Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati!

Yu-Gi-Oh Master Duel Tips

Belakangan ini, para gamer di seluruh dunia sedang heboh bermain sebuah game ber-genre card game dari franchise populer berjudul Yu-Gi-Oh Master Duel. Para pemain atau dalam hal ini para Duelist bersaing satu sama lain dengan menggunakan Deck mereka agar menjadi yang terbaik. Dan saat ini, tips Yu-Gi-Oh Master Duel sudah ada banyak sekali untuk para pemain baru ataupun pemain Veteran YuGiOh.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk para pemain baru. Tips ini berdasarkan pengalaman bermain penulis dan juga berbagai informasi serta rekomendasi dari pemain lain dalam komunitas YuGiOh. Ada banyak tips bagi para pemain baru yang berfokus pada segala hal baik itu fitur permainan, gacha Pack dan juga rekomendasi hal yang harus dilakukan pertama kali oleh mereka di Yu-Gi-Oh Master Duel.

Inilah tips bermain game Yu-Gi-Oh Master Duel untuk pemain baru menjadi seorang Duelist sejati!

Daftar Tips Yu-Gi-Oh Master Duel

1. Tips Seputar Kartu yang Dimainkan
2. Pack di Yu-Gi-Oh Master Duel
3. Tentang Gem di Yu-Gu-Oh Master Duel
4. Early Game Yu-Gi-Oh Master Duel
5. Crafting Kartu atau Gacha Pack?
6. Istilah di Yu-Gi-Oh Master Duel
7. Deck Terbaik Yu-Gi-Oh Master Duel

1. Yu-Gi-Oh Master Duel Tips – Seputar Kartu yang Dimainkan

Pembahasan pertama yang akan saya jelaskan adalah mengenai kartu-kartu di Yu-Gi-Oh Master Duel. Saya akan fokus membahas mengenai hal-hal yang sering dipertanyakan oleh pemain atau Duelist baru, mulai dari cara mendapatkan kartu, macam-macam rarity kartu dan sistem Crafting Card dalam game YuGiOh Master Duel.

Cara Mendapatkan Kartu Baru Yu-Gi-Oh Master Duel

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 18

Pada saat pertama kali bermain game Yu-Gi-Oh Master Duel, kalian akan diajarkan beberapa permainan dasar pada game, seperti menurunkan monster ke Field, menggunakan Spell dan memahami Main Phase, Battle Phase serta End Phase. Setelah itu, kalian akan mendapatkan Started Deck secara gratis dari game yang bisa digunakan pada game.

Bagi pemain baru, mungkin muncul pertanyaan mengenai, “bagaimana cara mendapatkan kartu baru di Yu-Gi-Oh Master Duel?”. Ada berbagai cara untuk mendapatkan kartu baru dalam game, seperti:

Macam-Macam Rarity Kartu, Persentase Gacha dalam Game

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 19

Berbicara mengenai Rarity, Yu-Gi-Oh Master Duel menghadirkan beberapa tingkat yang perlu kalian ketahui. Rarity suatu kartu terdiri dari 4 macam, yaitu Normal (N), Rare (R), Super Rare (SR) dan Ultra Rare (UR).

Untuk membantu dan mengetahui persentase pemain bisa mendapatkan kartu lewat gacha pada Shop, kalian bisa melihatnya pada Pack yang bersangkutan dengan klik fitur “Odds” dalam game.

Sebagai tambahan, jika kalian membeli atau gacha kartu tarik 10 tidak memiliki kartu UR sama sekali, maka tarik 10 selanjutnya dijamin akan muncul kartu UR.

Tips Yu-Gi-Oh Master Duel – Foil Card

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 20

Sama seperti game TCG atau CCG pada umumnya, dalam game ini juga tersedia kartu-kartu yang memiliki penampilan yang berbeda dibandingkan dengan kartu yang sama. Kartu tersebut adalah Foil Card.

Yu-Gi-Oh Master Duel menghadirkan Foil Card yang memiliki keistimewaan dimana kartu tersebut memiliki “Finish” yang tidak ada pada kartu biasa yang sama. Ada 2 macam Foil Card dalam game, yaitu Glossy Finish dan Royal Finish. Glossy Finish memiliki tulisan berwarna Silver dan kartu terlihat lebih mengkilap. Sementara Royal Finish lebih mewah dimana kartu tersebut berwarna-warni seperti pelangi.

