Intel Alder Lake Tawarkan Performa Multithread Melebihi Pendahulunya

Intel Alder Lake Benchmark I5

Tidak terasa, sebentar lagi prosesor Generasi Ke-12 dari kubu biru Intel akan segera meluncur ke pasaran. Dan seperti biasa, tidak bosan-bosannya kami menyuguhkan hasil benchmark dari Intel Alder Lake yang digadang-gadangkan tawarkan penambahan performa. Kali ini, dikabarkan bahwa Intel Alder Lake tawarkan performa multithread melebihi pendahulunya.

Persiapan Untuk Lawan AMD?

Bukan sulap dan bukan sihir, seperti yang dilansir dari tom’sHardware, Intel i5-12600K menampilkan penambahan performa sebesar 50% pada skenario multithread. Entah apa cara yang dilakukan oleh si raksasa biru tersebut, namun hal ini tentu merupakan sebuah pencapaian yang cukup memuaskan.

Seperti yang kita ketahui, Intel selalu menawarkan performa singlethread yang cukup tinggi, namun selalu kalah di skenario multithread. Pemikiran yang anggap Intel ‘selalu’ ketinggalan dalam urusan multithread, mungkin harus kita pikirkan ulang berdasarkan hasil benchmark di bawah ini.

Intel i5-12600K menghasilkan 760-773 pada singlethread, dan 7156-7220 pada multithread. Sedangkan i5-11600K menghasilkan 633 pada singlethread, dan 4731 pada multithread.

Meski masih menggunakan fabrikasi 14nm, namun hasil yang ditawarkan memang bisa dibilang cukup memuaskan, terlebih peningkatan sebesar 50% bukanlah sedikit. Benchmark dilakukan antara Intel i5-12600K dengan Intel i5-11600K, dimana memang terdapat peningkatan performa yang cukup drastis.

Besar kemungkinan semua ini berkat teknologi terbaru seperti pemberian performance cores dan efficiency cores pada prosesor Intel Alder Lake tersebut. Dan tentu kita tidak lupa bahwa ‘ukuran’ prosesor juga dapat memberikan pengaruh dalam penambahan performa yang dihasilkan oleh sebuah prosesor.

Dengan performa multithread yang semakin ditingkatkan tersebut, tentu akan dapat menggeser pemikiran bahwa Intel hanya mampu mencukupi kebutuhan gaming penggunanya. Nantinya, para pengguna prosesor dari Generasi Ke-12 raksasa biru ini akan dapat mencukupi kebutuhan produktivitas seperti content creation, dan lainnya.

Semua proses tersebut tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, begitu pula dengan perkembangan dalam dunia komputer. Meski Intel dulu kelihatannya ‘memble’, namun kami merasa bahwa dalam waktu dekat, Intel dapat menyaingi performa dari AMD.

Menurut kalian, apakah Intel bakalan mampu untuk tetap memberikan inovasi dalam penambahan performa pada prosesornya secara efisien ke depannya, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version