iPhone 11, Hal-Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membelinya


Follow Us

Tak terasa sekarang sudah September saja, dimana pada bulan ini Apple biasanya akan merilis iPhone seri terbaru mereka. Jika pada tahun 2018 lalu mereka telah merilis 3 versi lanjutan dari seri X yaitu seri XR, XS dan XS Max, kini mereka akan merilis seri lanjutanya yatu iPhone 11. Tentu saja hal pasti ditunggu oleh sebagian besar buat kalian para tech enthusiast atau fans dari Apple itu sendiri, oleh karena itu simak sedikit ulasan berikut mengenai apa saja yang perlu kamu ketahui tentang iPhone 11 ini.

Nulis artikel dibayar
Jadwal Perilisan

Nampaknya Apple akan mengulangi lagi jadwal perilisan ponsel-ponsel buatan mereka seperti tahun-tahun lalu yaitu bulan September, kini menurut banyak sekali sumber, mereka akan merilis seri iPhone 11 pada 10 September mendatang.

Apple sendiri telah mengkonfirmasi hal tersebut, nantinya pada tanggal 10 September, mereka akan mengadakan acara peluncuran dari iPhone keluaran terbaru tersebut di Steve Jobs Theather, Cupertino, Amerika Serikat. Sayangnya pada event ini hanya media-media tertentu saja yang dapat menghadiri acara tersebut, mereka juga menambahkan “invitation only” yang berarti acara tersebut hanya untuk para tamu yang diundang. Namun tenang saja, karena pada tahun ini Apple juga akan menayangkan acara tersebut live melalui akun resmi mereka di platform Youtube, jadi bagi kalian yang ingin menontonya kalian bisa mengunjungi akun resmi milik Apple di Youtube atau klik disini.

Menurut informasi, iPhone 11 nantinya akan tersedia di pasar mulai 20 September mendatang. Namun, jika kalian ingin mendapatkanya duluan makakalian bisa mendapatkanya melalui PO dari iPhone 11 yang dibuka pada 13 September.

Desain

Apple kali ini nampaknya tidak membuat pembeda dengan seri sebelumnya, dimana pada seri ini, mereka akan tetap menggunakan poni yang lebar untuk bagian depan. Well, mungkin mereka belum bisa move on dari desain tersebut atau ada pertimbangan lainya, padahal vendor lain dari pabrikan Smartphone Android sudah berlomba-lomba menggunakan teknologi poni yang lebih slim, seperti water drop, kemudian Invinity O Display milik Samsung, atau malah full display dimana vendor-vendor tersebut menggunakan teknologi pop-up camera yang memungkinkan layar pada Smarphone menjadi lebih full.

BACA JUGA  10 Daftar Smartphone Paling Dicari Pada Situs GSMArena Bulan Oktober

Pada sisi belakang, kini Apple benar-benar membuat sebuah terobosan dan inovasi baru. Alih-alih menggunakan desain vertikal untuk konfigurasi triple kamera mereka, kini Apple malah menggunakan desain mengkotak. Tidak salah kok jika Apple menggunakan desain ini, mengingat desain tersebut masih jarang digunakan, sehingga menjadikan nilai plus bagi Apple, Huawei juga menggunakan konfigurasi yang sama, namun perbedaanya adalah mereka meletakan kamera tersebut pada bagian tengah sedangkan Apple di bagian pojok kanan agak keatas.

Dengan begitu, untuk desain, mungkin Apple agak sedikit tertinggal dengan kebanyakan vendor ponsel Android yang telah melakukan banyak inovasi baru. Tapi jangan khawatir, mengapa demikian? ya..karena iPhone tetaplah sebuah smartphone yang mempunyai nilai value tinggi, sehingga kamu akan tetap bergaya dan prestisius jika menggunakan smartphone tersebut.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi, nampaknya Apple selalu memberikan yang terbaik untuk para penggunanya. Itu terbukti jika mereka menyematkan chipset terbaru buatan mereka yaitu Apple Bionic A13 yang menurut informasi, chipset tersebut merupakan chipset terkencang saat ini jika dibanding chipset yang digunakan oleh vendor smartphone Android.


RAM

Untuk RAM, sepertinya Apple mulai menambah kapasitasnya, seperti yang kalian tahu, selama ini, Apple memang terkenal pelit dalam memberikan sebuah RAM, contohnya saja pada seri iPhone XS Max yang hanya dibekali oleh RAM sebesar 4GB saja. Saat ini, dikalangan Smartphone dengan OS Android sudah mulai menggunakan RAM dengan kapasitas hingga 12 GB. Namun, walau begitu tetap saja, iPhone dengan OS iOS mereka terkenal dengan optimasinya yang maksimal, sehingga walaupun RAM 2 GB, kita tak akan menemui kendala lagh seperti saat menggunakan smartphone Android yang mempunyai RAM yang sama. Dengan bertambahnya kapasitas RAM tentu akan membuat proses kinerja dari iPhone 11 menjadi lebih lancar.

