Inilah Bermacam Jenis Casing PC Gaming yang Harus Kalian Ketahui

Jenis Casing Pc Gaming

Jenis Casing Pc Gaming

Ketika kita merakit sebuah personal computer alias PC, ada-ada saja komponen yang dipangkas alokasi dananya untuk komponen lain. Sama halnya Casing PC Gaming, di mana kerap dicap sesuatu yang tak membutuhkan alokasi dana ekstra, karena toh hanya menawarkan satu manfaat.

Namun, manfaat sebenarnya dari sebuah Casing PC tak seremeh itu loh, brott. Hal tersebut didasari betapa banyak, dan bervariasinya manfaat sebuah case yang tentunya tak melulu untuk sekadar menyimpan komponen secara aman.

Nah, dikarenakan ada bermacam Jenis Casing PC Gaming di luaran sana, kita bakal kupas tuntas lalui bahasan santai kali ini.

Ketahui Banyaknya Jenis Casing PC Gaming Terbaik

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih serius, hal utama yang harus kita bahas adalah ketahui banyaknya ukuran Casing PC Gaming Terbaik yang dapat kamu miliki. Setidaknya, ada beberapa ukuran case yang bisa kamu jadikan referensi:

Nah, di antara kelima ukuran tersebut, percaya tidak percaya tiap ukuran bakal memiliki peruntukannya tersediri, loh. Jadi, kamu tak bisa serta-merta menyamakan guna dari sebuah casing pada komputer.

Mencari Casing PC Gaming Terbaik 2022 Kini Bisa Lebih Mudah

Mencari sebuah Casing PC Gaming bisa kita ibaratkan mencari rumah untuk ditempati komponen yang kita beli. Bermacam ukuran dan warna case tawarkan benefit berbeda, yang biasanya harus kita sesuaikan supaya benar-benar match dengan peripheral yang kita pakai sehari-hari.

Mencari jenis case yang tepat cukup sulit loh, brott

Namun, mencari Casing PC Gaming Terbaik 2022 tidaklah sesukar tempoe doeloe di mana kala itu desain case masih benar-benar terbatas. Kini banyak sekali brand yang bermain untuk hadirkan case yang tentunya menarik minat para gamer di luaran sana.

Nah, untuk memudahkanmu mencari case PC Gaming idaman terbaik, kami akan kotak-kotakkannya berdasarkan ukuran karena lebih mudah diterima. Mulai dari Casing PC Gaming Murah sampai yang mahal, pokoknya bakal kami cover semua.

1. Full Tower

Sesuai namanya, Casing PC jenis Full Tower memiliki ukuran yang bongsor alias masif, baik itu secara dimensi, atau secara bobot. Biasanya, case jenis ini dipakai untuk ditanamkan bermacam komponen high-end, demi memastikan semua komponen yang mereka pakai mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Walau tak serta-merta identik case ini akan selalu diisi komponen mahal, ada aja kok yang isi case ini dengan komponen seadanya karena lebih percaya dengan durabilitas yang ditawarkannya.

Biasanya case PC Gaming ini tak terlalu umum dilihat karena ukurannya yang benar-benar bongsor, seolah menuntut space di meja yang tentunya cukup besar pula. Ini dikarenakan case ini mendukung motherboard sampai ukuran E-ATX yang lebih besar dari ATX. Termasuk belasan HDD ukuran 3.5” yang dibutuhkan untuk sebuah workstation.

2. Mid Tower

Nah, Mid Tower adalah salah satu Casing PC Gaming Terbaik dikarenakan besaran ukurannya yang bisa kami katakan universal, mampu diisi bermacam komponen yang ada di pasaran tanpa masalah.

Meski ukurannya sedikit lebih kecil dari Full Tower, tapi case ukuran ini tetap bisa kalian andalkan untuk kalian tandemkan dengan komponen kesayangan. Ini semua dikarenakan adanya tujuh slot PCI yang tentunya memudahkan kalian untuk lakukan kustomisasi.

Jadi, tidaklah heran bila case ukuran ini cukup populer di tanah air, karena selain harganya cukup murah, ukurannya pun pas dan memudahkan mereka lakukan kustomisasi di kemudian hari.

3. Mini Tower

Selain dua ukuran case di atas, Casing PC Gaming Terbaik dan tak kalah populer dengan ukuran lainnya ialah Mini Tower. Alasan di balik case ukuran ini populer tidak lain dan tidak bukan dikarenakan bentuknya yang ringkas dan banyaknya pilihan warna.

Memiliki empat slot PCI, biasanya case ini memang diperuntukkan untuk mereka yang tak mau mejanya didesak kehadiran komputer. Selain lebih hemat tempat, kita tetap bisa kok memasukkan bermacam komponen yang up-to-date selama tak overkill.

Untuk harganya pun bisa diadu, karena kebetulan case jenis ini memang tawarkan harga yang bisa kita katakan kompetitif dan banyak variasi warnanya. Jadi, tidaklah heran bila kebanyakan gamer atau content creator memercayakan case ukuran ini untuk temani kesehariannya.

4. SFF

Memiliki kepanjangan Small Form Factor, case ini biasanya terbatas untuk diisi komponen serba mini (atau kerennya ITX), namun masih mudah kita dapatkan di pasaran. Menurut kami, ini adalah salah satu case menarik (dan menantang untuk dirakit) karena niche yang dimaksud: ‘kecil tapi cabe rawit’.

Umumnya case ukuran SFF memiliki dua atau lebih slot PCI untuk hemat dimensi supaya tak terlalu memakan tempat di meja. Modelnya pun unik-unik, ada yang hanya bisa muat kartu grafis low-profile, sampai yang muat kartu grafis ukuran dual-fan (syarat dan ketentuan berlaku).

Harus dicatat bahwa sedikit sekali Casing PC Gaming Murah tersedia di kategori SFF dikarenakan case ini memang lebih menjual portabilitas. Bahkan, meski ada yang ‘murah’ sekalipun, bisa dihitung jari sampai pada akhirnya ghaib karena tidaklah sedikit yang berminat untuk memilikinya termasuk penulis.

Harus dicatat bahwa pemilihan komponen ini harus benar-benar pas karena komponen SFF benar-benar sensitif terhadap suhu ya, brott!

5. HTPC

Nah, kalau Casing PC satu ini merupakan singkatan dari Home Theater Personal Computer yang miliki fungsi mendasar, yaitu memenuhi komputasi dasar di rumah namun lebih mengarah ke entertainment.

Percaya atau tidak, namun case untuk PC Gaming ini benar-benar niche karena hanya komponen tertentu yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Meski pada beberapa kasus ada case yang ‘masih’ bisa dijejali komponen, namun akan benar-benar terbatas pilihannya.

Ini dikarenakan dimensi casing ini yang benar-benar kecil, bahkan seekstrim hanya sebesar tangan penulis, yakni 18cm x 18cm. Adalah Asrock X300 milik penulis yang kini dikhususkan untuk temani aktivitas di kala santai.

Untuk harganya bervariasi, mulai dari yang murah sampai yang jutaan karena telah diisi komponen yang dibuat secara khusus. Namun, kami rasa hal tersebut masih dalam taraf wajar karena yang kita incar adalah kemudahan untuk dibawa kemana-mana alias portabilitas.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version