Intel Raptor Lake Disebut Bakal Lebih Hemat Daya

Intel Raptor Lake

Belum selesai Intel memamerkan seluruh lini prosesor Generasi Ke-12 alias Alder Lake, kami mendapati sebuah informasi baru terkait Generasi Ke-13. Rocket Lake, dikatakan mendapat sebuah pendekatan baru, di mana prosesor terbarunya ini disebut bakal hemat daya dibandingkan pendahulunya.

Bakal Lebih Hemat Daya

Sebagai penerus dari Alder Lake, Generasi Ke-13 Rocket Lake kompatibel dengan chipset Intel 600, dan masih gunakan LGA1700. Dalam roadmap yang dipampang sebelumnya oleh Intel, kubu biru klaim bahwa Raptor Lake akan gunakan hybrid technology yang benar-benar baru.

Berdasarkan cuitan dari seorang peneliti kubu biru Intel, Underfox, Rocket Lake gunakan konsep terbaru bernama Digital Linear Voltage Regulator (D-LVR). Konsep tersebut disebut mampu memberikan efisiensi daya, dan tentunya mengurangi panas berlebih seperti yang dihasilkan oleh prosesor Intel Generasi Ke-12.

Selain itu, paten tersebut pernah diajukan oleh Intel yang bernama Digital Linear Regulator Clamping Method and Apparatus pada 2020 silam. Namun, berita terkait konsep terbarunya baru muncul pada pertengahan tahun 2021 ini.

D-LVR berperan sebagai voltage clamp yang terletak sejajar dengan voltage regulator utama, yaitu seperti pada motherboard. Konsep ini tawarkan efisiensi daya dengan mengurangi CPU VID dan konsumsi daya per core pada prosesor. Intel percaya bahwa konsep ini murah untuk diimplementasikan, dan jamin tidak akan terlalu mempengaruhi harga.

Untuk membuktikan hal tersebut, Intel bahkan sodorkan beberapa gambar pada dokumen di bawah ini untuk ilustrasikan konsep tersebut.

Secara teori, ada kemungkinan bahwa dengan konsep D-LVR, tegangan pada CPU dapat dikurangi sebesar 160 mV. Selain itu, perusahaan yang identik dengan warna biru ini pun memberikan estimasi terkait efisiensi daya yang berada pada kisaran 20-25%.

Dengan konsep terbarunya ini, Intel berharap dapat menyetarakan lini produknya dengan AMD dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Buat kalian yang tidak sabar dengan generasi berikutnya ini, Raptor Lake diperkirakan akan rilis secara global pada tahun 2022.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version