Tips Memilih Casing PC Gaming Terbaik Biar Sesuai Kebutuhan Kalian!

Casing Pc Gaming

Casing Pc Gaming

Mencari Casing PC Gaming yang sesuai dengan kebutuhan dalam rakit-merakit komputer, membutuhkan satu dua referensi supaya tak sesal di kemudian hari. Hal ini dikarenakan masih banyak sekali orang yang asal beli Casing PC Gaming Murah, karena kehadiran case tak lebih dari sekadar estetik.

Tenang, inilah tips memilih Casing PC Gaming yang kalian nanti-nanti.

Casing PC Gaming Murah Gak Kalah Keren

Dalam memilih Casing PC, tidaklah sedikit yang bakal rekomendasikan case haruslah mahal untuk berikan kesan premium nan mewah. Demi memberikan prestige, tidaklah sedikit mereka yang coba membeli case jutaan demi memberikan kesan tersendiri.

Kendati demikian, inilah tips memilih mana case terbaik untuk diisi komponen yang telah kalian tabung bertahun-tahun lamanya:

1. Harus Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Faktor utama dalam mencari Casing PC Gaming Terbaik 2022 tidak lain dan tidak bukan haruslah miliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan temperatur pada komputer akan terus terakumulasi dan meroket bila tak memiliki sirkulasi udara atau airflow yang baik.

Bahkan meski kita hanya gunakan spek yang bisa dikatakan pas-pasan seperti spek komputer penulis, namun kita tak boleh acuh blas karena suhu panas akan berdampak pada performa komputer secara keseluruhan. Kalau spek biasa aja udah panas, gimana dengan yang speknya mantap yah, brott?

2. Harus Memiliki Ruang untuk Fan Case

Nah, harus dicatet nih ya brott, kalau menurut penulis, sebuah case PC Gaming itu setidaknya harus memiliki satu fan intake untuk memasukkan udara dingin, dan satu fan exhaust untuk membuang udara panas.

Hal ini dikarenakan adanya sirkulasi udara yang membuat udara panas takkan terkurung di dalam case dan terakumulasi yang bisa sebabkan throttling pada komputer kesayangan. Jadi, sebuah case komputer haruslah memiliki ruang untuk fan case.

3. Pastikan Ukuran Case Pas untuk Komponen yang Dibeli

Asumsikan kalian membeli heatsink jenis dual-tower. Tentunya kalau kalian tak terlalu dalam riset (alias asal checkout) sebelum membeli case, akan keringat dingin apakah heatsink tersebut bakalan muat pada casing yang baru saja kalian beli.

Padahal, memastikan ukuran case yang pas dan ideal adalah hal vital supaya hal semacam ini tak terjadi. Menariknya, tidaklah sedikit kasus di mana orang yang kembali menjual komponen yang telah mereka beli sebelumnya dikarenakan selisih dalam hitungan milimeter dan tak bisa masuk ke dalam case-nya.

Hal ini pun berlaku untuk media penyimpanan semacam hardisk konvensional yang tentunya memakan tempat. Yah, setidaknya bisa muat satu atau dua hardisk ukuran 3.5” atau dua SSD pun bisa dikatakan cukup memadai kok, brott.

4. Harus Memiliki Cable Management yang Baik

Faktor berikutnya ketika kita mencari casing untuk PC Gaming antara lainnya adalah pastikannya memiliki cable management yang baik. Meski hal ini terkesan remeh, tapi dampaknya cukup besar, setidaknya menurut pengamatan penulis selama merakit komputer.

Kehadiran fitur cable management setidaknya mampu membuat tampilan dalam ke casing lebih enak dipandang. Tidak hanya itu, kabel yang diatur sedemikian rupa bahkan boleh turunkan suhu sekian derajat karena sirkulasi udara yang (mungkin) ada bisa lebih dimaksimalkan potensinya.

5. Cari Casing PC Gaming yang Bahannya Tebal

Meski Casing PC umumnya tak sering berpindah lokasi, namun tidak ada salahnya untuk mencari case yang bahannya tebal. Selain memberikan daya tahan lebih, bahan yang tebal akan memberikan kesan kokoh dan tak mudah peyot bila kita atau orang lain tak sengaja merusaknya.

Setidaknya, carilah case yang memiliki ketebalan setidaknya 0,5mm supaya memiliki daya tahan yang baik ketimbang case murah yang umumnya hanya memiliki ketebalan sekitar 0,2-0,3mm. Toh, secara harga tak terpaut jauh, jadi menurut penulis tak ada masalah sama sekali kok mencari mana yang lebih baik.

6. Cari yang Pilihan Warnanya Banyak

Selain hal remeh di atas, tips memilih Casing PC Gaming Terbaik berikutnya adalah mencari mana yang memiliki pilihan warna terbanyak. Walau ini benar-benar murni preferensi, namun banyaknya alternatif warna tentunya bolehkanmu sesuaikannya dengan setup impianmu selama ini.

Umumnya, warna teraman (dan terbanyak dipakai) untuk kalian coba pakai adalah hitam atau putih. Selain lebih universal, kebanyakan dari kita akan merasa lebih nyaman dengan warna standar tersebut.

Namun, seiring waktu tidaklah sedikit orang-orang yang coba cari warna lain untuk kemudian disesuaikan dengan setup miliknya.

7. (Gak) Harus Menawarkan Banyak Konektor

Konsep dari case PC Gaming biasanya harus memiliki banyak konektor, khususnya pada front panel. Di mana meski cukup niche, namun kehadiran colokan USB setidaknya 2 atau 3 kami rasa akan dapat memudahkanmu ketika harus mencolok bermacam komponen eksternal.

Yang harus ditekankan adalah tidak semua orang akan menyukai banyaknya konektor di front panel mereka, entah karena alasan estetika, atau tak bakal dipakai, dikarenakan semua hal tersebut bakal kembali ke preferensi.

Nah, itulah dia tips memilih Casing PC Gaming Terbaik 2022 yang bisa kamu terapkan ketika merakit komputer idaman.

Kami harap artikel ini dapat membantu kalian untuk mnenentukan casing terbaik yah, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version