Iniliah 4 Alasan Mengapa VR Masih Belum Terlalu Dilirik Oleh Para Gamer!

in ,

Virtual Reality (VR) masih menjadi salah satu inovasi teknologi yang akan terus mengalami perkembangan. Namun sudah hampir selama 20 tahun sejak awal pengembangannya dan seharusnya akan menjadi game changer di dunia hi-tech sepertinya masih jauh dari yang diharapkan, tak terkecuali di dunia game.

Iniliah alasan mengapa VR masih “payah”:


1.Mahal Brott!

Untuk dapat menikmati VR, kamu harus siap-siap untuk merogoh dompet dengan jumlah yang tidak sedikit. Generasi baru yang akan rilis, Oculust Quest, dibuka dengan harga $400 atau kamu bisa memilih sesuatu yang lebih murah seperti Samsung VR diharga $130. Jika brott sekalian ingin sesuatu yang lebih “wow” gear kit Vive Pro dibuka dengan harga $1000.


2.Setup Ribet

Semakin dalam pengalaman VR yang ingin kamu nikmati, setup device, kabel dan segala tetek bengeknya menjadi sesuatu yang merepotkan.  Tentunya alasan inilah yang membuat para gamer masih kurang melirik teknologi ini, kamu hampir memerlukan lebih dari 3 device untuk memainkan game dalam mode VR dan tentunya hal ini sangat merepotkan bagi kalian yang sudah terbiasa main game dengan PC atapun PS4.


3.Menyebabkan Pusing

Device yang cukup berat membuat kepala pusing jika digunakan terlalu lama. Satu jam lebih saja kamu menggunakan VR headset, kepala akan terasa sangat berat saat dilepaskan. Wall street Journal pernah memberi peringatan bahwa VR dapat menyebabkan penikmatnya mual-mual, mata tegang, dan sakit kepala. Samsung dan Oculus tidak merekomendasikannya untuk digunakan oleh anak-anak, bagi orang dewasa dianjurkan untuk istirahat sekurang kurangnya 10 menit setiap penggunaan 30 menit. Hal ini berarti setiap jam menikmati pegalaman Virtual Reality, 20 menit terbuang untuk istirahat.


4.Games dan Software masih sangat terbatas

Kebanyakan games yang ditawarkan VR saat ini masih basic disbanding game-game yang ada di konsol atau Smartphone kamu. Game yang misalnya khusus dibuat untuk Playstation VR umumnya hanya bisa dimainkan menggunakan headset Playstation VR tersebut dan tidak dapat dimainkan menggunakan gear dari platform lain dan begitu juga sebaliknya.


Itulah alasan mengapa VR masih gagal dalam mengguncang dunia teknologi, Menikmati VR mungkin akan menjadi pengalaman yang menarik dan diimpikan banyak orang, namun saat ini mungkin masih berupa investasi yang buruk, semoga para pengembang teknologi VR dapat menyelesaikan isu-isu diatas ya brott.

Source: Tech Insider Youtube

Andi Permana

Written by Andi Permana

I am thou... Thou art I...