iPhone SE Memiliki Performa yang Tidak Kalah dari Samsung S20 Ultra dan Google Pixel 4

a13 chip iphone

iphone 8 1

Dari berbagai macam hasil benchmarks baru yang beredar, iPhone SE mempunya performa yang tidak kalah mantap dari segi CPU dan GPU nya dibandingkan dengan smartphone-smartphone flagship sekalipun seperti Samsung S20 Ultra dan Google Pixel 4 sekalipun loh. Memang dari segi display iPhone SE ini jauh lebih kecil ketimbang flagship-flagsipnya yaitu Iphone 11, tetapi iPhone SE mempunyai beberapa kelebihan terutama di GPU nya yang di beberapa benchmarks dapat mengungguli di beberapa benchmarks.

iPhone SE di persenjatai dengan dapur pacu yang kekinian seperti Chipset A13 Bionic, ya bayangkan saja dengan ukuran yang lebih kecil tetapi dapur pacunya menyamai iPhone 11, di lansir dari AnandTech’s SoC Bionic A13 memiliki konfigurasi sebagai berikut :

Untuk GPU dari iPhone SE ditenagai dengan Apple GPU 4 Core, Untuk RAM ada di 3GB, ya jumlah ini lebih kecil dari iPhone 11 yaitu 4GB RAM. Tapi perlu di ingat, iOS tidak seperti android yang haus akan RAM jadi 4GB itu sebennarnya sudah bisa dibilang lebih dari cukup untuk membuat iPhone SE ini lancar digunakan untuk apapun.

Kali ini AnandTech’s melakukan sebuah pengujian benchmarks yang melibatkan banyak device Flagship seperti dari OnePlus, Huawei, Asus, LG, Sony, Google, dan samsung. Dari beberapa pengujian iPhone SE bisa mengalahkan semua android dalam pengujiannya, bahkan di beberapa skenario bisa mengalahkan iPhone 11 itu sendiri

Pengujian pertama di mulai dengan menguji kinerja Javascriptnya menggunakan Speedometer 2.0, dan dari pengujian tersebut terlihat bahwa score yang di hasilkan setara dengan iPhone 11, dan yang membuat kaget ketika mengujinya dengan JetStream 2 adalah score dari iPhone SE sendiri bisa mengalahkan iPhone 11 !

Gambar : wccftech.com
Gambar : wccftech.com

Dari tabel tersebut bisa kita lihat bahwa kekuatan SoC A13 Bionic ini masih mengerikan bahkan untuk Android Flaghsip android sekalipun yang sudah menggunakan SoC Snapdragon 865 dengan konfigurasi RAM yang tergolong sangat besar, malah bisa dibilang bisa 2x lipat dari samsung S20 Ultra.

Pengujian GPU

Ok, lanjut ke pengujian GPU nya yang mungkin kalian paling tunggu karena penasaran seperti apa sih performa untuk main gamenya haha. Aplikasi yang digunakan kali ini adalah Basemark GPU 1.2, di pengujian ini iPhone SE minimum performa untuk “sustained” yang sama dengan Samsung Galaxy S20 Ultra, namun untuk performa tertingginya iPhone SE unggul jauh sekali dari Samsung Galaxy S20 Ultra

Gambar : wccftech.com

Lanjut lagi pengujiannya kali ini menggunakan GFXBench, kali ini iPhone SE tetap memimpin diantara device android yang di test bahkan score off-screen nya iPhone 11 sendiri masih bisa di susul walapun hanya sedikit di pengujian Aztec Ruins – High – Vulkan/Metal – off-screen, untuk lebih detailnya tentang pengujian ini bisa dilihat disini.

Gambar : anandtech.com
Gambar : anandtech.com

Tapi perlu di ingat lagi, ini hanya sebuah benchmark synthetic yang berarti jangan pernah jadikan angka-angka tersebut menjadi sebuah acuan mutlak karena yang terpenting adalah User Experience ketika kalian menggunakan device tersebut. Kami hanya mencoba memberikan info tentang bagaimana performa dari iPhone SE yang di tenagai dengan SoC A13 Bionic itu di bandingkan dengan SoC android yang terbaru sekarang ini . . .

Sumber : Wccftech

Exit mobile version