Iseng! Ini Hasil Percobaan Penggantian Power Supply PlayStation 5

Power Supply Ps5

PlayStation 5 memiliki bentuk yang cukup unik, sehingga membutuhkan sistem pendinginan yang cukup oke. Panas, menjadi penyumbang terbesar pada konsol ketika dimainkan, dan hal inilah yang menjadi motivasi bagi Aris Mpitziopoulos untuk bereksperimen pada konsol PS5-nya.

Alih-alih menambah atau merubah sistem pendinginan, Editor dari tom’sHardware ini pun mengganti power supply pada konsol PS5 yang ia miliki. Hal ini ia lakukan murni untuk menguji seberapa dingin suhu yang akan didapat ketika mengganti komponen vital tersebut.

Mengganti PSU

Melihat gambar di atas, PSU yang ditanam pada konsol PS5 tersebut dibuat oleh Delta Electronics, yang merupakan pemain lama dalam pembuatan PSU. Yang mendorong Aris melakukan hal ini adalah ia melakukan ini untuk ‘berjaga-jaga’ bila suatu saat nanti PSU konsol PS5-nya rusak.

Ini dilakukan untuk menguji apakah dengan melepas PSU bawaan pada konsol PS5 akan mampu menurunkan suhu yang memang panas tersebut. Ia berharap bahwa dengan penggantian PSU bawaan dengan power adapter, dapat menjadi solusi yang lebih terjangkau.

PSU Delta ARP-400DR merupakan jenis fanless dalam balutan plastik dengan fitur over-temperature protection, dan dikatakan mampu suplai daya sebesar 372W. Umumnya, PS5 membutuhkan daya sebesar 200W ketika memainkan game kekinian, sehingga hal ini tentu bukanlah masalah.

Oleh karena itu, Aris pun seketika berpikir untuk melakukan penggantian power supply pada PS5 miliknya dengan menggunakan sebuah power adapter. Ia pun menghubungi Channel Well Technology (CWT) selaku pembuat power adapter, untuk membuat sebuah custom power adapter untuk diajak bereksperimen.

Setelahnya, ia menambahkan temperature sensor untuk mendapatkan informasi akurat pada konsol PS5-nya seperti yang dapat kalian lihat pada gambar pertama. Tidak cukup sampai di situ, ia pun harus memodifikasi konektor pada CWT PSU setelahnya.

Saatnya Dicoba!

Sebelum melanjutkan, Aris memberikan ‘test conditions’ yang bisa kalian lihat pada gambar di atas. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat suhu yang dapat dihasilkan tentu akan sangat mungkin berbeda tergantung tempat tinggal pemilik konsol PS5.

Tidak butuh waktu lama, ia pun mencoba melakukan sedikit benchmark pada konsol PS5 miliknya, dan grafik tersebut dapat kalian lihat di bawah.

Setelah susah payah membongkar PS5 dan mengganti PSU, Aris kaget dengan hasil yang ia dapatkan karena tidak sesuai dengan harapan. Bukannya semakin dingin, namun konsolnya malah menjadi semakin panas, khususnya pada bagian APU, RAM, Flash Memory, dan VRM.

Setelahnya, ia pun menyimpulkan bahwa mengganti PSU bawaan dengan power adapter ini malah mengganggu semua aliran udara pada PS5 miliknya.

Namun ada kemungkinan bahwa ini semua dikarenakan adapter dari CWT yang menggunakan voltase lebih tinggi dari standar PS5. PSU ARP-400DR menghasilkan voltase 12.078V, sedangkan CWT hasilkan voltase 12.335V.

Gimana menurut kalian, brott? Meski tidak sesuai harapan, namun ini tentu dapat memotivasi orang lain untuk melakukan hal serupa. Karena seperti yang kita ketahui, PSU bawaan PS5 memang cukup mahal, sehingga ini bisa menjadi alternatif.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version