Istilah dalam Game Yu-Gi-Oh Master Duel yang Wajib Kamu Pahami!

Yu-Gi-Oh Master Duel Istilah

Bermain game Kartu Anak-Anak ini memang sangat mengasyikan. Namun terkadang ada istilah yang tidak diketahui oleh pemain baru Yu-Gi-Oh Master Duel sehingga mereka bingung dan tidak mengerti maksud dari istilah tersebut.

Pada artikel ini kami akan merangkum apa saja istilah yang ada pada game Yu-Gi-Oh Master Duel agar kamu tidak bingung lagi ketika bermain game ini. Artikel in iakan terus diupdate secara berkala agar menjadi kamus yang lengkap bagi para pemain baru game ini.

Berikut adalah istilah – istilah dalam game Yu-Gi-Oh Master Duel yang wajib kamu ketahui :

Istilah di Game Yu-Gi-Oh Master Duel

Istilah dalam Game Yu-Gi-Oh Master Duel yang Wajib Kamu Pahami! 2

OTK

OTK merupakan istilah Yu-Gi-Oh Master Duel dimana pemain dapat melakukan One Turn Kill atau Mengalahkan lawan dalam satu turn dengan damage yang besar. Biasanya hal ini dilakukan dengan menggunakan kartu Beat Stick dengan damage tinggi sehingga musuh langsung dikalahkan dalam 1 putaran.

FTK

FTK atau First Turn Kill merupakan istilah game Yu-Gi-Oh Master Duel dimana pemain dapat memenangkan pertandingan pada giliran pertama. Dalam permainan Yu-Gi-Oh! giliran pertama tidak dapat menyerang sehingga cara memenangkan pertandingan hanya menggunakan kartu yang dapat memberikan effect damage diluar serangan biasa atau menggunakan kartu seperti Exodia.

META

META adalah singkatan dari Most Effective Tactics Available yang merupakan istilah untuk menyebut Deck Yu-Gi-Oh Master Duel yang paling efektif atau bagus. Ketika deck tersebut kuat dan juga sangat efektif untuk memenangkan pertandingan, maka deck tersebut dapat dikatakan sebagai Meta Deck.

Staple

Staple adalah istilah untuk kartu yang bagus dan dapat digunakan dalam berbagai deck. Kartu – kartu staple ini dapat digunakan di hampir semua deck dan dapat memberikan efek yang membantu pemain dalam bertanding. Seperti contohnya adalah Ash Blossom & Joyous Spring, Maxx “C”, Nibiru, Harpie’s Feather Duster, dan sebagainya.

Hand Trap

Hand Trap adalah kartu yang efeknya dapat diaktifkan dari tangan pemain. Kartu ini merupakan kartu yang tidak perlu di Set terlebih dahulu sehingga pemain dapat melakukan aktifasi tanpa perlu menggunakan field mereka. Contoh dari kartu ini adalah pat memberikan efek yang membantu pemain dalam bertanding. Seperti contohnya adalah Ash Blossom & Joyous Spring dan juga Maxx “C”.

Banlist

Banlist adalah istilah untuk list kartu Yu-Gi-Oh Master Duel yang masuk kedalam list yang berisikan kartu Ban, Limited, Semi limited, atau Unlimited. Banlist biasanya diupdate setiap 3 bulan sekali. Namun terkadang bisa saja lebih cepat ataupun lebih lambat dari waktu yang seharusnya.

Ban

Ban adalah istilah untuk kartu yang tidak dapat digunakan dalam permainan. Biasanya kartu yang di Ban merupakan kartu yang memiliki efek yang sangat kuat dan membuat permainan menjadi tidak seimbang. Beberapa kartu ada yang telah masuk Ban secara permanent karena sudah ada kartu baru yang memiliki efek yang sama namun dengan restriksi yang lebih banyak.

Limited

Limited merupakan istilah untuk kartu yang hanya boleh dibawa sebanyak 1 buah saja dalam sebuah deck. Kartu – Kartu limited biasanya memiliki efek yang kuat jika dibawa lebih dari 1. Hal ini dilakukan agar efek kartu tersebut tidak begitu kuat.