Tips YuGiOh Master Duel – Sistem Crafting Kartu

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 21

Selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai sistem Crafting Card yang ada di game Yu-Gi-Oh Master Duel. Sesuai namanya, Crafting merupakan fitur dimana kalian bisa membuat kartu yang diinginkan. Untuk bisa membuat kartu, kalian membutuhkan Crafting Point sesuai dengan tingkat Rarity kartu yang kalian buat.

Sementara itu, kalian juga bisa Dismantle atau membakar kartu yang kalian inginkan jika dirasa kartu tersebut tidak digunakan atau tidak sesuai dengan permainan maupun deck yang kalian gunakan. Setiap kartu yang Dismantle, kalian akan mendapatkan Crafting Point sesuai dengan Rarity. Misalnya kalian Dismantle kartu Common atau UR, maka kalian akan mendapatkan Crafting Point sesuai dengan Rarity kartu tersebut.

Sementara itu, dianjurkan kalian untuk tetap menyimpan Crafting Point jenis UR. Itu karena poin tersebut paling sulit didapatkan dalam game. Akan lebih bijak kalian menggunakan poin kartu UR tersebut untuk membuat kartu yang bagus atau paling sering digunakan dalam berbagai macam kondisi maupun deck.

Berbeda dengan Crafting Point SR yang sedikit lebih muda mendapatkannya dibandingkan dengan UR. Sementara Crafting Point Normal dan Rare sangat mudah didapatkan karena kalian akan sering mendapatkan jenis kartu mereka setiap kali gacha pack

2. Tentang Pack di Yu-Gi-Oh Master Duel

Setelah sebelumnya saya menjelaskan tentang Pack yang ada di Yu-Gi-Oh Master Duel, saya akan memberikan beberapa tips untuk pemain baru seputar fitur tersebut.

Jenis Pack di Yu-Gi-Oh Master Duel

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 22

Pada saat artikel ini ditulis (26/1), ada berbagai macam Pack yang tersedia di Shop dalam game, seperti:

Apa Itu Secret Pack di Yu-Gi-Oh Master Duel?

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 23

Selanjutnya saya akan membahas mengenai Secret Pack yang ada di YuGiOh Master Duel. Secret Pack adalah kumpulan kartu-kartu spesial yang terdiri dari tipe kartu Archetype. Pack ini sangat direkomendasikan oleh para Duelist jika kalian sedang menyusun Deck dengan kartu tertentu yang memiliki efek sesuai dengan Archetype yang kalian butuhkan.

Pada saat kalian gacha Secret Pack, 4 kartu pertama setiap Pack akan menghadirkan kartu yang berasal dari Master Pack. Dan 4 kartu lainnya di Pack yang sama merupakan Subset dari Master Pack.

Suatu Secret Pack akan terbuka jika kalian mendapatkan kartu SR ataupun UR yang berasal dari Pack tersebut. Selain itu, kalian bisa juga membuka Secret Pack tersebut dengan melakukan Crafting pada kartu SR ataupun UR yang berasal dari Pack itu juga. Ditambah dengan kalian akan mendapatkan gratis tarik 1 Pack dari sana.

Namun harap diingat bahwa Secret Pack hanya tersedia 24 jam setelah kalian membukanya. Batas waktu Pack ini akan di-refresh setiap kali kalian mendapatkan kartu dan Crafting kartu SR ataupun UR dari Secret Pack.

Dianjurkan Membeli Pack Tarik 10 Sekaligus

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 24

Sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa pemain dapat membeli atau gacha Pack tarik 1 dan tarik 10 sekaligus. Dengan adanya persentase atau “Odds” mendapatkan kartu yang berbeda-beda, maka berbeda pula hasil gacha antara tarik 1 dengan tarik 10.

Dianjurkan kalian selalu tarik 10 Pack dibandingkan hanya tarik 1 Pack di YuGiOh Master Duel. Itu karena setiap kalian tarik 10 Pack dengan 1000 Gem, dijamin kalian akan mendapatkan setidaknya 1 SR. Selalu ingat untuk memilih Secret Pack (setelah membukanya) karena Pack tersebut lebih berfokus pada tipe kartu Archetype dalam menyusun tipe permainan pada Deck.

Selain itu, game YuGiOh Master Duel memiliki semacam pity system dimana setiap kalian tarik 10 Pack memiliki kesempatan mendapatkan 1 kartu UR. Apabila kartu UR tersebut tidak muncul pada tarik 10, Pack maka ditarikan 10 Pack selanjutnya dipastikan kartu tersebut bisa kalian dapatkan

3. Tentang Gem yang Menjadi Item Penting dalam Game

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Gem yang menjadi item penting para pemain untuk bisa membeli atau nge-gacha kartu dalam Pack ataupun lainnya yang ada di Shop.

