Inilah Kekurangan dan kelebihan rework 9 Hero Mobile Legend Terbaru!


Follow Us

Setelah menunggu lebih dari sebulan, akhirnya moonton mengeluarkan rework hero. Beberapa minggu yang lalu, pada update patch sebelumnya tanggal 19 Maret, Moonton memberikan update rework yang sebelumnya sudah dikeluarkan di Advance servernya Mobile legend. Update tersebut sangat dinanti – nantikan oleh para pemainnya. Namun, bukan berarti setiap hero yang di rework selalu memiliki plus nya, karena hal tersebut akan mengubah cara bermain, item, serta emblem yang digunakan. Oleh karena itulah, berikut Gamebrott akan merangkum beberapa kekurangan dan kelebihan 9 hero hasil reworkan mobile legend yang terbaru!

Nulis artikel dibayar

1. Yi-Sun Shin

Salah satu hero Marksman yang memiliki skill global. Moonton melakukan rework pada hero ini, karena moonton menginginkan hero tersebut agar lebih menggunakan kemampuan passivenya yaitu Close combat, dimana Yi-Sun Shin akan menggunakan pedangnya untuk melawan musuh yang lebih dekat tentunya dengan penambahan damage sebesar 1.2 persen dari damage normal. Moonton melakukan rework skill 1 nya, yaitu dengan menambahkan efek serta cd skill dimana setiap kali Yi-Sun menggunakan serangan jarak dekat, cooldown dari skill 1 akan berkurang 1 detik, sehingga Yi-Sun dapat dengan cepat mengejar musuh dan membunuhnya. Namun, tidak semua hero tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan. Berikut adalah keunggulan dan kelebihan hero tersebut.

Kelebihan :

a. Dapat mengejar musuh lebih cepat
b. Memiliki cooldown skill yang lebih cepat
c. Dapat lari dengan cepat dan damage yang lebih besar dalam jarak dekat

Kekurangan :

a. Lebih rentan terhadap damage karena ia akan lebih sering bertarung di jarak dekat
b. Jika kalian salah memakai skill 1, maka ia tidak akan memiliki kemampuan untuk lari dari kejaran musuh.

2. Diggie

Diggie adalah salah satu hero support dengan kemampuan anti crowd control. Salah satu hero yang sangat berguna di dalam match yang memiliki musuh stun, slow dan sebagainya. Namun, ia tidak terlalu populer di dalam game, oleh karena itulah Moonton memberikan rework skill 1 nya sehingga dapat memberikan damage yang lebih di early game dan late game. Namun, Diggie juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yaitu :

Kelebihan

a. Memiliki damage lebih besar
b. Dapat membuat trap yang dapat membunuh musuh berhealth kertas seperti Marksman, Assassin, dan Mage
c. Clear Minion lebih gampang dan cepat

Kekurangan

Diggie adalah hero dengan crowd control yang lumayan menjengkelkan selain menjadi anti crowd control. Sebelum di rework ia memiliki 3 crowd control skill, yaitu tarik skill 2, Slow skill 1 dan stun skill 1, yang akan menjadi adisi team yang mengerikan. Sayangnya setelah di rework, 2 crowd controlnya diganti menjadi damage, dan ia menjadi tidak semenyebalkan dulu.

3. Rafela

Hero support yang dapat dibeli di awal bermain dengan 6500 BP. Hero ini memiliki heal, dan slow yang menyebalkan. Hero ini sudah di rework 2 kali, untuk merubah skill passivenya, dan sebelumnya skill passivenya hanya dapat digunakan untuk menambah speed dan slow musuh, kemudian Rafaela di rework pertama untuk menambahkan efek heal dan damage true damage kepada musuh, setelahnya rework terakhir yaitu rafaela akan memberikan damage sebesar 25% max health musuh yaitu 1/4 dari darah musuh, dimana tank yang sekarat dan membunuh rafaela juga akan mati karenanya. Nah berikut adalah kelebihan dan kekurangan Rafaela setelah di rework :

BACA JUGA  Nostalgia jaman old dengan New Gunbound yang Sedang Buka Masa Pre-Registration!

Kelebihan

a. Damage lebih pada saat mau mati, tidak perlu mengejar musuh lagi.
b. Dapat membunuh hero tank yang membunuhnya.
c. Di late game, ia hanya perlu mati dan ia dapat membunuh musuh dengan mudah (Note : Asal tidak dilindungi oleh musuh lain)

Kekurangan

a. Dapat ditangkis oleh musuh lain
b. User Rafaela akan lebih memilih untuk mati untuk membunuh musuh daripada bertahan.
c. Fungsi utama dari rafaela bukan menjadi support yang meng heal team, namun menjadi damage dealer yang akan digunakan untuk membunuh musuh.