Semi Limited

Semi limited merupakan istilah untuk kartu yang hanya boleh dibawa sebanyak 2 buah saja dalam sebuah deck. Kartu Semi limited ini biasanya juga cukup kuat ataupun sangat konsisten jika ada 3 buah dalam sebuah deck sehingga masuk kedalam Semi Limited untuk menurunkan konsistensi Deck tersebut.

Unlimited

Unlimited adalah istilah kartu yang dapat dibawa sebanyak 3 buah dalam sebuah deck. Kartu Unlimited merupakan standar kartu dalam game Yu-Gi-Oh! karena peraturan dalam game ini hanya membolehkan pemain membawa 3 buah kartu dengan nama yang sama dalam sebuah deck.

Control Deck

Control Deck adalah istilah untuk menyebut Deck kartu Yu-Gi-Oh Master Duel yang dapat mengendalikan permainan. Seperti misalnya lawan tidak dapat melakukan summon, menyerang, atau melakukan aktifasi efek dalam sebuah turn. Deck seperti ini biasanya berfokus untuk mengunci pergerakan Lawan. Contoh Deck Control adalah Stun Lock, Drytron, dan Eldlich.

Scoop

Scoop adalah istilah yang digunakan ketika pemain akan mengakui kekalahan sebelum pertarungan berakhir. Sebutan ini lahir karena pemain yang menyerah langsung mengumpulkan kartu (sehingga disebut Scoop) untuk memulai pertandingan selanjutnya.

ST

ST atau S&T atau juga S/T adalah instillah untuk menyebut kartu Spell dan Trap. Pada game Yu-Gi-Oh! kartu pada dasarnya dibagi 2 yaitu kartu Monster dan juga kartu Spell & Trap. Sehingga pemain lebih gampang menyebutnya sebagai ST untuk menyebut kartu Spell & Trap.

Beatstick

Beatstick adalah istilah untuk menyebut kartu dengan damage serangan tinggi. Meskipun beberapa kartu Beatstick memiliki efek yang cukup bagus seperti Accesscode Talker, namun pada dasarnya kartu ini hanya berguna untuk menyerang saja karena memiliki damage yang sangat tinggi.

Brick

Brick adalah istilah dimana pemain mendapatkan kartu yang membuat pemain tersebut tidak dapat melakukan Combo ataupun membuat combo namun tidak maksimal. Brick biasanya membuat pemain tidak bisa melakukan apa – apa dalam turn pemain tersebut.

Engine

Engine adalah istilah untuk kartu yang dapat membuat pemain mencapai situasi yang mereka inginkan. Kartu – kartu engine biasanya digunakan dalam Combo sehingga pemain dapat melakukan summon Boss Monster yang mereka bawa dalam pertarungan. Contohnya adalah kartu Kerass, Fraktall, Kitt, dan Nervall dalam deck Tri-Brigade.

Extender

Extender adalah kartu yang dapat memfasilitasi permainan dan dapat membuat pemain menyambung combo ketika diganggu oleh lawan. Kartu yang termasuk sebagai Extender contohnya adalah Isolde, Two Tales of the Noble Knights.

Floodgate

Floodgate adalah istilah untuk kartu yang membuat pemain atau kedua pemain tidak dapat melakukan aksi – aksi tertentu. Contoh kartu floodgate adalah Skill Drain, Imperial Order, dan Vanity’s Emptiness.

Game / Lethal

Istilah ini digunakan untuk kartu / aksi yang dapat memastikan kemenangan. Contoh istilah ini yang sering digunakan adalah “Cowboy for Game” dimana pemain akan menggunakan kartu Gagaga Cowboy untuk memberikan burn damage ketika mereka membutuhkan sedikit lagi damage untuk menang.

