Instagram Tambahkan Fitur Pengingat Kecanduan Scrolling di Malam Hari Bagi Anak Remaja

Pengingat Kecanduan Scrolling

Kasus kecanduan media sosial oleh kawula muda sudah tidak lagi jarang kita temui. Apalagi dengan konten media sosial yang semakin diciptakan untuk membuat waktu retensi semakin tinggi, tidak jarang pula ia salah sasaran dan malah membuat anak remaja tidak mau lepas dari berselancar di TikTok atau sejenisnya.

Perlu adanya pengawasan dan juga pembatasan dari pihak orang tua maupun kreator dari media sosial tersebut. Seperti upaya yang tengah dilakukan oleh Meta akhir-akhir ini.

Instagram Tambahkan Fitur Pengingat Kecanduan Scrolling di Malam Hari

Kecanduan scrolling di malam hari

Berdasarkan informasi dari blog post FB, Meta menambahkan kontrol khusus bagi orang tua kalau anak mereka sudah terlalu lama berselancar di media sosial. Media sosial yang dapat fitur ini adalah pada Instagram, dimana Meta menambahkan mode pengingat agar penggunanya beristirahat jika memang sudah waktunya.

Fitur ini akan berlaku bila anak remaja terlalu lama berselancar di Instagram ketika malam hari. Apalagi kalau mereka sudah melakukan scrolling di DM maupun reels lebih dari 10 menit, otomatis akan muncul sebuah pesan yang memintanya untuk beristirahat.

Namun, sesuai namanya, fitur ini hanya berfungsi sebagai pengingat. Pengguna tetap bisa menghiraukan pesan tersebut dan terus berselancar seperti biasa. Instagram sendiri tidak mengunci konten atau aplikasi jika waktu 10 menit batasan terlewati.

Sebelumnya juga Ada Fitur Serupa untuk Messenger

Fitur supervisi anak remaja

Meta memang sering menambahkan fitur sejenis di media sosial mereka. Beberapa bulan lalu, mereka juga merilis Supervision Tools yang bisa digunakan oleh orang tua untuk memantau penggunaan media sosial oleh anak remaja. Seperti berapa lama, memberikan batasan penggunaan, dan fitur lainnya yang akan terus dikembangkan.

Fitur supervisi ini juga tersedia di Messenger dan orangtua bisa melihat kontak yang diblokir oleh anak mereka dan juga memberitahukan berapa lama anak mereka menggunakan fitur tersebut.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version