Inilah 5 Smartphone Layar Lipat Yang Akan Dirilis Pada Tahun 2019 Yang Kalian Harus Tahu

tumbail e1551768052719

Saat ini trend smartphone lipat sedang populer sekali dimana hampir semua Vendor smartphone berlomba-lomba membuatnya. Trend ini sendiri sebenearnya sudah dimulai pada tahun lalu dimana terdapat sebuah teaser video dari Lenovo dimana mereka memperlihatkan sebuah smartphone buatan mereka dengan layar yang bisa dilipat, sepertinya sejak saat itu mulai banyak vendor lain yang mulai membuatnya dan berikut adalah daftar pabrikan atau vendor  mana saja yang sudah mulaimemperkenalkan produknya tersebut.

1.Samsung Galaxy Fold

Samsung nampaknya sudah sipa dalam merilis smartphone layar lipat atau foldable phone dimana mereka sudah merilisnya secara resmi dan memperkenalkan produknya pada Samsung’s Developer Conference yang diadakan di San Francisco pada 7 November  2018. Dan kemudian dia menjadi bintang utama pada  Galaxy Unpacked live event yang dilaksanakan 20 February 2019 lalu. Rencananya produk ini akan mulai tersedia pada bulan April mendatang untuk tanggalnya diperkirakan tanggal 9 April tersedia di USA dan mulai 3 Mei merambah ke Eropa. Belum jelas apakah nantinya Samsung Galaxy Fold ini akan masuk ke pasar Asia atau tidak namun untuk harga sendiri Samsung membandrolnya mulai dengan harga $1,980 atau sekitar Rp.27.976.113

Spesifikasi

OS : Android Pie 9.0
Chipset : Qualcomm MSM Snapdragon 855(7nm)
Internal : 512 GB ROM, 12 GB RAM
Camera : 12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″,     1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom 16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
Baterry : 4380mAh


2.Xiaomi Foldable Phone

Xiaomi nampaknya tak ingin ketinggalan dari vendor-vendor lain, dimana mereka juga telah merilis sebuah teaser dan bocoran mengenai ponsel layar lipat mereka dimana muncul sebuah video bagaimana Lin Bin( salah satu pendiri sekaliagus vice president dari Xiaomi) menggunakan ponsel layar lipat dengan UI khas dari Xiaomi. Ponsel layar lipat dari Xiaomi sendiri mempunyai desain yang agak berbeda dari foldable phone lainya dimana milik Xiaomi memiliki layar yang dapat dilihat dikedua sisi, jadi tidak hanya satu bagian saja yang bisa dilipat. Saat ini ponsel tersebut masih dalam bektuk prototipe yang kemungkinan akan dirilis tahun ini. Untuk harga sendiri Xiaomi belum merilisnya dan spesifikasinya sendiri masih belum jelas.

Spesifikasi

OS : Android Pie 9.0
Chipset : –
Internal : –
Camera : –
Battery : –


3. Huawei Mate X

Masih dari pabrikan asal China, tidak ingin kalah dari Samsung kali ini ada Huawei yang secara resmi juga merilis smartphone layar lipat mereka dan menamainya dengan nama Huawei Mate X. Huawei memeprkenalkan ponsel ini pada ajang Mobile Word Conference (MWC) 2019 lalu di Barcelona. Huawei mengatakan produknya sendiri akan segera rilis pada tahun ini dan diperkirakan akan mulai dijual pada Juni mendatang. Diperkirakan untuk Huawei Mate X ini akan dibanderol dengan harga berkisar $2,600 atau sekitar Rp. 36.753.080. Saat ini belum jelas apakah Huawei akan membawa ponsel ini ke US karena mereka sendiri sebelumnya masih memiliki masalah dengan negara tersebut, sedangkan untuk pasar Indonesia sendiri kemungkinan Huawei tidak akan memasukanya mengingat di Indonesia sendiri mereka sudah mempunyai Honor yang sebagai sub-brand mereka juga masih tidak begitu diminat oleh pangsa pasar indonesia.

Spesifikasi

OS : Android
Chipset : Hisilicon Kirin 980(7nm)
Internal : 512 GB ROM, 8GB RAM
Camera : Leica triple camera
Baterry : 4,500mAh dual batteries 55W SuperCharge charging


4. Oppo Foldable

Tak ingin kalah dari Huawei dan Xiaomi nampaknya Oppo juga mengikuti jejak mereka untuk merilis sebuah smartphone layar lipat mereka, pabrikan asal China tersebut saat ini tengah dalam proses pengembangan ponsel layar lipat mereka dan mereka sendiri sudah merilis bentuk dari ponsel layar lipatnya, seperti yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya tentang “Oppo Perlihatkan Smartphone “Lipat” Miliknya” yang sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut tentang ponsel tersebut, namun ada sebuah rumor mengenai harga dari Ponsel layar lipat milik Oppo ini yaitu mereka akan menjual ponselnya berkisar antara $2,000 atau sekitar Rp.28.271.600.

Spesifikasi

OS : Android
Chipset : –
Internal : –
Camera :
Battery : –


5. Royole Flexpai Foldable

Royole Flexpai adalah sebuah pabrikan kecil asal China yang sedang naik daun karena mereka memperkenalkan sebuah Smartphone layar lipat mereka pada akhir November 2018 lalu di China, For Your Info guys ponsel layar lipat ini adalah ponsel layar lipat pertama yang dirilis di Dunia dan bukan lagi sebagai sebuah prototype semata dan dia sudah banyak dibicarakan pada CES 2019 lalu karena bagaimana sebuah perusahaan yang bisa dibilang baru namun berani membuat sebuah gebrakan karena membuat sebuah ponsel layar yang dapat dilipat dan pada saat itu pabrikan sekelas Samsung pun masih dalam tahap uji coba. Untuk harganya sendiri Flexpai ini dibanderol dengan harga $1,588 atau sekitar Rp.22.470.200 dan kalian bisa membelinya lewat official websitenya disini.

Spesifikasi

OS : Android
Chipset : Qualcomm MSM Snapdragon 855(7nm)
Internal : 128 GB/256 GB ROM, 6 GB/8GB RAM
Camera : Dual Camera 6 MP+20 MP, OIS, f1.8(PDAF)
Battery : 3980 mAh


Jadi itu adalah beberapa ponsel layar yang dapat dilipat atau kita bisa menyebutnya dengan nama foldable phone, sebenarnya masih ada beberapa lagi foldable yang kemungkinan akan dirilis pada tahun ini, namun sampai saat ini informasi tersebut masihlah belum jelas, seperti Motorola RAZR 2019, kemudian TCL yang sedang mencoba membuat smartphone layar lipat mereka sendiri.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki 

Exit mobile version