Cara Terbaik Mendapatkan Gem di Yu-Gi-Oh Master Duel

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 25

Gem adalah currency in-game untuk bisa membeli berbagai hal dalam game, mulai dari Pack, Duel Pass, Misi dan juga berbagai hadiah.

Kalian juga bisa menambahkan Gem dengan membelinya menggunakan uang asli. Ada berbagai macam paket Gem dengan jumlah dan juga harga sesuai dengan mata uang di tiap negara.

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 26

Harap diingat, setiap pemain bisa menyimpan Free Gem yang mereka dapatkan dalam game maksimal mencapai 10.000 Gem.

4. Tips Pemain Baru Yu-Gi-Oh Master Duel – Early Game

Dengan banyaknya fitur, jenis kartu, susunan Deck dan hal-hal pentingnya yang harus dipelajari pemain baru di game Yu-Gi-Oh Master Duel. Tidak sedikit pula mereka kebingungan terhadap apa harus dilakukan atau apa yang harus mereka fokuskan bermain game ini.

Selesaikan Tutorial dan Beberapa Campaign/Solo Mode dalam Game

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 27

Untuk pemain baru Yu-Gi-Oh Master Duel, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah selesaikan Tutorial dan beberapa Campaign atau Solo Mode dalam game. Dengan melakukan hal ini, kalian bisa menyelesaikan beberapa misi dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari kartu, Crafting Point sampai Gem.

Berdasarkan pengalaman penulis melakukan early game atau awal permainan di Yu-Gi-Oh Master Duel, kalian bisa mendapatkan banyak item dari Tutorial dan Campaign/Solo Mode, terlebih pada Gem. Diperkirakan kalian bisa mendapatkan sekitar +7000 Gem jika berhasil menyelesaikan Tutorial + 2 atau 3 Campaign/Solo Mode dalam game. Dengan total Gem tersebut, kalian bisa melakukan gacha tarik 10 Pack sebanyak 7 kali.

Craft Kartu pada Archetype yang Diinginkan untuk Membuka Secret Pack

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 28

Di komunitas YuGiOh Master Duel, para Duelist menyarankan pemain baru untuk memilih Archetype atau jenis Deck yang mereka inginkan, apakah mereka ingin bermain Aggro (bermain cepat), Control, atau tipe yang bisa Auto Win dengan syarat dan kondisi tertentu (uhuk Exodia). Ada banyak sekali tipe Archetype yang ada di game Yu-Gi-Oh Master Duel yang tidak bisa saya sebut satu per satu.

Maka dari itu, kalian bisa coba mencari informasi terlebih dahulu Archetype yang ingin kalian mainkan di internet. Jika kalian sudah mendapatkannya, kalian bisa menyusun Deck sesuai dengan Archetype yang diinginkan. Karena pada awal permainan kalian tidak memiliki beberapa kartu dari Deck pilihan, maka yang harus kalian lakukan adalah melakukan tips yang akan saya bahas selanjutnya.

Beli Pack untuk Membuka Archetype pada Secret Pack dari Kartu Tertentu

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 29

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Secret Pack adalah Pack yang akan terbuka apabila kalian mendapatkan kartu SR atau UR yang masuk dalam list tersebut dari Pack lain, apakah itu didapatkan dari gacha Pack tertentu ataupun lewat Crafting.

Untuk awal permainan kalian bisa nge-gacha 10 Pack pada salah satu dari sekian banyak yang tersedia (kecuali Secret Pack). Kemudian dari Pack tersebut akan terbuka Archetype pada Secret Pack-nya (selama mendapatkan kartu SR atu UR), maka kalian bisa melanjutkannya dengan gacha lagi di Pack tersebut.

Atau, kalian bisa langsung Crafting kartu SR dari Archetype yang diinginkan untuk membuka Secret Pack-nya. Cara ini lebih efektif ketimbang harus gacha dari Pack lain yang memiliki banyak daftar kartu dari berbagai Archetype di YuGiOh Master Duel.

Cara Menemukan Archetype pada Kartu yang Diinginkan

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 30

Jika kalian bingung mencari Archetype Secret Pack pada kartu incaran untuk membuat Deck yang kalian inginkan, caranya sangat mudah. Kalian masuk ke menu Deck, kemudian pilih Deck Editor. Dari sana, kalian bisa mencari kartu Archetype yang dicari sesuai nama kartunya. Setelah itu, kalian bisa pilih “How to Obtain” (ada di sebelah kiri paling bawah), nanti akan muncul Archetype Secret Pack yang harus kalian buka.