Tak lengkap jika membicarakan RAM tanpa membahas ROM juga, Apple sedari dulu, mereka tak pernah menyematkan yang namanay teknologi memory eksternal, oleh karena itu nampaknya yang membuat mereka menambah kapasitas memory penyimpanan ini. Saat ini, kalian juga tahu jika size atau ukuran dari aplikasi yang ada di toko aplikasi yang semakin besar, jika dahulu 16 GB sudah cukup, kini tak lagi sama, oleh karena itu vendor-vendor berlomba-lomba dalam menambah kapasitas memory penyimpanan mereka.

BACA JUGA  [Rumor] iPhone SE 2 Akan Rilis 2020 Dengan Spesifikasi Setara iPhone 11

Kamera

Walau belum rilis, namun yang pasti pada iPhone 11, Apple akan menggunakan konfigurasi dual camera pada seri iPhone 11 standar, dan Triple kamera pada seri Pro yang nantinya masing-masing dari kamera akan memiliki 12-MP. Semoga saja Apple kali ini akan benar-benar memberikan peningkatan pada sektor kamera, mengingat jika melihat vendor-vendor dari smartphone Android yang sudah menggunakan kamera 48-MP atau 64-MP, maka Apple memang tertinggal jauh diatas kertas.

Tak selamanya resolusi besar akan menghasilkan detail gambar yang menawan, kami pernah membandingkan hasil jepretan dari iPhone XS vs Xiaomi Mi 8 dimana pada hasilnya, terlihat jika iPhone XS memiliki detail yang lebih bagus daripada Mi 8.


Baterai

Apple sepertinya mulai concern dengan salah satu sektor terpenting dalam sebuah smartphone, seperti yang kalian tahu, Apple juga terkenal sangat pelit pada hal ini, jika vendor lain sudah memulai menambah kapasitas baterai mereka hingga 5000mAH pada produk mereka, Apple hanya memberikan kapasitas baterai 3.000 mAH pada seri XS Max. Oleh karena itu, dengan ditambahya kapasitas baterai ini, menjadi angin segar tentu akan membuat para calon pengguna merasa senang, terlebih Apple juga mulai mengimplementasikan USB type C yang memungkinkan kamu untuk mengisi daya baterai menjadi lebih cepat daripada menggunakan versi sebelumnya.

Sebenarnya, iPhone 11 bukanlah yang pertama menggunakan usb tipe ini, sebelumnya Apple telah menggunakan tipe port usb yang sama pada iPad Pro mereka. Dengan penerapan teknologi ini tentu bisa disebut dengan revolusi, karena seperti yang kita tahu, Apple sedari dulu kekeuh untuk tidak mengganti port lightning usb mereka sejak 2012 silam.

BACA JUGA  10 Daftar Smartphone Paling Dicari Pada Situs GSMArena Bulan Oktober

iOS 13

Pada seri ini, Apple akan langsung menggunakan iOS versi terbaru mereka yaitu iOS 13, pada versi terbaru ini Apple menambahkan banyak sekali fitur tambahan seperti dark mode yang saat ini sedang gencar-gencarnya diaplikasikan oleh banyak vendor dari smartphone berbasis Android. Selain itu Apple mengklaim jika iOS 13 akan mempercepat pendeteksian Face ID 30% lebih cepat daripada iOS versi sebelumnya.

Banyak sekali perbedaan antara iOS 13 dan iOS 12 yang membuatnya menjadi tampak lebih wah, tentu dengan penggunaan iOS 13 pada iPhone 11 akan membuat kinerja dari iPhone kalian menjadi tambah smooth dan lancar. Kalian bisa menikmati iOS 13 untuk iPhone seri 6S keatas, sehingga jika kalian masih menggunakan seri lawas bisa dipastikan jika kalian hanya akan menikmati iOS 12 saja.


Selain peningkatan-peningkatan diatas, pada seri ini Apple juga mengatakan jika mereka akan sepenuhnya menghilangkan teknologi 3D Touch yang selama ini sering mereka gunakan, pada seri ini mereka akan menggunakan teknologi Haptic touch versi upgrade karena sebenarnya ini bukanlah seri pertama yang menggunakan teknologi tersebut, sebelumnya Apple juga menggunakan teknologi serupa pada seri XR mereka tahun lalu.

Untuk harga tentu kita tahu semua, jika Apple selama ini tidak pernah membuat produk dengan harga yang murah, contohnya saja sebuah stand iMac yang mereka hargai $999. Pada iPhone 11 nantinya Apple  akan mematok harga mulai dari 10 jutaan untuk versi terendahnya.

Jadi itu adalah sedikit ulasan mengenai Apple 11 yang akan dirilis pada Selasa, 10 September 2019 mendatang. Untuk ulasan lengkapnya kita tunggu saja setelah rilis dipasaran.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item