4. Estes

Estes adalah Hero yang dikhususkan untuk meng-heal teman satu team nya. Teman yang di heal akan mendapatkan heal yang sangat signifikan yang dapat membuat health yang sekarat menjadi penuh dalam hitungan detik. Estes adalah hero early game yang sangat menjengkelkan dan hero ini telah di rework oleh moonton untuk meningkatkan damage, setiap kali ia melakukan heal untuk teman satu team nya. Skill ini cukup berguna di dalam early maupun late game, karena tidak hanya support, Estes akan menjadi Damage dealer yang mengesalkan.

Kelebihan

a. Peningkatan Damage yang signifikan
b. Di Late dan early game, estes akan semakin berguna
c. Estes user akan lebih menggunakan heal untuk menambah damage dirinya.

Kekurangan

a. Timing akan sangat diperlukan, karena heal memiliki cooldown, dan ultimate akan sangat disayangkan jika digunakan untuk membunuh musuh
b. User estes akan menjadi lebih gila kill. Karena memiliki damage yang lebih, sehingga built item akan lebih digunakan untuk kill musuh

5. Belerick

Belerick adalah salah satu hero tank yang cukup kuat dalam hal menahan damage. Hal ini dikarenakan passivenya serta ultimatenya yang mana setiap kali ia mendapatkan damage, ia akan mengaktifkan passivenya yang dapat menyerang musuh. Sedangkan ultimatenya akan memberikan pengurangan damage yang akan membuatnya semakin tebal. Parahnya lagi belerik juga memiliki skill mengikat dan skill heal, dan setelah di rework hero yang satu ini menjadi adisi yang mengerikan. Dimana setiap kali ia menggunakan ultimate, ia akan membagi skill passive nya ke teman satu team yang mendekatinya. Skill tersebut, akan memberikan damage tambahan kepada hero yang memukulnya, serta mengurangi damage yang diterima ke teman satu team nya. Belerick adalah hero tank dan support yang sangat baik.

Kelebihan

a. Memiliki skill CC area yang dapat mengikat musuh (rework skill 1) dulunya cuman 1 CC per orang saja (Skill 2)
b. Passive akan lebih mudah diarahkan, dengan skill 2 (Reworks skill 2)
c. Rework ultimate yang sangat sukses, karena dapat memberikan tambahan damage sehingga hero seperti claude maupun hero lainnya dapat dengan mudah dibunuh, dan dapat membantu team lebih baik. (Rework skill ultimate)

BACA JUGA  Alasan Mengapa Moonton Berikan Buff Kepada Item Roaming Mobile Legends!

Kekurangan

a. Masih butuh penyesuaian untuk rework skill tersebut, Pemain masih ada yang kebingungan skill apa yang dapat mengikat dan skill mana yang dapat mengarahkan passive
b. Efek dari Emblem Brave smith tank, yang dapat menambah 5% max hp yang biasa digunakan bersamaan dengan skill 2 akan tidak terlalu berguna. Sehingga harus ada penyesuaian emblem lagi.

6. Uranus

Uranus adalah hero tank yang menggunakan regen health untuk menjadi keras. Hero ini sebenarnya tidak terlalu populer sebelumnya dan dianggap sebagai hero yang patut di abaikan, hingga memiliki NOD ataupun BD. Walaupun begitu, skill tarikan ultimatenya tidak dapat diremehkan. Karena kurangnya popularitas dari hero tersebut, moonton akhirnya melakukan rework yang akhirnya merubah skill ultimate, skill 2, dan skill 1 nya secara keseluruhan. Sekarang, Skill 1 uranus memiliki tambahan damage hingga 200%, skill 2 dapat dash dan memberikan shield, dan skill ultimatenya dapat menambah efek shield dan health serta memberikan slow immune kepada uranus.

Kelebihan

a. Memiliki dash yang dapat digunakan untuk keluar masuk sebuah war
b. Skill 1nya dapat memberikan damage yang sangat parah di early game
c. Tidak perlu mengumpulkan stack lagi, Tinggal menggunakan ultimate dan Uranus dapat meregen healthnya

Kekurangan

a. Mana, yang akan semakin boros karena penggunaan skill 1 secara terus menerus untuk memberikan stack damage.
b. Hero tank satu – satunya yang tidak memiliki crowd control. Bahkan Hilda memiliki efek knockback dan Mini stun
c. Hero tank yang tidak berguna jika team musuh telah membeli NOD ataupun DB yang dapat mengurangi efek regen yang diterimanya sebesar 50% sehingga ia akan lebih mudah dibunuh.

