Intel Bantu Para Game Developer Bagaimana Cara Lakukan Optimasi CPU Alder Lake

Intel Alder Lake Terbaru

Baru-baru ini, Intel mengeluarkan sebuah panduan bagi para game developer yang berisikan bagaimana caranya melakukan optimasi CPU Intel Alder Lake. Karena seperti yang kita ketahui, Intel Alder Lake memiliki dua jenis core, yaitu performance cores dan efficiency cores. Keduanya memiliki peran yang berbeda-beda pula, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Tawarkan Kemudahan Melalui Performance Dan Efficiency Cores

Buat yang belum tahu, performance cores bertugas untuk menangani workload berat, seperti games, dan semua aplikasi yang menuntut performa tinggi. Sedangkan efficiency cores bertugas untuk menangani semua pekerjaan ringan, termasuk semua aplikasi yang berjalan di belakang atau disebut background process.

Untuk semakin memudahkan para game developers ketika melakukan pekerjaannya, optimasi kedua jenis core ini harus diterapkan. Intel menggunakan instruction set yang sama pada kedua jenis cores tersebut, sehingga dapat mengerjakan satu tugas secara bersamaan.

Pengecualian diberikan terhadap instruksi AVX-512 yang hanya mendukung performance cores, yang dapat diaktifkan dengan melakukan disable efficiency core melalui BIOS. Selain itu, para game developer perlu mengetahui beberapa konfigurasi untuk desktop yang ditawarkan Intel Alder Lake.

Sangat penting bagi para game developer untuk memahami penggunaan suffix C yang berarti performance cores, dan A berarti efficiency cores. Saat ini, setidaknya terdapat dua konfigurasi, yaitu 6C+0A (tanpa efficiency cores), dan 8C+8A (penggunaan secara default).

Menggunakan Scheduler Baru

Dikabarkan oleh Tom’sHardware, Intel Alder Lake akan gunakan scheduler baru yang dinamakan Intel Thread Director (ITD). Tugas dari ITD ini adalah memastikan Instruction Set Architecture (ISA) agar dapat mengirim sinyal ke sistem operasi untuk memasangkan cores yang tepat.

Dengan adanya ISA, Windows dipastikan akan dapat ‘mengerti’ performa yang dihasilkan oleh setiap cores yang bekerja. Uniknya, bila ISA tidak diimplementasikan, Windows akan memperlakukan semua cores pada Intel Alder Lake layaknya prosesor pada umumnya seperti pada saat ini.

Inovasi dari si raksasa biru ini tentu akan dapat memudahkan game developer untuk dapat mendapatkan performa secara maksimal. Prioritas pada setiap cores untuk setiap kebutuhan dipastikan akan dapat terpenuhi dan memenuhi ekespektasi para penggunanya, menjamin efisiensi penggunaan perangkatnya.



Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version