Jumlah Pemain Aktif DOTA 2 Terus Turun Sepanjang Tahun 2017


Follow Us

Jumlah pemain aktif DOTA 2 dalam beberapa bulan terakhir turun dari biasanya. Berdasarkan data di Steam Charts, jumlah pemain rata-rata pada bulan ini turun 10% dari bulan kemarin. Jumlah peak players bulan ini juga hanya bisa tembus 829.555 pemain dari yang biasanya bisa capai 1 Juta pemain di tahun lalu. Bulan Juli 2017 menjadi bulan dengan jumlah pemain terendah tahun ini dengan 824,297 peak players.

Nulis artikel dibayar

DOTA 2 masih dalam posisi “ramai” secara garis besar, ada 500,000 pemain tiap harinya dan game ini masih menduduki posisi kedua game Steam paling banyak dimainkan. Namun usaha Valve yang ingin bawa lebih banyak pemain baru tampaknya tak berhasil dan justru mereka kehilangan banyak pemain aktif sepanjang tahun 2017 ini.

BACA JUGA  Pemain Overwatch ini Dapat Mainkan Piano di Dalam Game Menggunakan Keyboard Sungguhan

Di awal tahun 2017, DOTA 2 masih sanggup tembus 1 juta pemain. Namun dimulai dari bulan Maret, game ini mulai alami penurunan jumlah pemain aktif dan tak lagi capai 1 juta pemain peak players. Bulan Juli jadi bulan terburuk dengan 100,000 ribu pemain aktif menghilang dari game ini.

Apa yang membuat jumlah pemain DOTA 2 turun ini? Ada 4 faktor kemungkinan terbesar:

  1. Playerunknown’s Battlegrounds. Game early-access yang naik daun ini curi banyak perhatian gamer. Baru ini mereka cetak rekor baru peak players terbanyak di Steam dengan 1,4 juta pemain. Banyak pemain aktif dari game moba ini tampaknya pensiun untuk beralih ke game ini.
  2. Game belum dapat update besar dalam beberapa bulan terakhir. Meta 7.06 mulai membosankan dan begitu-begitu saja.
  3. Matchmaking tak beres. Dalam beberapa bulan terakhir Valve pasang behavior score, dan matchmaking ranked sering jadikan skor ini sebagai patokan ketimbang MMR pemain. Hasilnya adalah pemain dengan MMR rendah dipertemukan dengan MMR tinggi karena behaviour score sama.
  4. Moba mobile yang sedang naik daun dan menarik banyak perhatian gamer moba serta gamer yang baru kenal  genre moba.
BACA JUGA  Inilah 5 Alasan Florentino Adalah Sidelaner AOV Terbaik Pasca Rilis

Dengan penurunan jumlah pemain yang terus menerus ini, banyak komunitas mengecap game ini sebagai dead game. Solusi terbaik dari masalah ini tentu saja merilis update besar-besaran yang dapat ciptakan meta baru kedalam game. Perubahan drastis layaknya 7.00 dapat membantu menarik kembali perhatian gamer yang pensiun dari game ini. Yang menjadi pertanyaan adalah kapan update besar tersebut hadir?

BACA JUGA  BOOM ID Berhasil Lolos Ke StarLadder Dota 2 Minor di Ukraina

Source: Steam charts


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+