Jelang Era Next-Gen, Penjualan Konsol PS4 dan Xbox One Alami Penurunan Drastis di US

in , , , ,

Termasuk lebih parah dibanding era Next Gen kemarin

Harus diakui, keberadaan era konsol Next Gen semakin lama telah mulai semakin dekat. Dengan jadwalnya untuk bisa kalian beli sekaligus miliki pada akhir 2020 nanti, tentunya di sekitaran waktu-waktu ini, banyak dari kita yang nampak sedang deg-degan dalam melihat bagaimana kapabilitas yang bisa PS5 dan Xbox Series X buat. Terutama dalam menyaksikan kualitas grafis hingga fitur-fitur unik yang ingin coba saling diadu satu sama lain.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Konsol PS5 (masih berwujud devkit) dan Xbox Series X

Di saat yang bersamaan, keberadaan mereka sayangnya juga ikut mulai menandai kesenjaan usia yang telah dimiliki oleh konsol pendahulunya. Secara logika, menurunnya penjualan konsol PS4 dan Xbox One di tahun 2020 karena bayang-bayang konsol next gen memang adalah hal yang cukup lazim terjadi. Namun bagaimana apabila hal itu coba disandingkan dengan gejala penurunan yang sempat begrulir pada era pergantian generasi konsol sebelumnya (untuk konsol PS3 dan Xbox 360) ?

Dilansir melalui data yang dihimpun oleh NPD, di US saja, penjualan konsol PS4 dan Xbox One telah mengalami mengalami penurunan yang cukup drastis pada bulan Januari kemarin. Bila dibandingkan dengan bulan Januari tahun lalu, penjualan konsol current gen saat ini telah alami penurunan sebanyak 26%. Menariknya, jumlah tersebut kabarnya tergolong jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan hasil penjualan konsol PS3 dan Xbox 360 pada masa penghujung usianya di awal 2013 kemarin, tutur Daniel Ahmad selaku analis yang ikut menambahkan.

Disamping beliau juga menginfokan penjualan konsol Switch yang hingga kini masih tetap tergolong stabil, Ahmad tak ketinggalan ikut mengemukakan beberapa faktor yang mungkin seolah telah berhasil membuat minat masyarakat terhadap konsol current-gen mulai semakin cepat turun dibanding sebelumnya.

Yang pertama yakni mengenai faktor harga yang kabarnya tidak banyak berbeda dengan harga-harga konsol current gen saat awal rilis. Selain itu, ia juga menyebutkan faktor kuatnya isu keberadaan fitur backward compatibility, beralihnya minat untuk memainkan game-game HD di perangkat lain, hingga ditundanya jendela rilis ari sejumlah game AAA penting yang kerap dinantikan oleh para pemain seperti Cyberpunk 2077, The Last of Us Part II, dan beberapa game terbaru milik Ubisoft.

Dari spekulasi alasan yang dikemukakan oleh Daniel Ahmad, apakah hal itu juga nampak mulai mempengaruhi minatmu untuk menahan diri dalam membeli konsol PS4 dan Xbox One di tahun 2020 ?

Sumber: NPD Group (via Eurogamer)


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.