JBL Umumkan Lini Headset Gaming Pertamanya di Indonesia

Jbl Quantum Cover
JBL ikut dalam ranah video game.

Bagi para penikmat audio, JBL mungkin bukanlah nama yang asing. Perusahaan manufaktur audio tersebut telah berpengalaman lebih dari 70 tahun meracik perangkat keras untuk menyenangkan telinga para audiophile di luar sana. Perjalanannya selama beberapa tahun membuat mereka memantapkan diri untuk terjun ke ranah lain, salah satunya adalah gaming dan esports.

Cek Harga JBL Quantum di Shopee

JBL resmi mengumumkan lini headset dan earphone gaming pertama mereka yang termasuk dalam seri Quantum di Indonesia. Terdapat tujuh produk yang mereka lepas: Quantum 100, 200, 300, 400, 600, 800, dan versi flagshipnya, ONE.

Dilengkapi dengan QuantumSOUND Signature andalannya, JBL Quantum series janjikan kualitas suara yang memukau dan akurat untuk bermain beberapa game kompetitif. Fitur 360 QuantumSphere surroundnya akan bekerja memberikan pengalaman yang imersif bagi beberapa game yang membutuhkan tingkat konsentrasi suara yang tinggi seperti Fortnite, PUBG, Apex, CSGO, Valorant, hingga yang lain.

Dapatkan Penawaran Menarik JBL Quantum di Bukalapak

Selain teknologi tersebut, headset gaming pertama dari JBL tersebut juga dilengkapi sebuah software bernama JBL QuantumENGINE yang mampu mengatur semua fitur yang dimilikinya seperti lampu RGB hingga yang lain. Termasuk sistem sensor pelacakan kepala yang terintegrasi. Sebuah fitur yang akan mendeteksi tinggi badan dan besar kepala demi kalibrasikan suara dalam video game.

Menariknya, headset JBL yang satu ini akan miliki mikrofon flip-up atau boom yang dapat dilepas terbaik di kelasnya dengan teknologi peredam gema. Mungkinkan player untuk fokus pada suara tertentu daripada gangguan suara dari luar maupun di balik layar.

JBL Quantum akan dilengkapi dengan bantalan telinga berbalut kulit polyurethane untuk model 100, 200, 300, dan 400. Sementara bantalan premium kulitnya hanya akan tersedia pada model 600, 800, dan ONE.

Sayangnya, salah satu perwakilan dari Harman Indonesia selaku perusahaan produksi brand JBL, Malisa mengatakan bahwa bantalan kulit yang kokoh tersebut tak bisa dilepas saat nanti mengalami kerusakan. Ia menganjurkan pada pelanggan untuk datang ke kantor cabang resmi JBL untuk memperbaikinya apabila bantalan tersebut rusak selama masih dalam masa garansi satu tahun.

Setiap headset akan memiliki beberapa konektivitas yang berbeda, baik audio jack 3.5mm dan USB. Menjadikannya lebih mudah untuk disambungkan via PC, PlayStation 4, Xbox One, Switch, maupun mobile. Beberapa serinya seperti 600 dan 800 bahkan memiliki konektivitas wireless yang bisa dinikmati oleh mereka yang tak ingin terganggu oleh kabel.

Fitur setiap model JBL Quantum

Malisa mengatakan dalam konferensi pers online via Google Meet bahwa headset versi 600 ke atas akan miliki pre-built surround 7.1. Hal ini karena software QuantumENGINE mampu mengatur pilihan surround sound atau DTS:X (semacam teknologi multiple audio seperti Dolby Atmos) tanpa kehadiran preamp.

Beli JBL Quantum dengan Harga Paling Murah di Lazada

Kazuo Sawachi selaku Country Manager Harman Indonesia jelaskan bahwa Indonesia sendiri merupakan salah satu yang paling terakhir untuk peluncuran produk audio gaming JBL. Harman akan perluas jangkauannya di Indonesia untuk dukung perkembangan industri gaming dan esports.

Mereka telah menggaet salah satu partner yakni ONE Esports dari Thailand untuk melebarkan sayapnya dan mempromosikan produk tersebut di sana. Sementara di Indonesia sendiri kedepannya kerjasama serupa kemungkinan akan mereka lakukan.

Headset dan earphone JBL Quantum saat ini telah tersedia secara eksklusif di Blibli.


Baca lebih lanjut tentang JBL, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version