10 Rekomendasi Prosesor AMD Ryzen Terbaik di Tahun 2022 dari Termurah Sampai dengan Termahal

Amd Ryzen

Amd Ryzen

Berbicara prosesor kubu merah, yang terpikirkan oleh awam tentu tidak lain dan tidak bukan AMD Ryzen. Ya, prosesor kubu merah yang sampai detik ini masih termasuk bandel untuk temani aktivitasmu kini kami buat rekomendasinya.

Berbicara kemampuan, kami merasa tidak ada yang menyangsikan kemampuan dari prosesor ini meski dalam keadaan stock. Selain itu, masalah overheat sudah tak ditemui dari generasi awal dari AMD Ryzen tersebut.

Oke, daripada makin penasaran, inilah 10 rekomendasi Proseor AMD Ryzen, mulai dari yang termurah AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7, sampai yang termurah di AMD Ryzen 9.

Alasan Masih Banyak yang Menyukai AMD Ryzen

Sebenarnya alasan di balik orang yang menyukai prosesor dari kubu merah ini benar-benar simpel, yaitu ‘murah’. Berdasarkan benchmark yang dapat kalian baca dan tonton di internet, prosesor AMD Ryzen direkomendasikan berkat mampu tawarkan kinerja yang pas.

Meski beberapa waktu silam banderol dari prosesor 5000 Series sempat tidak masuk akal, kini mulai ‘membaik’ berkat rilisnya prosesor Intel Generasi Ke-12. Untuk dapat mencapai banderol yang kami tulis di artikel ini pun benar-benar memakan waktu loh, brott.

Berdasarkan observasi dari penulis, setidaknya satu tahun semenjak peluncuran perdana dari 5000 Series untuk dapatkan pasarnya kembali di tanah air. Meski kemampuannya tak lebih baik dari Generasi Ke-12 dari Intel, harganya berhasil buat orang kembali incarnya.

Deretan Prosesor AMD Ryzen Terbaik

Meski bisa dikatakan menang di banderolnya yang cukup murah, namun kemampuan dari prosesor AMD Ryzen tak boleh diremehkan. Selain itu, harus dicatat bahwa kebanyakan prosesor kubu merah ini ‘biasanya’ menang di jumlah core dan thread, jadikannya teman produktivitas yang lumayan.

Mulai dari AMD Ryzen 3, 5, 7 dan 9, yang semuanya tawarkan niche-nya tersendiri. Ditambah kehadiran integrated yang termasuk kuat bahkan untuk mainkan games sekelas Genshin Impact dan Apex Legends.

Yah, mungkin ditambah fakta bahwa maskot dari AMD Ryzen bernama Ryfa dan Zenka yang waifu-able, jadikan list ini makin komprehensif.

1. AMD Ryzen 3 3200G (IDR 1.650.000)

Memulai rekomendasi prosesor kubu merah dari kelas termurah, tampak dimasuki prosesor yang cukup solid untuk sehari-hari, yakni 3200G. Dibekali integrated, prosesor ini dapat eksekusi bermacam games pada resolusi yang ditentukan.

3200G tawarkan 4 Core dan 4 Thread, termasuk standar minimal di zaman now untuk dapat jalankan games atau aktivitas lainnya secara efisien. Embel-embel termurah boleh banget dilekatkan pada prosesor yang sama sekali tak butuhkan kartu grafis alias GPU untuk dapat tampilkan gambar.

2. AMD Ryzen 5 4500 (IDR 1.500.000)

Rekomendasi prosesor kedua dari kami yang ‘masih’ di tier termurah ialah prosesor AMD Ryzen 5 4500. Meski butuhkan GPU tambahan, prosesor yang luncur pada bulan empat di tahun 2022 ini tawarkan kemampuan komputasi yang termasuk lumayan.

Kehadiran 6 Core dan 12 Thread pada prosesor ini diyakini mampu eksekusi bermacam kebutuhan. Banderol yang cukup murah pada prosesor kubu merah ini masih lekat akan embel-embel termurah.

3. AMD Ryzen 5 5600G (IDR 2.150.000)

Di posisi ketiga, prosesor 5000 Series dari AMD yang ditandem integrated ini boleh jadi opsi tersolid. Selain tawarkan arsitektur lebih modern, kemampuan dari prosesor satu ini tak usah diragukan, brott.

Hadirkan 6 Core dan 12 Thread, dikombinasikan integrated terbaru AMD, kami cukup yakin bahwa prosesor di mana ini adalah standar terendah untuk dapat gunakan komputer secara maksimal.