5. Lebih Baik Buat Kartu lewat Crafting atau Mendapatkannya melalui Gacha Pack?

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 31

Pada saat ingin membuat Deck, pasti pemain baru ada yang kebingungan terhadap kartu yang tidak mereka miliki dan cara mendapatkannya. Apakah lebih baik mereka membuat kartu tersebut lewat Crafting atau mendapatkannya melalui gacha Pack?

Untuk pertanyaan tersebut, itu tergantung pada kondisi kalian saat ini. Jika kalian ingin bermain Deck yang berfokus pada satu tipe Archetype, kalian bisa membuat salah satu kartu dari sekian banyak kartu yang berasal dari Archetype tersebut untuk membuka Secret Pack-nya. Hal ini bisa membantu kalian untuk fokus gacha pada Pack kartu Archetype yang ingin kalian buat Deck-nya. Daripada kalian harus gacha Pack dimana mendapatkan kartu dari sekian banyak secara random membuat Gem kalian habis di Pack lain.

Kemudian kalian harus fokus membuat satu Deck yang akan kalian gunakan untuk bermain di Ranked Duel melawan pemain lain. Usahakan Deck yang kalian mainkan lebih ramah dalam segi budget, baik itu Crafting Point dan juga Gem yang dibutuhkan untuk mendapatkan kartu-kartu dalam Deck dari berbagai macam Archetype.

Untuk Crafting kartu pun kalian tidak dianjurkan menghabiskannya secara asal-asalan. Apalagi harus menggunakan Crafting Point pada rarity SR dan UR. Pastikan kartu SR dan UR yang ingin kalian Crafting benar-benar berfungsi secara luas yang bisa digunakan dalam berbagai macam tipe Deck, Archetype dan fungsinya berdasarkan efek yang kartu.

Staple Card di Yu-Gi-Oh Master Duel

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 32

Dalam komunitas YuGiOh Master Duel, ada istilah yang namanya Staple Card atau kartu stabil bisa digunakan dalam berbagai kondisi seperti saya jelaskan sebelumnya. Membuat kartu Staple Card ini lebih direkomendasikan di-Crafting oleh para Duelist karena efek yang dia miliki.

Beberapa contoh Staple Card yang paling direkomendasi para Duelist yang dibuat melalui Crafting seperti Maxx “C”, Ash Blossom & Joyous Spring, Nibiru The Primal Being, Infinite Impermanence dan masih banyak lagi.

6. Istilah dalam Game Yu-Gi-Oh Master Duel yang Wajib Kamu Pahami!

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 33

Selanjutnya hal yang perlu kalian ketahui dalam tips Yu-Gi-Oh Master Duel adalah mengenal istilah yang sering digunakan oleh para Duelist. Selain Staple Card yang sudah saya jelaskan sebelumnya, ada istilah lain yang ada dalam permainan kartu ini, mulai dari OTK, FTK, META, Handtrap, Banlist dan masih banyak lagi.

7. Deck Terbaik Yu-Gi-Oh Master Duel

Inilah Tips Yu-Gi-Oh Master Duel untuk Pemain Baru Menjadi Seorang Duelist Sejati! 34

Tips selanjutnya yang akan saya berikan adalah para Duelist harus selalu mengikuti perkembangan deck terbaik Yu-Gi-Oh Master Duel. Informasi tersebut dapat membantu kalian untuk fokus bermain deck yang kalian inginkan dan kartu-kartu apa saja yang diperlukan untuk memainkan combo dari efek kartu-kartu tersebut.

Selain dari itu, kalian juga bisa mengetahui kartu-kartu dari deck lawan yang mereka mainkan. Dengan mengetahui 1 atau beberapa kartu yang mereka mainkan di awal, kalian bisa mempersiapkan diri melakukan counter untuk mengganggu jalannya permainan mereka.

Itulah informasi mengenai tips bermain game Yu-Gi-Oh Master Duel untuk kalian pemain baru menjadi seorang Duelist sejati. Kami akan terus memberikan update terbaru seputar game Yu-Gi-Oh Master Duel, mulai dari tips, tier list dan lainnya. Apakah kalian tertarik menjadi Duelist di game Yu-Gi-Oh Master Duel?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Yu-Gi-Oh Master Duel atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version