana menurutmu, brott? Dengan bermunculannya konektor PCIe 5.0 untuk next-generation GPU, apakah ini akan menggugah semangatmu untuk membeli GPU baru ke depannya? Yuk, bagikan pendapat kalian di bawah terkait konektor PCIe 5.0 ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version