4. AMD Ryzen 7 5800X (IDR 3.870.000)

Tadaa! Urutan berikutnya tak diisi oleh prosesor ‘terkuat’ yang tawarkan integrated, 5700G. Alih-alih rekomendasikan prosesor yang tak terlalu beda di atas kertas, kami rekomendasikan alternatif lain yang lebih worth it.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

5800X berikan 8 Core dan 16 Thread, termasuk banyak, namun sudah tampak tak terlalu ‘wah’ karena kompetitornya lakukan hal serupa, menambahkan Core dan Thread. Meski luncur dua tahun silam, namun kinerja dari prosesor ini masih bisa dikatakan relevan sampai detik ini.

5. AMD Ryzen 5 7600X (IDR 5.200.000)

Prosesor AMD Ryzen 5 7600X yang merupakan prosesor keluaran terbaru ini tampaknya boleh jadi kandidat kuat untuk kasta ‘Menengah’. Prosesor yang dibekali teknologi anyar dari AMD dan integrated tersebut boleh jadi bahan evaluasi.

Meski hanya tawarkan 6 Core dan 12 Thread, namun kehadiran dari integrated seadanya pada prosesor tersebut boleh jadi solusi sementara, terlebih bila masih galau mencari GPU. Kebetulan, kami memiliki deretan GPU NVIDIA Terbaik, sekadar tambah satu dua referensi.

6. AMD Ryzen 9 5900X (IDR 5.900.000)

Berada di kisaran tepat di bawah 6 Jutaan Rupiah, 5900X yang cocok untuk sempurnakan setup-mu ini dapat kamu jadikan alternatif. Meski sudah miliki nomor ‘9’ di belakangnya, namun kami merasa bahwa prosesor ini hanya kasta ‘Menengah’ di tahun ini.

Lalui prosesor ini, AMD hadirkan 12 Core dan 24 Thread yang tentunya dapat kamu jadikan investasi untuk mudahkan produktivitasmu beberapa waktu kedepan. Meski tak disertakan integrated, namun menurut kami hal ini takkan jadi masalah karena kebanyakan yang membeli prosesor ini miliki GPU.

7. AMD Ryzen 7 7700X (IDR 6.900.000)

Ryzen 7700x Amd

Turun ke Ryzen 7, prosesor yang gunakan socket AM5 ini tampaknya boleh jadi solusi tepat untukmu yang tertarik coba teknologi terbaru AMD. Meski hanya Ryzen 7, namun 7700X diklaim lebih kuat dari prosesor terdahulu.

Tawarkan 8 Core dan 16 Thread termasuk integrated ‘seadanya’, dan berdasarkan situs ini, prosesor ini secara teknis berimbang dari 5900X. Upaya AMD dalam hadirkan integrated ‘seadanya’ tersebut bolehkan konsumen untuk manfaatkan prosesor tersebut sembari nantikan GPU incaran.

8. AMD Ryzen 9 5950X (IDR 7.825.000)

Mulai memasuki kasta ‘Sultan’, prosesor AMD Ryzen 9 5950X ini tampaknya masih boleh masuk ke dalam rekomendasi ini. Prosesor yang berada di puncak platform AM4 ini tampaknya takkan kehilangan kekuatannya dalam beberapa tahun mendatang.

Goda 16 Core dan 32 Thread, prosesor satu ini masih dijadikan patokan PC ‘Sultan’. Luncur dua tahun silam, namun prosesor ini seolah tak mau serahkan tahta prosesor AMD terkuat.

9. AMD Ryzen 9 7900X (IDR 9.500.000)

Kami dapati rekomendasi prosesor kubu merah lainnya ditempati oleh 7900X. Prosesor yang tawarkan 12 Core dan 24 Thread dan hanya bisa gunakan memory DDR5 tersebut

Berdasarkan NanoReview, kemampuan dari 7900X berhasil lewati 5950X meski tipis. Mulai dari single-core dan multi-core, 7900X berhasil sabet tahta dari prosesor generasi terdahulu, meski tak mudah-mudah amat.

10. AMD Ryzen 9 7950X (IDR 12.000.000)

Menutup rekomendasi prosesor AMD Ryzen ini diisi oleh prosesor andal dari AMD saat ini, yaitu 7950X. Total 16 Core dan 32 Thread yang cukup masif dan ditandem oleh memory DDR5 boleh jadi evaluasi ketika akan Rakit PC.

Berdasarkan CPUBenchmark, prosesor ini berhasil lewati prosesor generasi terdahulu dan selisih 23%. Masih berdasarkan situs tersebut, prosesor ini berhasil tempati top three dari semua prosesor yang didominasi oleh kubu Intel.

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi prosesor kubu merah yang dapat kalian beli. Gimana, apakah kalian tertarik untuk memilikinya ketimbang prosesor kubu biru Intel?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version