Isi Apple Vision Pro Terungkap, Sesulit Apa Membongkarnya?

Isi Apple Vision Pro

Apple memang terkenal dengan perangkat yang sangat memberatkan untuk lakukan reparasi. Dengan printilan yang sangat kecil dan juga penggunaan baut yang tidak lazim, membuat banyak jasa servis kewalahan dan harus ekstra hati-hati.

Kalau sebelumnya perangkat keluaran Apple selalu dalam nilai tingkat kemudahan reparasi yang rendah oleh situs iFixit, mungkin rilisnya Apple Vision Pro kali ini bisa menciptakan rekor baru, atau sebaliknya?

Isi Apple Vision Pro Diperlihatkan oleh YouTuber, Seberapa Sulit Membongkarnya?

Bagian dalam Apple Vision Pro (Sumber: iFixit)

Lewat video YouTube-nya, iFixit mencoba untuk membongkar Apple Vision Pro untuk melihat seberapa sulit melakukannya serta apa saja jeroan yang Apple gunakan untuk memasukkan tenaga komputasi sekelas MacBook dalam paket sekecil headset.

Yang jelas, pertama diawali dengan membuka kaca depan berbentuk cekung bagian depan. Butuh berkali-kali dipanaskan dengan heat gun untuk bisa melepas kaca bagian depan saja. Tentu mereka yang tidak punya alat khusus tidak perlu banyak berharap bisa membongkarnya.

Dibalik itu ada layar lenticular dan dibaliknya lagi ada kombinasi dua kipas untuk mendinginkan chip M2 dan R1 yang Apple gunakan pada headset mixed reality ini. Kalau membongkar sampai bagian ini sudah bisa dikatakan sulit, maka proses setelahnya adalah neraka yang sebenarnya.

Jika Rusak, Biaya Reparasi Resmi Tidaklah Murah

Biaya reparasi di Apple

Untuk membongkar semua bagian satu persatu, butuh banyak kombinasi antara baut, konektor, dan kabel. Mencerminkan kalau Apple Vision Pro ini memang tidak disarankan untuk lakukan reparasi bagi mereka yang tidak ahli.

Kecilnya printilan dan banyaknya jumlah baut menjadikan reparasi headset ini sosok mimpi buruk bagi mereka yang membuka jasa servis headset tersebut. Salah-salah kalau ada kabel yang putus karena ketidaksengajaan, yang ada malah harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli part-nya.

Apalagi kalau kalian membawanya ke service resmi. Apple sendiri mengenakan biaya $800 untuk penggantian kaca depan dan $2400 untuk kerusakan lainnya. Sungguh terlalu ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version