Lock

Lock adalah istilah yang digunakan untuk membuat kartu atau aksi lawan dikunci sehingga lawan tidak dapat melakukan apa – apa. Lock yang terkenal dulu adalah Yata Lock dimana pemain lawan tidak akan dapat melakukan apapun ketika combo ini sudah keluar. Combo lock ini telah di ban dan sekarang sudah banyak variasi Lock seperti Stun Lock, dsb.

Generic

Generic adalah sebutan untuk kartu Extra Deck yang memiliki syarat material summon yang umum dan tidak spesifik. Kartu Extra Deck yang tidak memberi syarat material dengan nama monster ataupun syarat spesifik dapat dikategorikan sebagai kartu Generic.

Maxx “C” Challenge

Maxx “C” Challenge adalah istilah dimana pemain menerima tantangan lawan yang menggunakan efek kartu Maxx “C” dan harus memenangkan pertandingan dalam turn tersebut. Efek dari Maxx C adalah pemain yang mengaktifkan efek ini akan melakukan Draw 1 kartu setiap lawan melakukan special summon. Pemain yang menerima tantangan ini harus bisa mengalahkan lawan dalam turn tersebut karena nantinya di turn selanjutnya lawan akan memiliki banyak kartu dan memiliki kesempatan menang yang lebih tinggi.

Missing the timing

Adalah istilah untuk kegagalan pengatifan kartu atau efek ketika kartu tersebut dapat diaktifkan karena Timing kartu tersebut berubah sehingga tidak dapat diaktifasi.

Rogue Deck

Rogue Deck adalah sebutan untuk Deck yang jarang atau bahkan tidak digunakan dalam pertandingan competitive. Rogue Deck bukan deck yang lemah namun deck – deck tersebut tidak begitu efisien dalam kompetitif yang membutuhkan deck META.

Chain Block

Chain block adalah sebuah cara menutup aktivasi efek kartu pemain agar tidak dapat diganggu oleh efek chain kartu lawan. Contoh sederhananya ketika kamu ingin efek Tri-Brigade Nervall aktif dan tidak ingin di Negate oleh lawan, maka kamu akan mengaktifkan efek ini berbarengan dengan Tri-Brigade Kitt ketika mereka masuk ke graveyard secara bersamaan oleh efek Tri-Brigade Revolt.

Mill

Mill adalah istilah yang digunakan ketika seorang pemain mengirim kartu – kartu mereka dari deck ke Graveyard. Pada mekanik Yu-Gi-Oh Master Duel sekarang, banyak monster yang lebih baik berada di Graveyard karena mereka memiliki efek Graveyard yang bagus.

Minus & Plus

Plus dan Minus adalah istilah yang digunakan dalam penggunaan kartu di game ini. Minus adalah pengurangan kartu yang ada pada tangan / field sementara plus adalah penambahan kartu pada tangan / field. Seperti misalnya efek Pot of Greed yang memiliki efek Draw 2 Cards merupakan kartu plus 1 karena pemain mengaktifkan 1 kartu yang artinya minus 1 dan mendapatkan 2 kartu atau plus 2 sehingga menghasilkan plus 1.

Stall

Stall adalah istilah untuk mengulur permainan tanpa menggunakan efek kartu. Hal ini akan mendapat pinalti pada pertandinga turnamen.

Heart of the Cards

Istilah unik ini maksudnya adalah kartu bagus yang keluar ketika draw. Dimana pemain terkadang mendapatkan kartu yang dibutuhkan pada saat itu juga untuk mengembalikan keadaan. Istilah ini juga bisa digunakan untuk Deck yang bergantung dengan

Kaiju’d

Kaiju adalah istilah untuk menimpa kartu musuh dengan monster yang pemain miliki. Istilah ini lahir dari efek kartu Archetype Kaiju yang memiliki efek tribute summon monster tersebut ke field lawan dengan melakukan tribute 1 monster lawan.

Nah itulah Istilah yang wajib kamu ketahui dalam game Yu-Gi-Oh Master Duel sehingga kamu tidak pusing ketika berinteraksi dalam komunitasnya. Apakah kamu siap mempercayai Heart of the Cards, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version