Joox Vs Spotify Kenali Perbedaan Kedua Applikasi Musik Streaming Tersebut!

Untitled

Dewasa ini, dengan gampangnya sebuah akses internet yang cepat, tak sedikit perusahaan – perusahaan yang menyediakan layanan streaming menggunakan media internet. Dimana pengguna tak lagi perlu menyisihkan storage yang dimilikinya untuk menyimpan  musik yang ingin didengarkannya dan hanya perlu menyisihkan internet yang dimilikinya untuk mendengarkan  musik  yang diminatinya. Di Indonesia sendiri, ada 2 layanan musik streaming yang paling populer dan cukup terkenal, yaitu Joox dan Spotify. Nah, berikut Gamebrott akan berikan 2 perbedaan applikasi musik streaming tersebut!

Joox

Joox sendiri merupakan applikasi musik yang dirilis oleh Tencent di Januari 2015 lalu dan memulai pasarnya pertama kali di Asia mulai dari Hong Kong, Malaysia, Indonesia, Myanmar dan Thailand. Dimana pengguna dapat mendengarkan lagu, dari berbagai artist dengan berbagai genre di dalamnya. Kerennya lagi, Joox berasal dari kata Jukebox yang jika di translate berupa mesin pemutar lagu. Pemain tidak hanya bisa mendengarkan streaming musik namun juga dapat menggunakan radio di dalamnya. Joox bisa dapat diakses melaui PC, maupun Handphone smartphone mu.

Spotify

Spotify sendiri merupakan layanan applikasi streaming yang diluncurkan pertama kali di tahun 2008 lalu. Pengguna bisa mendengarkan lebih dari 50 juta tracks lagu dalam applikasi tersebut, dari Artis, album, genre dan membuat serta mengedit berbagai macam playlist lagu yang diinginkannya.


Setelah mengenali kedua jenis applikasi streaming yang cukup populer tersebut, tentu pengguna merasa kebingungan. Sebenarnya applikasi mana sih yang lebih bagus? Nah, berikut Gamebrott akan memberikan beberapa rangkuman perbedaan applikasi tersebut dalam berbagai aspek.

Mana yang Gratis?

Kiri : Joox, Kanan : Spotify

Sebenarnya, kedua applikasi tersebut bisa digunakan secara gratis. Namun memiliki banyak limitasi yang membuat pengguna tidak bebas dalam mendengarkan musik. Misalkan saja di Spotify, Pemain tidak dapat memilih lagu yang diinginkan jika pemain tidak membeli Spotify Premiumnya, dalam sebuah playlist yang diberikan, pengguna tidak dapat memilih lagu yang diinginkannya, dan Spotify hanya akan membuat mu mendengarkan semua lagu yang terdapat dalam playlist tersebut sebelum lagu yang kamu inginkan dapat terputar. Pengguna juga harus mendengarkan ads yang akan ada di sela lagu, dan pengguna tidak dapat terus – terusan melakukan skip pada lagu yang tidak ingin di dengarkannya.

Sedangkan untuk Joox sendiri, hanya ada beberapa pilihan lagu yang bisa didengarkan dalam joox versi tidak VIP ini misalkan saja pemain ingin mendengarkan lagu Despacito, namun jika di sampingnya tertulis VIP, pemain harus terlebih dahulu membeli layanan VIP applikasi tersebut sebelum bisa mendengarkannya dan Akan ada berbagai ads yang di berikan oleh layanan tersebut untuk para penggunanya di sela musik.

Namun untuk kalian para pencari gratisan, mungkin kalian bisa memilih Joox, hal ini dikarenakan pengguna bisa memilih lagu yang diinginkan, dan lagu – lagu yang disediakan pun cukup banyak cakupannya dari berbagai jenis artis dan genre. Dan terlebih lagi, Joox juga memiliki layanan dimana pengguna bisa mencoba Joox Premium secara gratis selama beberapa saat dengan menyelesaikan beberapa misi yang dihadirkan dalam applikasi tersebut.

Kualitas Lagu yang didengarkan?

Karena keduanya merupakan layanan musik, tentunya kalian sebagai calon pengguna penasaran dengan kualitas suara yang diberikan baik dari Joox maupun Spotify bukan. Nah, untuk Joox sendiri, pengguna memiliki 3 pilihan di setting untuk merubah kualitas suara yang diinginkan, yaitu Low, Medium, dan High. Hal ini diperuntukkan untuk kalian yang memiliki paket data yang rendah namun masih ingin mendengarkan musik, tentunya semakin kecil kualitas suara tersebut semakin rendah pula penggunaan paket data kalian. Namun jangan salah, kualitas yang diberikan cukup bagus dan masih bisa di tingkatkan lagi jika kalian menggunakan fitur VIPnya ke DTS.

Untuk Spotify sendiri, baik itu premium maupun tidak, Spotify memberikan kualitas suara yang sangat baik, dan sangat jernih. Namun pengguna juga bisa mengatur kualitasnya dari Low, Medium dan High, serta mengatur volume suara yang ingin didengarkannya. Terlebih, dalam Tunefab, banyak sekali pengguna yang mengatakan bahwa kualitas suara yang diberikan oleh Spotify memang lebih baik dari pada Joox.

Banyaknya Musik yang bisa dipilih?

Dalam hal ini, Spotify memiliki lebih banyak musik yang bisa dipilih dan didengarkan. Hal ini mungkin dikarenakan Spotify lebih hadir dalam dunia layanan streaming. Terlebih lagi, sebagai pengguna keduanya, penulis merasa Spotify memiliki koleksi musik yang lebih lengkap dibandingkan dengan Joox. Namun bukan berarti Joox tidak memiliki katalog musik yang lengkap, hanya saja jika dibandingkan dengan Spotify, Joox terlihat lebih kurang.


Kesimpulan

Jika melihat dari artikel diatas, tentu keduanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing – masing. Misalkan saja, Joox yang lebih menguntungkan para pengguna “gratisan” sedangkan Spotify yang memiliki kualitas suara serta katalog musik yang lebih lengkap. Namun secara pribadi penulis lebih menyukai layanan musik streaming Spotify dibandingkan Joox. Alasannya karena : Penulis tidak frustasi mencari lagu – lagu di Spotify karena memiliki katalog yang lebih lengkap (Karena penulis senang mendengarkan lagu – lagu lawas), dibandingkan dengan Joox.

Lalu, bagaimana menurut pembaca, layanan applikasi musik apa yang kalian sukai?

Baca terus artikel lain mengenai applikasi Spotify dan Joox, serta artikel lain dari penulis kita Jay!

Exit mobile version