Tidak Hanya Trails Series, Inspirasi Honkai Star Rail Menjadi Turn Based RPG Berasal dari Persona 5

Inspirasi Honkai Star Rail Persona 5

Inspirasi Honkai Star Rail Persona 5 – Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa game terbaru miHoYo berjudul Honkai Star Rails terinspirasi dari game The Legend of Heroes Trails Series. Berbagai alasan menarik diungkap oleh Producer game dalam sebuah interview bersama dengan President dari Nihon Falcom selaku pemilik seri game Trails.

Ternyata tidak hanya Trails Series saja, game Persona 5 pun memiliki pengaruh besar bagi game terbaru miHoYo ini. Benarkah demikian? Yuk, kita cari tahu bersama!

Inspirasi Honkai Star Rail yang Paling Berpengaruh Berasal dari Persona 5

Inspirasi game baru miHoYo terbesar berasal dari game P5 milik Atlus

Berdasarkan informasi dari denfaminicogamer, sebuah interview antara David Jiang selaku Producer Honkai: Star Rail dengan Katsura Hashino Director dan Producer Persona Series membagikan banyak informasi menarik bagi para gamer.

Sama seperti interview terkait Trails Series sebelumnya, Producer game HSR memberikan pernyataan mengenai bagaimana tim developer mendapatkan banyak inspirasi dari turn based RPG populer. Termasuk juga salah satu seri Persona populer berjudul Persona 5

David Jiang mengatakan kalau dia telah memainkan game P5 dengan durasi lebih dari 150 jam. Bahkan di tim developernya sendiri, banyak dari mereka merupakan penggemar berat game tersebut atau bahkan dari seri Persona itu sendiri.

The Phantom Thief

Dari awal proyek Honkai: Star Rail dibuat berdasarkan seri Honkai, sang Producer mengatakan kalau timnya memutuskan membuat genre turn based RPG itu berkat Persona 5. Bahkan dia mengatakan P5 memiliki pengaruh besar dalam game ini.

Dia juga mengatakan bagaimana timnya berusaha memikirkan bagaimana game turn based RPG menjadi bagus sesuai dengan pasar game sekarang. Mereka harus memikirkan berbagai konsep yang disukai penggemar turn based RPG saat ini, mulai dari cerita, hubungan antar karakter, sistem pertarungan dan lainnya. Hal ini bertujuan agar mereka bisa memiliki target lebih tinggi dari game lainnya.

David Jiang menambahkan bagaimana dirinya memutar lagu-lagu Persona Series ketika sedang bekerja agar bisa termotivasi. Pernyataan ini langsung direspon oleh Katsura Hoshino dengan mengucapkan terima kasih.

Tempo Permainan Sangat Penting di Turn Based RPG

Gameplay P5

Katsura Hoshino memberikan tanggapannya mengenai perkembangan game turn based RPG saat ini seakan-akan telah digantikan oleh action RPG memberikan pengalaman yang lebih aktif bagi Player. Menurutnya, turn based RPG tidak akan menjadi genre yang ketinggalan zaman jika developer bisa membuat sesuatu yang menarik seperti “salah satu cutscene“.

Cutscene yang dimaksud adalah transisi bagaimana karakter bertarung, menggunakan skill, dan lainnya dengan berbagai macam teknik seperti yang ada di manga. Maka dari itu, di mata Katsura Hoshino, game turn based RPG tidak akan menjadi game yang ketinggalan zaman. Itu sebabnya game P5 tetap dibuat sebagai turn based RPG tanpa ragu.

Selain itu, sang Director juga menjelaskan bagaimana tempo permainan dalam game turn based RPG sangat penting. Mereka membuat game Persona 5 sebisa mungkin beroperasi dengan realistis dan efektif. Seperti pada ketika Player ingin menyerang ataupun menggunakan Persona dengan satu tombol.

Itulah informasi mengenai inspirasi Honkai Star Rail tidak hanya dari Trails Series saja, tapi juga dari game Persona 5 yang telah memberikan pengaruuh besar terhadap game terbaru miHoYo ini. Bagaimana menurut kalian dengan informasi ini dan tanggapannya setelah mencoba memainkan game Honkai: Star Rail?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Honkai Star Rail, Persona Series, Persona 5 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version