Jadwal Lengkap Event Video Game 2021: E3, Ubisoft Forward, dan yang Lain

in

2021 menjadi tahun kedua sejak pandemi COVID-19 melanda. Industri video game yang masih berjaya kembali mengumumkan bahwa event yang sekaligus menjadi pengumuman game mereka akan kembali digelar secara digital.

Absennya E3 2020 dan kembalinya event yang diselenggarakan ESA tersebut tahun ini bukan lagi menjadi sorotan utama para publisher ternama. Hal ini karena sebagian besar dari mereka yang kini memiliki event tersendiri untuk umumkan game-game terbarunya.

Tak hanya event dari para publisher, event dari pihak ketiga terutama para mantan jurnalis video game yang masih berkecimpung di dalamnya juga turut andil meramaikannya. Sebagian memang dimulai pada tahun 2020, namun tak sedikit yang melanjutkannya tahun ini.

Lantas, apa saja event video game yang akan meramaikan tahun 2021? Berikut daftar lengkapnya.

Disclaimer
  • Event belum diumumkan semuanya.
  • Activision, Epic Games, dan PlayStation yang tak ikut meramaikan E3 2021 masih belum mengumumkan kapan eventnya akan diselenggarakan.
  • Kami kemungkinan akan memberikan update jika terdapat tambahan tanggal event.

14-15 Mei 2021 – Final Fantasy XIV Digital Fan Festival

Final Fantasy Xiv Digital Fan Festival Coming In A Few Days

Event ini akan berikan informasi baru tentang konten teranyar Endwalker, ekspansi Final Fantasy XIV saat ini. Namun tidak menutup kemungkinan mereka akan mengumumkan ekspansi baru atau konten menarik lain dalam eventnya. Kamu bisa cek situs resminya untuk informasi lebih lanjut. Namun saya menyarankanmu untuk menonton Letter from the Producer di hari kedua, di mana Director sekaligus Produser gamenya (yang kini juga dipasrahi menjadi Produser Final Fantasy XVI), Naoki Yoshida akan mengumumkan hal krusial terkait pengembangan gamenya.

20 Mei 2021 – NetEase Connect 2021

NetEase merupakan salah satu saingan besar Tencent soal urusan video game khususnya mobile. Mereka juga merupakan salah satu perusahaan video game terbesar di Tiongkok saat ini. Dalam event NetEase Connect 2021, kali ini mereka akan gaet pasar luar Tiongkok dengan livestream berbahasa Inggris di YouTube untuk pertamakalinya. Event ini akan hadirkan 12 game baru, salah satunya Naraka: Bladepoint yang saat ini tengah jalani open beta di Steam.

5 Juni 2021 – Indie Live Expo

Indie Live Expo 2021 merupakan event ketiga yang fokus pada indie game untuk pasar Asia. Beberapa event sebelumnya, mereka hadirkan Swery dan Toby Fox sebagai bintang tamu. Kemungkinan besar event ini takkan umumkan game baru, namun hadirkan beberapa cuplikan game indie keren yang patut diantisipasi atau mungkin telah ada di pasar global namun belum ada di Asia secara spesifik.

12-15 Juni 2021 – E3 2021

E3 2021 jadi event digital yang aka dilaksanakan tanggal 12-15 Juni nanti. Event ini akan dihadiri beberapa perusahaan seperti Nintendo, Xbox, Ubisoft, Take Two (induk perusahaan 2K dan Rockstar), Capcom, Warner Bros, dan Koch Media untuk gelombang pertama. Focus Home Interactive tak ketinggalan ikut dalam event ini.

Gelombang kedua akan dihadiri oleh Square-Enix, Sega, Bandai Namco, Gearbox, XSEED, Verizon, Freedom Games, Devious Eye Entertainment, Turtle Beach, dan Binge.com.

Beberapa media ternama seperti Polygon, IGN, GameSpot, GamesRadar, dan PC Gamer akan bekerja bersama E3 atas beragam konten menarik lainnya.

12 Juni 2021 – E3 2021: Ubisoft Forward

Ubiforward

Ubisoft Forward akan hadir tanggal 12 Juni jam 12:00 waktu Amerika atau tanggal 13 Juni jam 02:00 WIB dini hari. Belum jelas game apa yang akan mereka umumkan, namun banyak yang berekspektasi bahwa mereka akan berikan kejelasan soal Far Cry 6, Rainbow Six Quarantine, dan yang lain. Tidak diketahui juga apakah game mitos Beyond Good & Evil 2 maupun Skull & Bones juga akan dapatkan kabar.

