Intel Arc A770 Kebut RTX 4090 dalam Multimedia

Intel Arc A770

Intel Arc A770

Kehadiran dari Graphic Processing Unit (GPU) Intel sampai detik ini masih diantisipasi. Meski kekuatan dari Intel Arc 750 baru-baru ini bisa kalahkan RTX 3060, kami tidak menyangka Intel Arc A770 bisa kebut RTX 4090 dalam multimedia.

Intel Arc A770 Kalahkan Para Kompetitor

Di luaran sana, ada banyak sekali GPU yang tawarkan kemampuan memadai untuk jalankan game kekinian pada resolusi 4K. Tidak hanya sekadar jalankan game, GPU tersebut tentunya mampu pamerkan kemampuan multimedia, seperti encoding dan decoding dengan mudahnya.

Selain Intel Arc A770, sebut saja antara lainnya RX 6000 Series, RTX 3000 Series, dan RTX 4000 Series. Di mana semua GPU tersebut diadu oleh pengembang dari CapFrameX, yang merupakan aplikasi untuk memantau dan menganalisa kinerja dari GPU secara akurat. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk benchmark.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim CapFrameX, semua GPU di atas akan diadu untuk encode video AV1 dalam resolusi 8K. Ternyata, hasilnya cukup mengejutkan dan dapat kalian lihat di bawah:

Pada resolusi 8K, kemampuan Intel Arc A770 benar-benar mampu kebut sekelas RTX 4090, yaitu 60 FPS secara konstan. Meski hanya terpaut 0.1 FPS pada Average FPS, namun hasil tersebut patut diapresiasi untuk pemain yang baru terjun ke dunia GPU.

Di lain sisi, GPU AMD RX 6800 XT hanya dapatkan sekitar 55.8 FPS, yang mana benar-benar terasa ‘jauh’ dari pemain baru tersebut. Tidak hanya itu, GPU AMD tersebut alami stutter alias patah-patah, membuat para penonton takkan nyaman ketika melihatnya.

Gimana Kemampuan GPU Intel Arc Alchemist dalam Game?

Kalau sudah berbicara game, tentu hasil benchmark dalam multimedia tak bisa jadi patokan, bukan? Nah, karena dihantui rasa penasaran, kami coba observasi kilat, demi tentukan ‘setara apakah’ GPU anyar dari Intel tersebut.

Berdasarkan gambaran kasar dari UserBenchmark, kemampuan Intel Arc A770 takkan bisa kejar RTX 4090 sama sekali. Kalian bisa ceknya sendiri di bawah ini:

Belum puas, kami coba cari referensi lain dari YouTube (meski tidak bisa jadi bahan acuan pasti), untuk menentukan kemampuan sebenarnya dari GPU Intel tersebut. Dan benar saja, hasilnya ‘dapat diterima’.

Berdasarkan video YouTube dari kanal Testing Games di atas, tampak bahwa kemampuan dari GPU Intel tersebut ‘hanya’ sekelas RTX 3070.

Meski pada beberapa kasus terdapat selisih FPS yang cukup masif, namun secara keseluruhan, kemampuan GPU anyar dari kubu biru masih bisa diterima.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian tertarik untuk membeli GPU Intel, ataukah lebih memilih raksasa yang sudah jelas track record-nya? Yuk share komentar kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version