Jerman Akan Blokir Loot Box Dalam Game

loot box

Loot Box akhir-akhir ini menjadi isu panas dalam industri video game. Meski banyak studio dan pengembang video game yang juga menyediakan microtransaction dalam game mereka, namun Electronic Arts/EA sepertinya menjadi satu-satunya perusahaan yang akan terus diingat oleh para pemain game sebagai perusahaan ‘jahat’ yang terlalu mengkomersilkan video game.

Star Wars: Battlefront 2 menjadi permulaan bagi itu semua. Belgia bahkan melakukan investigasi terhadap game tersebut atas indikasi adanya praktek perjudian. Adanya loot box dalam sebuah game memberikan peluang lebih besar bagi pemain untuk memenangkan sebuah pertandingan. Semakin mahal nilai transaksi loot box, semakin bagus item yang didapatkan pemain tersebut. Hal inilah yang kemudian dianggap sebagai perjudian, karena memberikan kesempatan pemain untuk menang berdasarkan pada keberuntungan.

Komisi Perlindungan Pemuda Perdebatkan Loot Box

Meski belum ada negara yang benar-benar mengatur microtransaction melalui undang-undang, namun semakin banyak negara yang nampaknya peduli terhadap masalah ini. Jerman menjadi salah satu negara yang juga memperdebatkan hal ini. Wolfgang Kreifsig, ketua Komisi Perlindungan Pemuda (Youth Protection Commision) mengatakan bahwa, “Saya rasa bisa dibayangkan bahwa loot box melanggar aturan terkait judi untuk anak di bawah usia dan kelompok minoritas.”

Maret diperkirakan menjadi batas akhir keputusan yang akan dikeluarkan oleh pihak otoritas Jerman. Namun perdebatan ini pun masih belum spesifik tentang bagaimana nantinya loot box akan diatur. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hamburg menunjukan bahwa minoritas pemain game, seperti yang dimaksud oleh Wolfgang, merupakan penyumbang besar hasil penjualan loot box. Dengan ini mungkin aturan mengenai loot box akan lebih spesifik pada ‘minoritas’ tersebut.

Bagaimanapun, Jerman merupakan negara besar yang industri video gamenya menyumbang angka mencapai $4 miliar per tahun. Selain itu Jerman juga merupakan rumah bagi Gamescom, sebuah even besar tahunan dalam industri video game. Dengan adanya aturan yang mengatur loot box, ini akan menjadi sesuatu yang dramatis bagi Jerman. TIdak menutup kemungkinan juga ketika aturan serupa akhirnya disahkan oleh salah satu negara, hal ini akan merembet dan membuat negara lain juga melakukan hal sama.

Exit mobile version