13 Juni 2021 – E3 2021: PC Gaming Show

PC Gaming Show akan hadirkan banyak sekali game juga hadir di PC. Belum ada kejelasan game apa yang akan PC Gamer ikut pamerkan. Namun yang jelas jika mereka kembali bisa meraih kesempatan untuk umumkan debut seperti Persona 4 Golden tahun lalu, maka event ini akan menjadi sangat menarik untuk dinantikan.

13 Juni 2021 – E3 2021: The Future Games Show

Bersama GamesRadar, The Future Games Show tak hanya akan hadirkan pengumuman game PC baru karena sejatinya ia adalah acara lain dari PC Gaming Show, melainkan beberapa game untuk console dan mobile. Campuran game AAA dan Indie akan menjadi ciri khas acara ini. Tahun lalu mereka sempat umumkan Sherlock Holmes: Chapter One, Ghostrunner, dan Kena: Bridge of Spirits.

16-22 Juni 2021 – Steam Next Fest

Steam Next Fest Date 900x506

Steam Next Fest adalah nama baru atau branding ulang dari Steam Game Festival. Event ini akan sama persis dengan nama lamanya di mana terdapat developer yang lakukan livestream game baru mereka, lengkap dengan demo gratis yang bisa dinikmati player selama event berlangsung.

Juni – Summer Game Fest

Tahun lalu, Summer Game Fest gantikan E3 setelah pembawa acara, mantan jurnalis GameSpot, serta kreator The Game Awards Geoff Keighley memutuskan untuk membuatnya. Meskipun begitu, acara ini tak hanya akan menggantikan E3 saja melainkan menjadi jajaran acara baru yang juga akan hadir tahun ini. Bulan Juni menjadi jadwal event ini dilaksanakan. Keighley masih belum memberikan kapan tepatnya.

Juni – Guerrilla Collective

Guerrilla Collective merupakan acara untuk umumkan beberapa game indie dan publisher kelas menengah. Event organisernya bekerjasama dengan beberapa publisher seperti Paradox. Belum ada kejelasan apa yang akan mereka hadirkan di tahun 2021, namun yang jelas eventnya akan diselenggarakan bulan Juni nanti.

17 Juli 2021 – Tennocon 2021 (Warframe)

Tak hanya pengumuman konten baru yang biasanya merupakan major content untuk Warframe, TennoCon 2021 juga akan hadirkan event komunitas dan penjualan merchandise untuk dukung Unity Project for Relief of Homelessness.

22 Juli 2021 – EA Play 2021

EA mengumumkan bahwa EA Play takkan menjadi bagian dari E3 2021. Mereka akan menggelar eventnya secara terpisah pada tanggal 22 Juli 2021 nanti. Belum jelas game apa yang akan diumumkan, namun dipastikan Battlefield baru akan menjadi sorotan utama dalam event digital ini.

19-21 Agustus 2021 – QuakeCon 2021

Id Software mengumumkan bahwa QuakeCon akan diselenggarakan sebagai event digital tahun ini. Umumnya event ini akan pamerkan game buatan id Software seperti RAGE atau Quake. Namun Bethesda memanfaatkannya untuk pamerkan game mereka. Belum jelas apa yang akan diumumkan dalam eventnya tahun ini.

24 Agustus 2021 – Gamescom Opening Night Live

Kembali dibawakan oleh Geoff Keighley, Gamescom Opening Night Live yang fokus pada event gaming Eropa akan hadirkan sebagian besar pengumuman dan berita baru tentang industri video game. Belum ada kejelasan apa yang akan diumumkan dalam event ini.

25-29 Agustus 2021 – Gamescom 2021

Gamescom umumnya menjadi festival video game Eropa dengan booth dan demo yang bisa dicoba oleh para playernya. Namun karena pandemi, tahun ini pihak penyelenggara akan melaksanakannya secara digital. Tentu saja semua pengumuman dan apapun yang akan mereka umumkan masih ditutup rapat tanpa informasi lebih lanjut.

16 Oktober 2021 – DC Fandome (DC Video Games, Comic, etc)

Belum jelas apakan DC Fandome akan jadi event video game, namun karena tahun lalu mereka juga mengumumkan video game Suicide Squad: Kill the Justice League dan Gotham Knights, aman rasanya jika kali ini mereka akan melanjutkan tradisi tersebut.


Itulah event video game yang akan digelar tahun 2021 nanti. Kami belum mendapatkan informasi untuk PlayStation, Epic Games, dan Activision karena mereka belum memutuskan apapun. Namun kami akan berusaha memberikan update jika mereka telah mengumumkannya.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.