Internet Ngamuk dengan Pengumuman “Mod Berbayar” Bethesda

in , , ,

Konferensi E3 untuk Bethesda tahun ini tergolong mengecewakan untuk gamer. Tak hanya mereka hanya mengumumkan 2 game baru saja (dan 1 standalone expansion), mereka juga umumkan Creation Club. Creation Club pada dasarnya merupakan program mod berbayar dari Bethesda, program yang pernah mereka coba bersama Valve 3 tahun yang lalu. Seperti yang kita tahu, program tersebut terima banyak kritik oleh banyak gamer PC sampai-sampai Valve harus batalkan program tersebut 2 hari kemudian.



Percobaan kedua dari Bethesda kali ini bisa dibilang tak jauh berbeda. Tepat setelah Creation Club ini diumumkan, reaksi negatif langsung diterima oleh Bethesda. Dimulai dari Youtube, video pengumuman Creation Club ini dapatkan jumlah dislike yang lebih dari 10x lipat dari jumlah like.

Keberadaan program ini juga memancing seseorang untuk membuat petisi online kepada Bethesda untuk membatalkan Creation Club sesegera mungkin. Pembuat petisi memandang Creation Club sebagai layer baru dari Microtransaction yang bahkan tidak perlu dibuat oleh mereka sendiri.

Kembalinya mod berbayar ini sangatlah mengecewakan untuk penggemar Bethesda, sampai-sampai subreddit dari Bethesda Softworks diubah menjadi subreddit “paid mods” dan seluruh kontennya penuh dengan komentar salty tentang mod berbayar ini.

Pada subreddit lainnya yaitu r/gaming dipenuhi dengan penolakkan sekaligus lelucon dari pengumuman program mod berbayar ini. Seluruh komentar negatif yang hadir tentu saja dikarenakan Bethesda dianggap tak belajar dari pengalaman mereka sebelumnya. Mod sudah bagaikan tradisi di PC gaming yang bagi gamer PC tak seharusnya dimonetisasi layaknya DLC. Kalaupun modder inginkan semacam reward dari kerja keras mereka, selalu ada opsi meminta donasi, khususnya dengan keberadaan Patreon yang saat ini populer untuk content creator.

Komunitas modding berharap Bethesda seharusnya membuat tombol donasi ketimbang harus membuat mod menjadi konten premium. Cara yang sekarang dilakukan Bethesda dianggap hanyalah sebagai cara Bethesda mengantongi keuntungan lebih banyak dari popularitas modding game mereka ketimbang “membantu para modder bertalenta”.

Dengan reaksi yang negatif ini, tinggal menunggu apakah Bethesda tetap akan laksanakan program Creation Club mereka ini atau akan de javu dan dibatalkan seperti yang terjadi 3 tahun yang lalu. Sebagai gamer PC, mungkin opsi kedua adalah opsi terbaik.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.