Intel Tampakkan Cetakan Pertama dari Meteor Lake

Intel Meteor Lake

Perkembangan di dunia teknologi, khususnya komputer, seolah mampu ikuti irama dari cepatnya waktu berjalan. Salah satunya adalah raksasa teknologi yang memfokuskan diri untuk membuat prosesor yang kita kenal dengan kubu biru Intel. Seakan pamerkan besarnya dedikasi mereka, Intel tampakkan cetakan pertama dari generasi berikutnya, Meteor Lake.

Diambil Langsung dari Laboratorium

Cetakan pertama dari Intel Meteor Lake tersebut diambil oleh senior reporter CNET, Stephen Shankland. Penampakan cetakan pertama tersebut berhasil ia abadikan ketika menyambagi Intel’s Fab 42, sebuah pabrik fabrikasi semikonduktor yang terletak di Amerika. Di pabrik inilah di mana semua chip generasi berikutnya dibuat dan dilahirkan.

Di antaranya adalah Intel Meteor Lake yang akan dibuat dengan fabrikasi 7nm alias Intel 4, dan fabrikasi 10nm, Intel 7 yang kita kenal sebagai Alder Lake. Selain Meteor Lake, prosesor berbasis fabrikasi 7nm lainnya adalah Sapphire Rapids Xeon, dan GPU dengan codename Ponte Vecchio untuk HPC.

Selain memberikan sebuah penampakan pertama dari Intel Meteor Lake, kubu biru bahkan pamerkan bahwa Meteor Lake sudah usung desain multi-chiplet. Pihak CNET berhasil mendokumentasikan prototype dari Meteor Lake yang memiliki bentuk seperti yang dipresentasikan pada Architecture Day 2021.

Gambar di atas menampilkan bahwa prosesor teranyar kubu biru akan sematkan Foveros. Untuk semakin memperkuat prosesor generasi barunya tersebut, Intel bekerja sama dengan beberapa pabrikan luar, di antaranya adalah TSMC.

Seperti biasa, Intel Meteor Lake akan hadir untuk platform desktop dan mobile, dan akan disemat arsitektur terbaru bernama Cove Core. Sebabnya, generasi terbaru ini kemungkinan besar tidak akan pakai arsitektur ring bus interconnect seperti para pendahulu ke depannya.

Prosesor yang rencananya akan rilis pada tahun 2023 tersebut masih percayakan kemampuan socket LGA1700, dengan teknologi DDR5 dan PCIe 5.0. Pihak Intel memberikan opsi kepada para end-user untuk dapat memilih antara DDR4 sebagai alternatif murah, dan DDR5 bila incar performa.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version