Isu Scrolling Google Chrome akan Diberantas di Android 14

Isu Scrolling Google Chrome

Kalau kalian pengguna peramban Chrome di Android, pasti pernah merasakan kalau pengalaman scrolling tidak mulus, apalagi bagi mereka yang sudah pernah merasakan nikmatnya scrolling di Chrome iOS.

Ternyata hal ini bukan disengaja dan Google sudah terlihat akan memperbaiki isu tersebut, setidaknya untuk pengguna Android 14.

Isu Scrolling Google Chrome akan Di-Fix di Android 14

Scroll Chrome di Android tidak mulus

Melalui blog post Chromium yang dirilis oleh Google, menunjukkan kalau sumber masalah ini ternyata sangat dalam dan membutuhkan implementasi yang tepat. Dikarenakan algoritma  touch input Android yang sering membuat scrolling terlihat stutter, berbagai vendor pihak ketiga harus menciptakan algoritma sendiri agar smooth scrolling tidak terealisasi.

Sayangnya karena isu kompatibilitas, Google Chrome tidak dapat berpindah ke algoritma tersebut dan jadinya pengguna tetap mendapatkan pengalaman scrolling yang tidak nyaman. Untungnya semua ini akan berubah di Android 14 tahun ini.

Android terbaru nanti akan perbaiki scrolling Chrome

Demi memberantas isu tersebut, Google merilis seperangkat API baru yang mereka beri nama Nanosecond API. Kelak PI baru ini akan membolehkan app menangkap sample touch input dalam hitungan nano detik dibanding sebelumnya mili detik.

Scrolling Jadi 2 Kali Lipat Lebih Mulus

Dikabarkan jadi 2 kali lipat lebih mulus

Dari hasil presentasi yang mereka perlihatkan, scrolling jadi terlihat 2x lebih mulus dibanding APi sebelumnya. Hanya saja karena API Nanosecond ini baru dikenalkan di Android 14, berarti kebanyakan pengguna Android tidak bisa menikmati fitur ini secara day-one.

Tapi patut diapresiasikan kalau Android akhirnya akan mendapatkan pengalaman scrolling di Chrome yang selayaknya mereka dapatkan dan tidak berbeda dengan versi iOS. Mengenai kapan Android 14 rilis, kabarnya sih tahun ini. Tapi berita terbaru mengatakan kalau Google mengundur perilisan versi stabil Android tahun ini. 

Bagaimana menurut kalian soal ini? Apakah kalian juga alami scrolling yang kurang mulus di perangkat Android? Coba beri komentar di bawah ya brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version