Isu Spyware Di WhatsApp, BSSN Sarankan Update Ke Versi Terbaru


Follow Us

Saat ini sedang merebak isu tentang dibobolnya sistem dari sebuah aplikasi berbalas pesan yang populer di dunia, yaitu WatsApp. Isu itu tentang ditanamkannya sebuah aplikasi berbahaya yang bernama spyware.

Nulis artikel dibayar

View this post on Instagram

Siberman, apakah kamu pengguna WhatsApp? Pada 13 Mei 2019, Facebook menerbitkan himbauan mengenai celah keamanan Remote Code Execution (RCE) CVE-2019-3568 pada salah satu aplikasi miliknya, yaitu WhatsApp. Celah keamanan ini memungkinkan penyerang untuk mengeksploitasi fungsi Panggilan Telepon pada aplikasi WhatsApp untuk menghubungi ponsel target dan kemudian melakukan instalasi malware secara remote. Untuk menghindari resiko ini, pastikan aplikasi WhatsApp kamu sudah ter-update dengan versi terbaru Android: v2.19.134 iOS: v2.19.51 Windows Phone: v2.18.348 Tizen: v2.18.15 Dan bagi kamu yang juga menggunakan WhatsApp Business, segera update ke versi terbaru Android: v2.19.44 iOS: v2.19.51 Yuk segera update aplikasi WhatsApp kamu! #BSSN #BSSNuntukIndonesia #BSSNsecurityadvisory #whatsapp #securityadvisory

A post shared by BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA (@bssn_ri) on

Kasus ini pertama kali muncul setelah sebuah media asal Amerika yaitu Financial Times, mereka melaporkan bahwa ada sebuah aplikasi berbahaya yang ditanamkan didalam aplikask WhatsApp itu. Oleh karena itu Facebook selaku pemilik dari WhatsApp kemudian menyarankan kepada para penggunanya untuk segera mengupdate versi dari aplikasi tersebut. Imbauan ini dilaporkan pada press release Facebook tentang adanya sebuah celah keamanan Remote Code Executor (RCE) CVE-2019-3568 pada aplikasi WhatsApp dimana para peretas bisa mengendalikan fungsi HP kamu, seperti menelfon temanmu atas nama kamu dan fungsi lainya.

Oleh karena itu BSSN juga merilis sebuah informasi yang sama, karena di Indonesia ditakutkan akan ada yang menjadi korban dari keganasan spyware tersebut. Dalam postingan mereka di official account Instargram, mereka menghimbau untuk mengupdate versi WhatsApp kamu ke versi terbaru, tidak hanya Android namun iOS dan semua sistem operasi harus mengupdatenya.

Tidak hanya memberikan imbauan semata, Badan Siber Dan Sandi Negara juga memberi sebuah informasi tentang apa itu Spyware dan apa saja yang dapat dikontrol melalui aplikasi tersebut.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya tentang tech dari Rizki


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item