Intel Rekomendasikan Desain Kabel 12VHPWR Baru untuk Power Supply ATX 3.0

Kabel 12vhpwr

Standarisasi power supply jenis baru yang diberi nama ATX 3.0 memang baru saja meluncur beberapa waktu lalu, lebih tepatnya pada awal tahun 2022 kemarin. Perubahan standarisasi pun berbeda jauh terutama menyangkut soal kapabilitas daya yang bisa dilalui kabel serta bentuk kabelnya sendiri.

Seperti yang kita tahu, rancangan kabel baru ini bisa menyalurkan daya maksimal 600W per kabel untuk konsumsi kartu grafis zaman sekarang. NVIDIA sebagai produsen yang pertama kali mengadopsi standar baru ini di kartu VGA mereka lewat seri RTX 4000 yang mulai diluncurkan akhir tahun kemarin.

Intel Rekomendasikan Desain Kabel 12VHPWR Baru Ke Manufaktur PSU

Standar ATX 3.0 Terbaru

Standar baru ini juga tidak berjalan mulus begitu saja. Pada beberapa insiden di VGA baru milik NVIDIA, terjadi kasus melelehnya konektor yang tersambung ke port PCIe Power kartu grafis ditemukan beberapa kali pada seri RTX 4090.

Intel pun memberikan sebuah rekomendasi untuk manufaktur power supply yang tampaknya bisa jadi solusi untuk kasus yang cukup mengkhawatirkan ini. Intel memberi desain baru tersebut dengan sebutan 4 spring.

Dua jenis konektor pada kabel 12VHPWR (sumber: Wieson Technologies Co., Ltd.)

Pada kasus konektor meleleh yang sebelumnya terjadi, power supply masih menggunakan konektor berdesain 3 dimple. Kontak crimp pada kabel konektor disarankan menggunakan desain baru untuk meningkatkan area kontak arus listrik di dalam konektor 12VHPWR dan menurunkan resiko peningkatan suhu di setiap kontaknya.

Kasus Konektor Meleleh Sempat Jadi Berita Heboh di Komunitas

Konektor yang meleleh karena kepanasan

Intel pun memberikan gambar ilustrasi bagaimana bentuk dari desain baru yang kedepannya akan mulai digunakan manufaktur power supply. Ilustrasi tersebut didapatkan dari Wieson* Technologies Co., Ltd. Masalah ini pun sebelumnya pernah mendapatkan atensi yang cukup besar dari komunitas, terutama dari pihak Igor’s Lab.

Dalam penyelidikannya, mereka menemukan jika NVIDIA sendiri menggunakan dua tipe konektor baik yang 3 dimple maupun 4 spring. Dan kabel yang menggunakan tipe 4 spring memang lebih tahan dibanding tipe yang satu lagi.

Dari pihak NVIDIA sebelumnya memberikan pernyataan jika kasus konektor meleleh ini kemungkinan besar dikarenakan kontak yang tidak menyeluruh atau bahasa lainnya longgar. Mengenai bagaimana perubahan spesifikasi dari Intel bisa berpengaruh banyak atau tidak perlu penyelidikan lebih lanjut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version