Rakitan PC di Bawah 4 Juta, Build Murah Meriah yang Bisa Gaming

Pc Di Bawah 4 Juta

Pc Di Bawah 4 Juta

Mencari rekomendasi PC di Bawah 4 Juta tentunya cukup menantang untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan PC Gaming di kisaran tersebut pada umumnya memiliki spek di bawah rata-rata dan hanya dipakai untuk tuntaskan pekerjaan harian.

Pada kesempatan kali ini, tampaknya kita harus berterima kasih pada evolusi di dunia teknologi di mana komponen yang tersedia sudah bisa jalankan bermacam game dan aplikasi content creation tanpa masalah.

Penasaran ‘kan apa-apa saja komponen tersebut? Yuk, kita ulik bersama!

Inilah Daftar Komponen untuk Rakit PC di Bawah 4 Juta

Perlu dicatat bahwa semua harga yang kami tulis pada artikel ini adalah per 27 Desember 2022, dan tidak tutup kemungkinan potensi adanya beda dalam beberapa waktu akan datang. Gak usah pake lama, simak deretan komponen PC Gaming di bawah ini untuk menambah daftar referensi.

Prosesor

Gak lebay rasanya kalau kami rekomendasikan prosesor kubu merah untuk temani racikan PC di Bawah 4 Juta ini. Untuk mentenagai komputer murah meriah tersebut, kami akan rekomendasikan AMD Ryzen 5 4600G yang memiliki 6 core dan 12 thread, dan diperkuat integrated Radeon Vega 7.

Kalau kalian kepo dengan skor Passmark-nya, prosesor ini memiliki 15.701 yang tentunya lebih dari cukup untuk temani komputasi harian di zaman now. Sama halnya kemampuan integrated-nya yang penulis kira masih mampu mainkan game sekelas Genshin Impact tanpa masalah.

Kalian bisa mendapatkannya di kisaran IDR 1.700.000 yang tentunya cukup menarik untuk saat ini.

Motherboard

Untuk temani eksistensi dari PC Gaming Murah ini, komponen lain yang tak boleh luput kami rekomendasikan adalah motherboard. Di mana kami lebih memilih brand Asrock dengan chipset X370M yang lebih dari cukup untuk diandalkan dalam selesaikan komputasi harian.

Colokan pada motherboard ini pun bisa dikatakan cukup memadai untuk komputer rumahan. Di mana terdapat setidaknya empat USB 3.0, dan dua USB 2.0, yang bolehkan kalian colok peripheral kesayangan kalian tanpa masalah.

Alasan kami lebih memilih chipset X370 adalah dikarenakan chipset A520 justru akan membatasi potensi prosesor yang kamu beli. Sama halnya dengan dukungan kecepatan dari RAM yang akan sulit tembus 3.200MHz secara default.

Kalian bisa mendapatkan motherboard ini di kisaran IDR 800.000 di e-commerce kesayangan.

RAM

Berdasarkan standar komputer di zaman now, minimal RAM yang ideal untuk sehari-hari biasanya adalah 2x8GB alias 16GB. Jadi, untuk racikan PC di Bawah 4 Juta ini akan kami coba tambahkan RAM sebesar 16GB supaya relevan terhadap zaman.

Sebenarnya tidak masalah kalian mau RAM dengan brand apapun, selama kecepatan RAM tersebut ada di kisaran 3.200MHz dengan CAS Latency ada di bawah 20 untuk potensi maksimal dari prosesor yang kita beli.

Umumnya, kalian bisa cek e-commerce dan dapatkan RAM tersebut di kisaran IDR 600.000 saja.

Penyimpanan

Let’s be honest, yang namanya PC Gaming Murah tentunya lebih mementingkan murahnya daripada harus capek debat kusir dengan orang komunitas. Namun semua itu harus ditebus dengan kesiapan kalian untuk lakukan backup data ke HDD eksternal (bila ada), atau secara cloud.

Untuk memaksimalkan port yang ada pada motherboard kalian, maka kami akan rekomendasikan untuk gunakan M.2 NVMe karena akan lebih simpel. Kalian bisa mendapatkan M.2 NVMe 512GB semurah IDR 450.000 dan setidaknya di backup garansi beberapa tahun.

PSU

Sama halnya dengan power supply atau PSU, di mana bila melihat spek di bahasan ini, kami akan rekomendasikan PSU Enlight Black Silver. Besaran dayanya pun tak usah besar-besar amat dan beralasan bakal lakukan upgrade ke depannya, karena belum tentu mereka yang memiliki budget mepet bakalan bisa menahan diri.

Jadi, kalian bisa mendapatkan PSU ini sekitar IDR 360.000-an, dan bisa tenang karena setidaknya barang baru dan garansi.

Case

Untuk case, kita cukup alokasikan sekadarnya karena yang kita butuhkan hanya sebatas rumah untuk ditempati oleh komponen yang kita miliki. Alokasi sekitar IDR 50.000-an kami rasa sudah lebih dari cukup untuk rumah PC di Bawah 4 Juta karena alokasi dana yang mepet.

Pastikan kalian telah membersihkannya dengan baik yah, brott!

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi komponen yang dapat kalian kombinasikan, atau jadi referensi sebelum benar-benar membelinya. Kalau ditotal, semuanya hanya membutuhkan dana kurang dari 4 Juta Rupiah, atau tepatnya adalah IDR 3.960.000. Kembaliannya bisa kalian belikan snack untuk temani proses perakitan.

Gimana, tertarik untuk mencobanya? Alternatif lain semacam Asrock X300 ada sih, tapi bakalan melar, dan kurang tepat sasaran, brott.



Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version