Inilah Peraturan Menteri Mengenai Rating Game Tahun 2024!

Peraturan Menteri Klasifikasi Game Rating Game

Peraturan Menteri Rating Game – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) telah mirilis Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2024 yang mengatur klasifikasi rating game untuk Indonesia. Sistem tersebut dikenal dengan nama Indonesia Game Rating System (IGRS) dan dibuat pada bulan Januari 2024 kemarin.

Indonesia Game Rating System atau IGRS sendiri merupakan sistem klasifikasi untuk rating game di Indonesia. sistem Rating ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan mengkategorikan game berdasarkan kelompok usia.

PERMEN ini tentunya merupakan langkah penting dalam industri game untuk memastikan game-game yang hadir di Indonesia memiliki klasifikasi yang sesuai dengan kelompok usia pengguna dan menjadi panduan masyarakat.

Peraturan Menteri Mengenai Rating Game Tahun 2024 ada 5 Kelompok

Dibuat Pada Januari 2024 Kemarin

Klasifikasi rating game di indonesia sendiri berdasarkan peraturan dikategorikan berdasarkan rentang usia pengguna yaitu dimulai dari usia 3 tahun ke atas hingga 18 tahun ke atas. Hal ini tentunya memudahkan masyarakat untuk menentukan game yang sesuai untuk dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa.

Game-game yang beredar di indonesia harus melakukan klasifikasi paling lambat 2 tahun sejak peraturan telah resmi dimana deadline berada pada Januari 2026. Game-game ini harus mengikuti standar yang telah ditetapkan kementerian.

Berdasarkan Pasal 8 dari peraturan tersebut, Gim diklasifikasikan berdasarkan kelompok usia Pengguna yang terdiri atas: a. kelompok usia 3 (tiga) tahun atau lebih; b. kelompok usia 7 (tujuh) tahun atau lebih; c. kelompok usia 13 (tiga belas) tahun atau lebih; d. kelompok usia 15 (lima belas) tahun atau lebih; dan e. kelompok usia 18 (delapan belas) tahun atau lebih.

Untuk klasifikasi game untuk masing-masing kategori, berikut adalah peraturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Kominfo:

Usia 3 Tahun atau Lebih

Gim yang diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 3 (tiga) tahun atau lebih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf a harus memenuhi kriteria:

Usia 7 Tahun atau Lebih

Gim yang diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 7 (tujuh) tahun atau lebih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf b harus memenuhi kriteria:

Usia 13 Tahun atau Lebih

Gim yang diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 13 (tiga belas) tahun atau lebih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf c harus memenuhi kriteria:

Selain kriteria sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Gim yang diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 13 (tiga belas) tahun atau lebih dapat:

Usia 15 Tahun atau Lebih

Gim yang diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 15 (lima belas) tahun atau lebih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf d harus memenuhi kriteria:

Selain kriteria sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Gim yang diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 15 (lima belas) tahun atau lebih dapat:

Usia 18 Tahun atau Lebih

Gim diklasifikasikan ke dalam kelompok usia 18 (delapan belas) tahun atau lebih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf e dalam hal:

Game yang tidak dapat diklasifikasi

Gim tidak dapat diklasifikasikan apabila memuat konten:

Negara Lainnya Juga Punya Sistem Rating Sendiri

Klasifikasi Rating Cero Di Jepang

Di luar Indonesia, sistem rating game sendiri merupakan hal yang penting sebelum game dapat rilis secara publik. Setiap negara juga memiliki rating mereka seperti Australia, Korea Selatan, dan Jepang.

Sementara itu beberapa negara lainnya seperti Austria juga memiliki peraturan khusus terkait game. Austria sendiri memiliki peraturan mengenai sistem Lootbox atau microtransactions dalam sebuah game.

Dan saat ini, Indonesia sudah mulai menerapkan standar terbarunya dengan adanya PERMEN nomor 2 tahun 2024 ini. Selain Kementrian Komunikasi dan Informatika, masyarakat juga turut andil dalam klasifikasi game.

Dalam Pasal 19 di peraturan ini, Masyarakat dapat menyampaikan atau melakukan pengaduan jika klasifikasi game tidak sesuai. Hal ini merupakan hal positif terutama untuk game-game yang terindikasi dapat mengganggu kenyamanan ataupun membawa dampak buruk.

Untuk informasi lengkap mengenai peraturan menteri terbaru ini, kamu dapat mengaksesnya melalui tautan situs resmi Menkominfo berikut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version