7. Chang’e

Chang’e adalah hero mage yang dulunya memiliki pick rate yang dibawah 1% dalam sejarah moonton mobil legend. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan untuk mendapatkan stack, karena setiap kali chang’e mati akan kehilangan 15 stack yang telah didapatkannya. Nah, oleh karena itulah, Chang’e mendapatkan sebuah rework, mulai dari skill passive hingga aktifnya. Rework yang di dapatkan adalah Passivenya setiap kali ia melakukan damage kepada musuh, damage selanjutnya akan meningkat 1% hingga maksimal 20%, ada juga skill aktif yang pertama yaitu untuk melakukan damage lebih dalam satu garis, skill 2 buff skill dan terakhir skill ultimate yang dapat menembakkan bintang kecil kepada musuh. Chang’e mendapatkan buff damage, dan sebagainya pada rework tersebut.

Kelebihan

a. damage dari chang’e meningkat secara keseluruhan
b. tidak usah mengumpulkan stack lagi.
c. Mendapatkan buff movement speed dan shield dari skill 2
d. Dapat membunuh hero marksman, assassin, dan mage, ataupun hero – hero yang memiliki health kertas

Kekurangan

a. Ultimate chang’e sangat mudah untuk dihindari
b. Jika lawan memakai Lolita, maka chang’e tidak akan berguna dalam match tersebut
c. Semua skill damage akan sangat bergantung kepada buff skill 2 nya chang’e
D. Buff dari Chang’e akan hilang jika shield yang diterimanya habis, dan damage yang dikeluarkannya akan berkurang 60%

BACA JUGA  Daftar Harga HP Samsung Dan Spesifikasi Terlengkap Tahun 2019

8. Nana

Salah satu hero support yang telah ada semenjak awal permainan Mobile legend, Hero ini telah mengalami rework 3 kali. Dimana rework pertama mengubah skill 2nya, rework kedua mengubah skill ultimatenya, dan rework ketiga yang sekarang ini mengubah skill passivenya. Skill dari Nana, sendiri dihadapkan pada crowd control untuk membuat musuh menjadi kurang berguna dalam team fight. Sayangnya nana sangat mudah untuk dibunuh, dan karena itulah pada update rework tersebut. Moonton memberikan rework passive, dimana jika health nana mencapai 0%, ia akan berubah menjadi sebuah rakun kecil yang akan immune dari semua damage selama beberapa detik, movement speed akan meningkat dan nana dapat dengan mudah kabur dari pertempuran tersebut. Selain itu, nana mendapatkan buff pada skill 1 nya, yaitu penambahan damage pada bumerang yang dimilikinya.

Kelebihan

a. Nana, semakin susah untuk dibunuh.
b. Dapat lebih mudah clear minion dan defense tower.
c. Nana akan semakin menjengkelkan dalam 1 match

Kekurangan

Sebenarnya tidak ada kekurangan yang signifikan dalam rework nana, jikalau ada hanya lah kemampuannya untuk memberikan gold pada satu team setiap 10 detik hilang.

9. Kaja

Kaja adalah salah satu hero yang mendapatkan rework yang paling parah diantara semua rework tersebut. Dulunya kaja dianggap sebagai tank. Namun sekarang ini kaja menjadi Support/Fighter yang dapat membunuh hero apapun dengan sekali combo. Uniknya lagi, skill yang dimilikinya sekarang ini, juga berfokus dalam membunuh hero dan kabur. Kaja mendapatkan rework semuanya mulai dari skill passive hingga activenya. Passivenya mendapat tambahan damage yang dapat menjalar. Di early game, skill passivenya sangat menjengkelkan yang dapat membunuh hero musuh dengan sekali sambet. Skill 1 tidak mengalami perubahan, namun menambahkan efek cd reduction untuk skill passivenya. Skill 2nya mendapatkan rework skill dash dimana ia akan mengeluarkan bola listrik yang akan memberikan damage ketika disentuh, dan skill activenya tetap sama. Kaja menjadi fighter yang mematikan di dalam game tersebut.

Kelebihan

a. Memiliki tambahan damage di early game dan late game
b. Dapat membunuh, menciduk, dan memberikan damage untuk hero apapun dengan mudah.

Kekurangan

a. Masih banyak user yang mengira Kaja sebagai tank, built item yang mereka pakai masih berupa built item tank yang lebih fokus pada durabilitas daripada damage
b. Kaja akan lebih mudah dibunuh di late game, jika anda kurang berhati – hati.


Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan 9 rework hero mobile legend yang terbaru. Nah, bagaimana menurut kalian brott? Apakah kalian setuju dengan artikel diatas?

Baca lagi artikel terkait Mobile Legend lainnya dan artikel dari penulis kita Jay.
Follow Facebook Fanpages Gamebrott Mobile Legends untuk Memes, Video, dan Artikel lainnya


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item