Instagram ‘Meta’ Minta Verifikasi Wajah Penggunanya

Instagram Meta

Platform sosial media generasi kekinian, Instagram, merupakan salah satu tempat di mana mereka berinteraksi. Sosial media yang biasanya lebih dikenal dengan berbagi video tersebut, kini membutuhkan persyaratan tambahan yang harus dipenuhi pengguna. Kami mendapati kabar bahwa kini, Instagram minta verifikasi wajah penggunanya.

Sekedar Verifikasi, Atau…?

Informasi ini pertama kali diudarakan oleh seorang social media consultant kawakan, MattNavera di sosial media burung biru, Twitter. Dalam cuitannya, Matt kabarkan bahwa kini Instagram membutuhkan swafoto dalam bentuk video untuk lakukan konfirmasi identitas para penggunanya.

Instagram yang kini nama perusahaannya adalah ‘Meta’ tersebut, berjanji bahwa mereka tidak akan mencuri data biometrik.

Hal yang mendorong Instagram ‘Meta’ melakukan hal ini adalah untuk mengurangi akun bot, yang marak dipakai untuk kepentingan pihak tertentu. Di antaranya adalah spam inbox, melakukan cyberbully, dan yang paling sering adalah meroketkan jumlah likes atau follower pada sebuah pages.

Dilansir dari XDA-Developers, implementasi fitur face verification ini sempat sambangi beberapa orang, dan meminta mereka lakukan verifikasi wajah berupa video.

Bettina Makalintal, dalam cuitannya pun mengungkapkan kekesalannya terkait ‘fitur’ dari Instagram ‘Meta’. Selain itu, Bettina lampirkan screenshot yang menyatakan bahwa platform tersebut membutuhkan verifikasi wajah dalam beberapa sudut yang berbeda.

Meski demikian, masih belum jelas apakah ‘fitur’ berwujud verifikasi ini hanya sekedar ‘test’ atau akan benar-benar diimplementasikan kelak. Namun, ada kemungkinan bahwa verifikasi wajah ini ada kaitannya dengan pengumuman yang sebelumnya oleh perusahaan Meta, yang bisa kalian baca di sini.

Facebook memang ‘mematikan’ fitur face recognition, namun hal tersebut sepertinya tidak berlaku untuk perusahaan induknya, Meta. Dan bila melihat screenshot yang dilampirkan oleh Bettina di atas, data verifikasi wajah akan dihapus dalam kurun waktu 30 hari.

Mengamati hal ini, semoga pihak Meta secara keseluruhan benar-benar dapat tepati ucapannya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.comTags:

Exit mobile version