Intel Tengah Persiapkan Prosesor Alder Lake Versi Rendah Daya

Intel Alder Lake Rendah Daya

Setelah rencana perilisan prosesor Intel Alder Lake dalam waktu dekat, sang raksasa biru kini tengah mempersiapkan varian low-wattage. Prosesor generasi terbaru dengan product line suffix “T” ini menyasar para pengguna yang memprioritaskan efisiensi daya dibandingkan performa.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Wccftech, setidaknya ada tujuh prosesor Intel Alder Lake yang akan ditanamkan fitur low-wattage ini.

Akan Rilis Awal Tahun 2022

Prosesor Intel Alder Lake mulai dari Intel Core i3 hingga Core i9 yang rendah daya ini diperkirakan akan mendarat awal tahun 2022. Berdasarkan FanlessTech, setidaknya ada tujuh prosesor Intel Generasi Ke-12 yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang membutuhkan TDP rendah.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna tersebut, Intel tidak lupa untuk menanamkan integrated graphics, yang artinya pengguna tidak memerlukan GPU. Meskipun rendah daya, namun Intel sepertinya sama sekali tidak memangkas jumlah Core dan Thread.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dikarenakan ini merupakan sebuah prosesor low-wattage, tentunya akan terdapat selisih dalam hal performa yang harus dimaklumi.

Dilengkapi Dengan Efficiency Cores

Berdasarkan data oleh VideoCardz di atas yang menunjukkan jumlah Core dan Threads yang ditawarkan, pengguna seakan dibuat penasaran dengan penjumlahannya yang unik. Hal inilah yang menjadi nilai lebih prosesor Alder Lake yang menerapkan teknologi hybrid architecture dalam pembuatannya.

Performance Core (PC), bertugas untuk memberikan performa terbaik dengan kecepatan tinggi dan aplikasi yang menuntut single-thread. Selain itu Efficiency Cores (EC), yang memiliki peran penting untuk mengatur efisiensi daya, termasuk beban kerja prosesor, sesuai dengan penamaannya.

Dengan hybrid architecture ini, aktivitas yang dilakukan pengguna di perangkat komputer yang mereka miliki akan jauh lebih efisien. Sebagai contoh, game dapat dijalankan pada performance core, dan aplikasi lain dapat dijalankan pada efficiency core. Teknologi terbaru dari Intel ini dipastikan dapat menghasilkan performa yang tentunya akan memudahkan pengguna.

Meski baru akan rilis pada awal tahun 2022, namun prosesor Intel Alder Lake versi hemat daya ini bisa menjadi alternatif. Kuat dan hemat daya dengan hybrid architecture tentu akan menjadi nilai tersendiri, terutama untuk kalangan gamer.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version