Intel Rilis GPU Diskrit Iris Xe untuk Dekstop, Saingan Baru Nvida dan AMD?

in ,
Asus’ first Intel Iris Xe graphics card. Image: Intel

Setelah pada Oktober 2020 silam merilis GPU Diskrit pertama mereka, yaitu Intel Iris Xe Max. Kini Intel kembali merilis sebuah GPU Diskrit untuk dekstop yang bernama Intel iris Xe.

Intel Iris Xe ini merupakan GPU kedua Intel yang dirilis untuk komputer desktop. Berbeda dengan versi Iris Xe Max yang dirilis untuk perangkat dengan dimensi tipis atau biasa disebut Laptop.

Untuk mengeluarkan performa setara dengan GPU diskrit pada umumnya, Iris Xe telah memiliki VRAM sebesar 4GB dan dibantu dengan execution units (EU’s) sebanyak 80 unit.

Walau begitu, angka ini sejatinya lebih sedikit dibanding dengan varian Iris Xe Max. Namun, Intel mengklaim jika performanya tidak akan kalah dari Iris Xe Max.

Hal ini berkat dari komputer dekstop yang tingkat dayanya lebih tinggi dan kisi-kisi ruang yang lebih luas sehingga memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

Untuk segi konektivitas, Intel Iris Xe telah dilengkapi dengan tiga port display yang masing-masing memiliki output dengan resolusi 4K. Dan ketiganya mampu digunakan secara bersamaan untuk menampilkan resolusi yang dimaksudkan.

Menurut informasi yang kami rangkum, Intel saat ini telah bekerjasama dengan dua pabrikan pembuat GPU, salah satunya adalah Asus. Nantinya Asus akan menjadikan GPU card ini dalam komponen Add-in Card (AIC) dalam komputer dekstop.

Pabrikan lain yang disebut-sebut akan memproduksi GPU ini adalah Colorful. Namun, belum ada informasi resmi lantaran pihak Intel belum mengkonfirmasi hal tersebut.

Dengan dirilisnya Intel Iris Xe, tentu saja akan menjadi batu loncatan untuk Intel dimasa mendatang. Apakah mereka akan ikut meramaikan pasar GPU Diksrit bersama Nvdia dan AMD atau tidak.

 

Sumber: Intel Newsroom


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]