Prosesor Intel Meteor Lake Gunakan AI untuk Mengirit Daya Baterai Laptop

Intel Meteor Lake Gunakan Ai

Sudah bukan rahasia lagi kalau Intel kedepannya akan pergunakan kecerdasan buatan dalam produk mereka. Dimulai dari Meteor Lake, Intel mulai merangkak memasuki ranah Artificial Intelligence dalam mengoptimalisasi produk mereka agar lebih nyaman digunakan konsumen.

Pengaplikasian AI sebenarnya memang bisa tanpa batas. Apalagi kalau soal optimalisasi daya baterai, tentu AI bisa dimanfaatkan untuk menjalankan task dibalik layar agar bisa lebih irit daya.

Prosesor Laptop Intel Meteor Lake Gunakan AI untuk Mengirit Daya Baterai

Prosesor kelas mobile dari Intel

Dari laporan PC World, Intel memang akan mulai integrasikan penuh prosesor mobile Meteor Lake dengan AI. Salah satu yang nantinya dapat dinikmati oleh pengguna adalah keiritan daya baterai laptop yang lebih baik.

Intel memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengerjakan power management pada CPU kelas mobile tersebut dan nantinya, berbagai kondisi dimana ia bisa mengatur apakah perpindahan load penggunaan antara daya besar dan low power agar lebih efisien.

Switch antara performace dan low power mode dengan AI

Intel menjelaskan, kalau mereka akan kembali melakukan perubahan pada DVFS atau Dynamic Voltage and Frequency Scaling yaitu Speed Shift yang sudah dikenalkan sejak generasi Skylake. 

Intel kembali Revamp DVFS, Kini dengan AI

Prosesor Meteor Lake

Sekarang fitur ini akan ditingkatkan lebih mutakhir lagi dengan bantuan AI dimana prosesor tersebut bisa menebak kapan harus berganti dari mode low power mode dan atau sebaliknya. Jika pengaplikasian ini memang bisa dilakukan, bukan tidak mungkin kita akan merasakan pengiritan daya yang signifikan di prosesor Intel kedepannya.

Hadirnya fitur baru ini juga bisa menjadikan sistem lebih responsif. Hingga bukan tidak mungkin dampak yang dirasakan user langsung bisa dirasakan nantinya. Intel Meteor Lake sendiri memang belum hadir, tapi kita mungkin bisa mendapatkan informasi tidak lama lagi lewat event Intel Innovation bulan depan.

Bagaimana menurut kalian soal aplikasi AI pada prosesor ini? Apakah benar-benar bermanfaat dan bukan sekadar gimmick saja?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version