Jeff Kaplan Jelaskan Tujuan Server PTR Overwatch Dibuat

vlc 2017 01 18 06 27 46 65

Developer Overwatch selalu mengupload beberapa video developer update yang berisi update game dan pendapat developer tentang update, patch, dan respon player terhadap Overwatch. Melalui developer updatenya hari ini, Jeff Kaplan selaku sutradara Overwatch jelaskan mengenai PTR. Ia menjelaskan bahwa, server PTR atau Public Test Region/Public Test Round bukan hanya server yang dibuat agar player bisa mencoba beberapa perubahan atau hero baru sebelum diimplementasikan di server live-nya saja. Tujuan dibuatnya server PTR yang sebenarnya adalah agar Blizzard dapat memastikan bagaimana Overwatch stabil saat mereka melakukan patch di server live dengan meminimalisir bug yang kemungkinan akan terjadi.

Kaplan juga menjelaskan alasan PTR tidak ada di versi console. Berbeda dengan versi PC dimana Blizzard bisa melakukan apa saja yang mereka mau melalui Battlenet dan segera memperbaikinya bila terjadi masalah. Update untuk versi console membutuhkan sertifikasi dari Sony dan Microsoft terlebih dahulu sebelum mengimplementasikan patch seperti hero baru, atau balancing baru. Sertifikasi di console ini ada agar setiap game yang developer update tidak mempunyai masalah ketika diimplementasikan. Karena sertifikasi inilah terkadang update versi console harus sedikit terlambat dibandingkan versi PCnya. Selain itu, server PTR juga dibuat agar Blizzard bisa melakukan update serempak baik PC maupun console. Adanya server PTR juga membantu Blizzard agar update mereka lolos saat sertifikasi console, yang berarti saat “racikan” update terbaru Overwatch masih ada di PTR mereka belum siap untuk merilisnya di console.

Blizzard juga sedang mempertimbangkan beberapa feedback yang diberikan player tentang PTR. Salah satu contohnya adalah lootbox dan extra EXP agar semakin banyak player yang ikut meramaikan server PTR.

Beberapa update kali ini juga sedang terjadi di PTR, salah satunya adalah Sombra. Kaplan mengatakan bahwa Sombra adalah hero yang sangat kuat, namun belum banyak player yang bisa menguasainya dan memainkannya dengan benar. Ia juga menambahkan akan adanya minor buff untuk Sombra. Terdapat pendapat yang berbeda dengan player tentang Sombra dari developer, mereka mengatakan bahwa Sombra yang mereka buat bukanlah hero yang memiliki role sebagai assassin seperti hero offense lain, namun mereka melihat Sombra lebih ke hero dengan role yang setingkat dengan support hero. Menurut Blizzard, role utama Sombra adalah untuk mengacaukan pertahanan musuh dari belakang. Karena tujuan awal Blizzard membuat Sombra memang bukan sebagai hero yang mudah membunuh lawan-lawannya, namun Kaplan mengatakan kemungkinan hal itu bisa berubah di update selanjutnya.

Beberapa masalah update seperti tweak yang mereka lakukan terhadap hook milik Roadhog yang mendapatkan banyak feedback dari player juga Kaplan jelaskan. Ia menjelaskan bahwa, hook milik Roadhog memiliki banyak kekurangan baik dari Roadhog maupun korbannya. Mereka juga harus memikirkan solusi yang harus mereka berikan dari kedua sisi, baik sisi Roadhog player maupun korban yang terkena hook Roadhog. Kaplan memastikan akan membuat hook Roadhog lebih konsisten untuk update mendatang.

Meskipun menurut para player D.Va terlalu underpower, namun tidak menurut Kaplan. Ia mengatakan bahwa buff D.Va kali ini sudah membuatnya terlalu kuat, kemampuannya untuk bertahan hidup sangat tinggi, ia bisa kabur dengan sangat cepat, dan dengan kemampuan infinite ammo-nya player D.Va tidak perlu lagi memikirkan reload. Kaplan menambahkan bahwa mereka perlu melakukan tweak sekali lagi untuk D.Va.

Terakhir adalah respon tentang Ana yang perlu dibuat ulang, Kaplan tidak setuju mengenai hal itu, “Kami rasa kemampuan Ana sudah sangat bagus, bagaimana kemampuannya berinteraksi satu sama lain, kami hanya ingin menurunkan sedikit kemampuan overall healing miliknya”, imbuhnya.

Di akhir videonya, Kaplan juga menambahkan bahwa mereka tidak hanya mendengar feedback dari player di server PTR, namun juga mengawasi beberapa data statistik yang terjadi di PTR. Ia juga berkata bahwa mereka membuat PTR karena feedback yang player berikan pada developer, dan berharap mereka bisa mengembangkan game ini lebih baik lagi bersama player.

Source: Playoverwatch

Exit mobile version