Itch.io: NFT Hanyalah Penipuan dan Perusak Planet

E1f32880fa

Ketika publisher game besar mencoba untuk menormalkan implementasi NFT seperti yang dilakukan oleh Ubisoft, Square Enix, EA dan juga Konami, para pendiri marketplace tampaknya justru menolak keras teknologi blockchain tersebut.

Steam telah “mengusir” semua game dengan elemen NFT, cryptocurrency dan teknologi blockchain lainnya pada toko digital mereka. Kini Itch.io juga akan melakukan hal serupa lewat pernyataan panas mereka di Twitter.

Dibagikan pada weekend lalu, Itch.io yang dikenal sebagai toko digital para developer indie mengumumkan perang mereka terhadap NFT dan bahkan menyebut teknologi blockchain tersebut sebagai “penipuan”

“Beberapa bertanya akan pendapat kami tentang NFT.

NFT adalah pembohongan. Apabila kamu benar-benar berpikir mereka [NFT] itu memang ada gunanya selain dari eksploitasi kreator, pembohongan finansial, dan juga perusak planet maka kami meminta kamu untuk segera mengevaluasi kembali hidupmu.”

NFT pada video game memang tidak memiliki reputasi yang baik. Banyak kasus yang terjadi mulai dari pencurian aset game lain, kualitas game yang dipertanyakan, nilai dari mata uang yang dibuat, rawan masalah sekuritas, dan masih banyak lagi. Bahkan tanpa masalah-masalah tersebut, NFT terus dipandang sebagai perusak lingkungan karena konsumsi daya yang begitu tinggi di tiap transaksi yang terjadi.

NFT memang benar-benar menjadi bahan pembicaraan besar, tak hanya di industri game, tetapi di dunia maya dan juga artis digital pada umumnya. Memberi artis akses baru untuk menjual karya mereka memang terdengar bagus di konsep, namun realitanya pasar NFT lebih banyak diisi oleh “investor” yang lebih pentingkan nama dibandingkan kualitas sebuah seni yang dibagikan serta pencuri aset milik orang lain.

Itch.io lebih ditujukan sebagai tempat para developer indie kecil merilis game mereka tanpa dana besar dibanding merilis ke Steam atau marketplace console. Maka implementasi NFT tidak ada untungnya sama sekali pada platform toko tersebut. Namun pada akhirnya pendapat dari perusahaan tersebut didukung positif oleh netizen.


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version