Berapa Jumlah Core CPU yang Kalian Butuhkan di PC Gaming Tahun 2023?

Jumlah Core Cpu

Dulu bila ditanya berapa jumlah core CPU untuk sebuah PC gaming, rata-rata gamer beberapa waktu silam akan menjawab minimal 4 Core sudah cukup mumpuni. Namun, perkembangan industri game semakin pesat dan CPU yang dulunya sudah jago untuk kebutuhan gaming, kini sudah sedikit kewalahan mengangkat game-game baru yang lebih CPU intensif.

Jadi pertanyaannya sekarang, berapa jumlah core CPU yang ideal bila ingin rakit mesin gaming di tahun 2023 ke depan agar tidak salah pilih? Sebelum kami menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita kilas singkat terlebih dahulu apa maksudnya CPU core dan istilah-istilah yang umum ada di pembahasan prosesor.

Jumlah Core CPU dan Pengertiannya

Jumlah core CPU ideal dalam PC gaming

CPU atau Central Processing Unit adalah sebuah unit inti pada prosesor yang bekerja untuk mengolah instruksi. Zaman dulu tiap CPU hanya punya satu core yang bisa mengolah satu instruksi tiap waktunya.

Seiring berkembangnya zaman, program dan game membutuhkan instruksi lebih kompleks dan cepat, jumlah core pada CPU pun bertambah. Kini jumlah core pada CPU kelas konsumen bisa berkisar dari 2 hingga 16 core. 

Demi mengakali instruksi yang terus menerus meningkat secara eksponensial dalam sebuah sistem, produsen prosesor membagi 1 core menjadi 2 “logical core” yang bisa menjalankan 2 instruksi sekaligus, dan dinamai Thread. Jumlah Thread biasanya selalu dua kali lipat dari jumlah core namun ada pengecualian untuk Intel Gen 12th yang mengadopsi 2 jenis core berbeda. 

Core Semakin Banyak Bukan Berarti Semakin Efisien

Salah satu prosesor yang beredar di pasaran

Dari penjelasan diatas mungkin kalian menyimpulkan, core yang semakin banyak bisa membuat pekerjaan apapun menjadi lebih kencang. Secara umum hal itu memang tidak salah. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, tidak semua program bisa berjalan multicore sekaligus. 

Program atau game modern dibuat dengan jumlah core maksimal yang bisa digunakan. Apabila game yang kalian mainkan ternyata termasuk game lawas otomatis tidak bisa memanfaatkan jumlah core yang banyak, prosesor mahal yang kalian beli pun akan terasa sia-sia saja. 

Pengaruh Konsol Terhadap Efektivitas Penggunaan Jumlah Core

Konsol juga punya andil dalam penggunaan multicore

Kini semakin banyak developer game yang membuat game mereka bisa berjalan dengan jumlah core tinggi. Hal ini sedikit banyak harus berterima kasih kepada konsol seperti PlayStation dan Xbox.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kedua konsol ini sejak seri PS4 dan Xbox One sudah menggunakan 8 core atau inti dari AMD dalam mesin gaming mereka. Pengembang game pun harus memaksimalkan game buatan mereka agar bisa jalan di konsol yang punya performa per clock tidak begitu kencang. Game yang rilis di konsol tersebut biasanya juga rilis multi platform dan bisa kita jumpai di PC.

Jumlah Core CPU Ideal untuk Gaming di Tahun 2023

Jadi berapa idealnya?

Lantas melihat tren seperti ini, berapa sih jumlah core yang ideal untuk gaming tahun 2023 keatas? Apakah 4 core sudah cukup? Sebenarnya jawabannya sangat luas mengingat banyak sekali list game yang sudah beredar. 

Tetapi jika sudut pandangnya kita persempit ke game modern yang rilis 10 tahun kebelakang hingga tahun-tahun setelah ini, maka 6 Core sudah menjadi ‘batas aman’ yang bisa kalian pilih. 4 Core sekarang lebih ditargetkan untuk PC sehari-hari dan bukan ditargetkan untuk gaming.

Batas aman yang kami maksud adalah melihat banyak gamer sekarang yang juga merangkap sebagai streamer atau content creator. Hadirnya extra core yang nganggur tentu sangat membantu kelancaran game. Salah satu core tersebut bisa digunakan oleh software broadcasting seperti OBS.

Alasan lain mengapa 6 core mulai menjadi norma adalah harga. Kini prosesor yang mempunyai 6 core 12 thread sudah sangat terjangkau harganya di marketplace. Kalian bahkan bisa menemukan AMD Ryzen 5 di harga 2 jutaan.

Saran terakhir adalah pastikan game yang kalian mainkan bisa menjajal kesemua core bila kalian memang sangat peduli dengan rasio efisiensi terhadap biaya yang kalian keluarkan. Berapa CPU core yang kalian gunakan dan apakah perlu upgrade kelas? Bisa curhat di komentar ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version